Tak Hanya Will Smith, The Academy Larang 5 Artis Tampil di Oscar

Selasa, 12 April 2022 | 20:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Tak Hanya Will Smith, The Academy Larang 5 Artis Tampil Di Oscar

Will Smith. (Instagram.com/willsmith)

Ladiestory.id - Academy of Motion Picture Arts and Sciences, penyelenggara acara ajang penghargaan Oscar telah melarang Will Smith untuk tampil selama 10 tahun. Mulai 8 April 2022, Will Smith dilarang menghadiri semua acara yang diselenggarakan oleh Academy.

Pelarangan ini dilakukan usai terjadi insiden Will Smith menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022. Kejadian tersebut bermula saat Chris Rock melontarkan lelucon mengenai istri Will Smith, Jada Pinkett. Mendengar penuturan tersebut, Will Smith marah dan langsung menampar Chris Rock.

Will Smith mengaku menyesali aksinya di atas panggung Oscar 2022. Namun, ia menerima semua keputusan yang telah dibuat oleh pihak penyelenggara.

Aksi ini rupanya bukan hanya sekali terjadi di acara Ocsar. Sebelumnya, ada beberapa selebritas yang dilarang untuk menghadiri acara ajang penghargaan karena berbagai alasan. Inilah selebriti yang dilarang tampil di Oscar.

Carmine Caridi

Carmine Caridi. (Special)

Carmine Caridi menjadi orang pertama yang dikeluarkan dari Oscar pada 2004. Academy of Motion Picture Arts and Sciences melarang Carmine tampil di Oscar lantaran membocorkan sejumlah film secara ilegal.

Investigasi FBI menemukan bahwa Carmine membuat Salinan VCR dari penyaring pratinjau dan menyebarluaskan. Carmine diketahui telah membocorkan film "Something’s Gotta Give", "The Last Samurai", dan "Mystic River".

Roman Polanski

Roman Polanski. (Special)

Roman Polanski sempat memenangkan beberapa nominasi dan dua penghargaan di Oscar. Diketahui, ia tersandung kasus penganiayaan dalam konteks hubungan seks terhadap anak di bawah umur pada 1977. Namun, Roman melarikan diri dari Amerika Serikat ke Prancis.

Roman Polanski mengaku bersalah dengan kasus yang menjerat dirinya. Meskipun mendapatkan nominasi, ia dilarang untuk tampil di Oscar.

Harvey Weinstein

Harvey Weinstein. (Special)

Harvey Weinstein tersandung kontroversi mengenai penyerangan dan pelecehan seksual. Ia dikeluarkan dari Academy dalam waktu satu bulan usai kontroversi.

Academy menganggap bahwa tindakannya merupakan hal menjijikan dan bertentangan dengan standar tinggi Academy serta komunitas kreatif yang diwakilinya. Meskipun begitu, piala Oscar yang diraih Harvey Weinsten tidak dicabut.

Bill Cosby

Bill Cosby. (Special)

Komedian sekaligus bintang "Cosby Sow", Bill Cosby menjadi aktor bayaran tertinggi di Amerika Serikat. Ia dinyatakan bersalah atas tiga tuduhan penyerangan seksual dan diadili lantaran membius serta menyerang seorang mantan pemain bola basket pada 2004.

Bill Cosby juga diduga melakukan pelecehan seksual kepada puluhan perempuan. Atas kejadian tersebut, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memilih untuk mengeluarkan Bill Cosby sesuai dengan Standar Perilaku Organisasi.

Adam Kimmel

Adam Kimmel. (Special)

Adam Kimmel dikenal lantaran karyanya di dalam sejumlah film, seperti "Lars and the Real Girl". Ia juga terkenal sebagai pelanggar seks dan penyerang berantai terhadap anak di bawah umur.

Adam Kimmel sempat ditangkap dua kali lantaran penyerangan terhadap anak di bawah umur pada 2003. Tak hanya itu, ia juga terlibat dalam serangan tingkat empat terhadap anak di bawah umur. Dengan kejadian tersebut, Academy melarang Adam Kimmel untuk menghadiri acara Oscar.