Tak Perlu Tunggu Idul adha, Ini Resep Masak Tengkleng Kambing Tanpa Santan

Kamis, 16 Desember 2021 | 08:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tak Perlu Tunggu Idul Adha, Ini Resep Masak Tengkleng Kambing Tanpa Santan

Ilustrasi tengkleng kambing. (Special)

Ladiestory.id - Tengkleng Kambing biasanya memang banyak ditemui ketika berpergian ke Solo. Faktanya memang hidangan kambing ini bisa dikatakan unik karena bahan pembuatannya didominasi oleh iga dan tulang kambing.

Sedangkan untuk kuahnya memberikan citarasa aroma bumbu yang kuat. Hanya saja, seringkali hidangan ini dipadukan dengan santan sebagai bahan dasarnya.

Tentu saja kemungkinan ada beberapa orang yang tidak suka atau memiliki pantangan makan santan, sehingga lebih baik perlu adanya resep membuat tengkleng kambing tanpa santan.

Sedangkan bicara soal rasanya maka tak kalah lezat dengan menggunakan santan. Selain banyak ditemukan di Solo, biasanya tengkleng kambing tanpa santan menjadi ide masakan untuk hari raya Idul adha. Rasanya memang momen Idul Adha di rumah kurang lengkap tanpa kehadiran tengkleng kambing. 

Namun tak perlu menunggu Iduladha untuk makan tengkleng kambing, Kamu bisa membuat sendiri dengan resep mudah ini!

Menu sajian sebagai makanan utama dari Indonesia. Resep ini dibuat untuk penyajian enam porsi. Sedangkan jika dilihat dari segi waktu membutuhkan 1 jam untuk persiapan dan memasak. 

1. Bahan Tengkleng Kambing Tanpa Santan

Ilustrasi Tengkleng Kambing Tanpa Santan (Special)

Inilah bahan pembuatan tengkleng kambing tanpa santan 

500 gram Iga dan tulang belulang kambing
500 gram Kaki dan jeroan kambing
2 lembar Daun salam
4 lembar Daun jeruk
1 batang Serai yang telah dimemarkan
3 cm Lengkuas
10 buah Cabai rawit
2 sdm Kecap manis
1 sdm Garam
1 sdt Gula
1, 5 liter Air
3 sdm minyak untuk menumis
Secukupnya bawang goreng 

Bahan Bumbu

Sebelum dicampurkan lebih baik haluskan lebih dahulu dengan blender atau ulekan
15 butir Bawang merah
8 siung Bawang putih
8 biji kemiri yang telah disangrai
2 sdt Ketumbar yang sudah disangrai
¼ sdt Jinten
2 cm Jahe
2 cm Kunyit bakar 

Ilustasi Tengkleng Kambing Tanpa Santan (Special)

2. Alat untuk membuat Tengkleng Kambing Tanpa Santan

  • Blender/Ulekan
  • Panci
  • Wajan
  • Kompor
  • Spatula
  • Pisau
  • Talenan
  • Mangkuk
  • Sendok

3. Resep Tengkleng Kambing Tanpa Santan

Menyiapkan panci, letakkan di kompor lalu tuang air, nyalakan api, dan panaskan. Setelah mendidih, masukkan iga dan tulang belulang kambing, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Semuanya direbus hingga setengah matang.

Kemudian matikan api. Angkat iga, tulang, dan jeroan kambing. Ambil kambing cuci dengan air bersih yang mengalir dari daging dan jeroan kambing. Setelah itu. tiriskan dan sisihkan kemudian buang air rebusan kambingnya.

Kembali siapkan panci berisi  1,5 liter air, masukkan kambing yang sudah dicuci. Lalu, nyalakan api dan rebus hingga matang,kemudian angkat dan tiriskan.

Ilustasi Tengkleng Kambing Tanpa Santan (Special)

Saatnya menyiapkan wajan taruh  di kompor yang sudah dituangkan minyak, nyalakan api, dan panaskan. Masukkan bumbu halus dan tumis sampai muncul bau aroma harum kemudian angkat dan tiriskan.

Bumbu halus yang sudah ditumis masukan dalam panci berisi rebusan kambing. Lanjut dengan menambahkan cabai rawit utuh dalam panci dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan garam, gula, dan kecap manis kemudian aduk hingga tercampur merata ingat untuk cicipi rasanya sudah sesuai selera atau belum.

Ketika sudah matang, Kamu bisa angkat dan tuangkan ke mangkuk supaya tampilan lebih menarik, taburkan bawang goreng di atasnya. Akhirnya, Tengkleng kambing tanpa santan sudah siap disantap.

Selamat memasak!