Tak Semudah yang Terlihat, Ini Perjuangan Keras BTS

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tak Semudah Yang Terlihat, Ini Perjuangan Keras Bts

BTS, boyband Korea Selatan yang hits. (Special)

Ladiestory.id - Bangtan Boys atau yang dikenal dengan BTS menjadi idola bagi para K-Popers. BTS adalah boy group asal Korea Selatan yang sudah tidak asing terdengar dan memiliki segudang prestasi di bidang musik. BTS hadir dengan berbagai prestasi dari kancah nasional hingga internasional.

Kabarnya,  keuntungan yang diraup dan dihasilkan grup dengan leader Rapmoon dapat mengalahkan keuntungan SM Entertainment dan JYP Entertainment, dua agensi besar di Korea Selatan. Tapi yang perlu diketahui adalah kesuksesan yang diraih saat ini bukan tiba-tiba terjadi, tapi diawali dengan perjuangan keras dahulu sebelum menerima kesuksesan.

Berikut beberapa perjuangan BTS sebelum akhirnya bisa seterkenal saat ini.

Big Hit Tak Sediakan Transportasi

BTS, boyband Korea Selatan. (Special)

Kebanyakan artis mendapatkan fasilitas mobil dari agency-nya sebagai sarana untuk promosi, namun tidak dengan BTS. Di masa awal-awal, Big Hit tidak bisa menyediakan transportasi untuk BTS sehingga mereka terpaksa menggunakan mobil manager jika  bepergian kemana-mana.

Tidak Punya Uang hingga Tidak Makan

BTS, boyband Korea Selatan. (Special)

Ada masa mereka tidak memiliki cukup dana bukan hanya untuk promosi atau mengadakan acara dengan grup. Faktanya bahkan untuk kebutuhan makan para member BTS agak terbatas.

Hal ini membuat mereka tidak pernah merasakan makan bersama dengan kru perusahaan karena keuangan yang kurang memadai. Seringkali, sebelum debut dulu ada beberapa kru yang memberikan semangkuk nasi .

Tinggal di Dorm Yang Kecil

BTS, boyband Korea Selatan. (Special)

Big Hit Entertainment adalah sebuah agensi yang kecil dengan jumlah karyawan yang sedikit sehingga mereka hanya  menyewa 2 lantai gedung untuk dijadikan kantor agensi. Hal ini yang terkadang membuat fasilitas para artis jadi kurang terpenuhi dengan sempurna. Di awal debut BTS, mereka terpaksa harus berbagi ruang di dorm yang kecil dengan kondisi gedung yang hampir roboh. 

Menikmati Makan di Restoran Kecil dan Murah

 

BTS, boyband Korea Selatan. (Special)

Masih bicara masalah keuangan, sehari-hari BTS hanya menikmati makanan di restoran kecil dan murah. Mencoba makanan mewah dan mahal di restoran berkelas hanyalah sebuah mimpi bagi BTS pada awal perjuangan mereka.

Membuat MV dengan Dana Pas-pasan

Dari kendaraan, makanan hingga pembuatan MV menjadi masa yang membuat BTS membutuhkan banyak dana, namun masih belum ada yang bisa membantu.

Manager BTS menjadi sosok yang berjasa saat awal debut BTS. Selain memberikan bantuan kendaraan untuk para member, sang manager ikut berperan pada bagian ekstra dalam MV BTS.

Selain itu, BTS menggunakan mobil staff dalam MV 'I Need U' untuk meminimalisir pengeluaran dana yang berlebihan hingga saat ini video-videonya sangat populer dan ditonton jutaan orang.