Tak Sesuai Ekspektasi, 7 Cara Sopan Akhiri Kencan Buta yang Buruk

Rabu, 1 Juni 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tak Sesuai Ekspektasi, 7 Cara Sopan Akhiri Kencan Buta Yang Buruk

Foto: Hipwee

Ladiestory.id - Tidak semua yang ada di dunia nyata bekerja seindah cerita dalam novel. Saat Kamu berkencan buta, dua hal bisa terjadi: Kamu bertemu calon kencan, atau kencan buta itu menyebalkan.

Ketika kemungkinan kedua muncul, hal terpenting yang dapat Kamu lakukan adalah mengakhirinya. Namun, sebagai orang yang sopan, tentu tidak ingin menyakiti perasaan orang dalam kencan tersebut.

Jadi apa yang harus dilakukan? Berikut adalah beberapa cara untuk mengakhiri kencan buta yang buruk agar terkesan tidak menyakiti orang. Simak ya!

Minta Ditelepon atau Dikirimkan Pesan Teks Darurat

Ilustrasi kampanye media sosial. (Special)

Mungkin sudah banyak yang mengetahui hal ini, namun cara ini layak dilakukan karena sangat mungkin terjadi. Jadi sebelum pergi kencan buta, mintalah anggota keluarga atau teman untuk menelepon atau mengirim pesan teks setelah kencan berlangsung cukup lama.

Jika kencan berakhir buruk, angkat telepon atau baca pesannya dan buat alasan bahwa Kamu harus segera pergi. Jika kencan berjalan lancar, abaikan keduanya. Dengan begitu, ia tidak akan merasa kecewa bahwa Kamu sebenarnya ingin meninggalkannya.

Bilang Sedang Tidak Enak Badan

Titik Pijat Redakan Pilek dan Pusing (Special)

Ini adalah alasan lain yang sangat jelas. Sulit bagi teman kencan Kamu untuk menghentikan Kamu ketika Kamu mengeluh tentang sakit perut atau kram menstruasi. Sebelum Kamu mengatakan ingin pergi lebih cepat, Kamu bisa bolak-balik ke kamar mandi beberapa kali untuk membuat teman kencan lebih yakin dengan alasan Kamu.

Setelahnya, Kamu bisa meminta izin untuk pulang lebih dahulu dan mengakhiri kencan tersebut. Tentu, ia akan mengizinkanmu karena hal medis yang perlu Kamu tangani dengan segera.

Ajak Teman Kencan

Foto: Ladiestory.id

Jika Kamu ingin melakukan sesuatu yang tidak terlalu mencolok, mintalah seorang teman untuk datang menyelamatkan Kamu. Saat diperbolehkan ke kamar mandi, mengobrol atau menelepon teman dan mengajaknya kencan santai.

Begitu dia tiba, mintalah untuk bergabung dengan Kamu dan teman kencan Kamu. Perlahan tapi pasti mengalihkan perhatian Kamu ke teman Kamu ini secara tidak langsung akan mengirimkan sinyal ke teman kencan Kamu bahwa Kamu tidak tertarik padanya.

Beri Petunjuk jika Kamu Hanya Ingin Berteman

Ilustrasi pasangan. (Spesial)

Jika Kamu tidak memiliki chemistry sama sekali, hindari berbohong dan cobalah jujur. Menyiratkan bahwa Kamu tidak tertarik dengannya. Contohnya saja, Kamu bisa mengatakan bahwa ia memiliki sifat seperti kakak atau temanmu. Di mana ia hanya cocok dengan status tersebut sehingga ia akan paham bahwa Kamu tidak ingin memberinya harapan lebih.

Beritahu jika Kamu Punya Acara Mendadak

Ilustrasi merasa terburu-buru. (Special)

Jika Kamu tidak terlalu berharap untuk kencan itu, atau merasa kencan buta berakhir buruk, jelaskan dari awal bahwa Kamu sebenarnya tidak akan bertahan lama karena keadaan darurat. Beri ia alasan bahwa jadwal dadakan ini memang di luar rencana, namun sangat penting dan tidak bisa ditiadakan. Dengan begitu, Kamu juga dijamin bisa pergi dari kencan buta tersebut.

Katakan jika Kamu Sudah Merasa Sangat Lelah

Faktor Pemicu Tubuh Terasa Lelah (Special)

Kamu dapat melakukan ini jika Kamu memiliki kencan buta setelah pulang kerja atau kegiatan lainnya. Katakan dengan sopan bahwa Kamu lelah dan ingin cepat pulang.

Jelaskan apa saja kegiatanmu hari ini sehingga menguras begitu banyak tenaga. Akhirnya, ia akan mengalah dan membiarkanmu untuk pulang dan beristirahat.

Bicara yang Jujur

Hilangkan Ego dengan Pasangan (Special)

Terkadang kejujuran adalah pendekatan terbaik, meski biasanya bukan yang termudah. Sulit untuk mengatakan, "Saya pikir kita lebih baik berteman saja", tetapi hal tersebut memang kadang-kadang dibutuhkan.

Jangan lupa, tetap katakan dengan sopan, ya. Katakan jika Kamu tidak merasa cocok dengannya dan tak ingin memaksakan hubungan dari awal.