Tanggal Pemakaman Ratu Elizabeth II Telah Diumumkan, Kapan?

Minggu, 11 September 2022 | 13:30:00

Tanggal Pemakaman Ratu Elizabeth Ii Telah Diumumkan, Kapan?

Ratu Elizabeth II. (Spesial)

Ladiestory.id - Istana Buckingham telah mengumumkan tanggal dan tempat pemakaman Ratu Elizabeth II pada Sabtu (10/8/2022).

Melansir People, proses pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan pada Senin (19/9/2022) di Westminster Abbey, London. Ini akan menjadi pertama kalinya pemakaman seorang ratu diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18.

Kemudian, acara pemakaman akan dilanjutkan dengan upacara di Kapel St. George di Windsor, di mana orang tua Ratu Elizabeth II, saudara perempuannya, Putri Margaret, dan suami tercinta, Pangeran Philip, dimakamkan.

Proses Pemakaman Ratu Elizabeth II 

Ratu Elizabeth II. (Special)

Peti jenazah Ratu Elizabeth saat ini berada di Ballroom Balmoral Castle, Skotlandia. Semua anggota keluarga dan staf rumah tangga kerajaan telah memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu, yang meninggal pada Kamis (8/9/2022) kemarin.

Peti jenazah tersebut nantinya akan dibawa sejauh 290 kilometer dari ballroom menuju ke ibu kota Skotlandia, Edinburgh, pada Minggu (11/9/2022). Menurut pejabat kerajaan, perjalanan dengan mobil ini diperkirakan memakan waktu sekitar enam jam Begitu tiba di Edinburgh, peti mati Ratu akan dibawa ke Istana Holyroodhouse.

Lalu, peti mati ratu akan dibawa dari Istana Holyroodhouse ke Katedral ST Giles untuk diistirahatkan sampai Selasa (13/9/2022). Kemudian, mendiang Ratu Elizabeth II dibawa ke Istana Buckingham di London, sebelum disemayamkan di Westminster Hall mulai Rabu (14/9/2022).

Sebelumnya, Raja Charles III menyatakan bahwa tanggal pemakaman ibunya akan menjadi hari libur nasional di Inggris. Sekolah dan bisnis akan ditutup di Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara sebagai tanda penghormatan.

Charles menyetujui langkah tersebut pada pertemuan pertamanya sebagai raja dengan Dewan Penasihat.

s