Tanggapi Aksi Ria Ricis, Komnas Anak: Jangan Eksploitasi Anak Hanya untuk Konten

Kamis, 12 Januari 2023 | 13:30:00

Tanggapi Aksi Ria Ricis, Komnas Anak: Jangan Eksploitasi Anak Hanya Untuk Konten

Ria Ricis Ajak Baby Moana Perdana Naik Jetski. (Instagram.com/riaricis1795)

Ladiestory.id - Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait ikut menyoroti konten viral Ria Ricis yang mengajak bayi berusia 5 bulan naik jetski. Menilai tindakan tersebut dapat membahayakan anak, Arist meminta Ricis berhenti mengeksploitasi buah hati hanya demi konten.

"Apa yang sekarang sedang viral, Ibu Ria Ricis membawa anaknya, Moana, yang masih berumur 5 bulan naik jet ski, ini ketika saya melihat tayangannya ini saja saya sudah takut. Kenapa? dimungkinkan akan terjadi kecelakaan," papar Arist Merdeka Sirait dikutip dari akun YouTube-nya, Rabu (11/1/2023).

Aktivis asal Sumatera Utara ini mengutuk keras sikap Ria Ricis yang melibatkan Moana dalam kegiatan ekstrem. Menurut dia, konten semacam itu tidak pantas untuk ditayangkan. Terlebih, Ricis adalah salah satu YouTuber paling digemari di Indonesia dengan jumlah subscriber mencapai 30 juta.

"Ria Ricis jangan mengeksploitasi anaknya sendiri hanya karena konten, semua orang tau bahwa Ria Ricis itu adalah orang yang saat ini sedang berada dalam kondisi bagaimana YouTube itu digemari oleh netizen," ujar Arist.

Arist Merdeka Sirait. (YouTube.com/Arist Merdeka Official)

Ketua Komnas Perlindungan Anak itu menegaskan bahwa dirinya tidak berniat melarang orang tua untuk mengajak anak berekreasi. Namun, ia sangat menyayangkan apabila tujuan Ria Ricis hanya untuk sekadar konten YouTube saja.

"Sekali lagi saya tidak mengurangi hak anak untuk mendapat rekreasi, dibawa ke tempat hiburan untuk menyenangkan anak, tidak pada konteks itu," tambahnya.

"Tapi kalau hanya niatan untuk meningkatkan konten, itu adalah eksploitasi. Karena anak lima bulan itu adalah anak yang harus sungguh-sungguh mendapatkan pelayanan yang baik," imbuh Arist.

Maka karena itu, Arist Merdeka Sirait mengimbau kepada Ria Ricis dan suaminya, Teuku Ryan agar tidak lagi membuat konten-konten video yang serupa.

"Sekali lagi Komnas perlindungan anak menghimbau Ibu Ria Ricis dan suaminya untuk menghentikan. Oleh sebab itu, sekali lagi dengan rasa hormat saya, tidak mengeksploitasi hanya karena konten," pungkasnya.