Tarian Ratoh Jaroe Aceh, Tampil dalam Album Rapper Asal London M.I.A

Selasa, 6 September 2022 | 09:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Tarian Ratoh Jaroe Aceh, Tampil Dalam Album Rapper Asal London M.i.a

Rapper M.I.A Tampilkan Tarian Ratoh Jaroe di Videonya Lagunya. (Instagram.com/miamatangi)

Ladiestory.id - Mathangi ‘Maya’ Arulprasam atau yang lebih dikenal dengan M.I.A, merupakan seorang rapper asal Inggris yang beberapa waktu belakangan sempat menyita perhatian para penikmat musik khususnya di Indonesia. 

Pasalnya, rapper yang sempat menerima penghargaan di ajang MTV Video Music Award 2022 tersebut, diketahui baru saja mengunggah sebuah video terbaru pada 1 September lalu, menampilkan salah satu tarian tradisional asal Aceh, yaitu Tari Ratoh Jaroe.

Dalam video berdurasi kurang dari 2 menit, selama 37 detik tarian asal Aceh tersebut muncul dan ditarikan oleh sekitar 20 penari lengkap dengan kostumnya. Menurut informasi yang beredar, video tarian tersebut pun diambil di helipad salah satu hotel, yakni Grand Sahid yang terletak di daerah Sudirman, Jakarta Pusat.

Rapper M.I.A Tampilkan Tarian Ratoh Jaroe di Videonya Lagunya. (Instagram.com/miamatangi)

Menyita perhatian para penikmat musik Indonesia, kini unggahan tersebut pun terpantau telah ditonton lebih dari 18 ribu kali di Instagram pribadinya.

Dalam kolom komentar, banyak penggemarnya yang mengaku telah tak sabar untuk menunggu lagu dan albumnya dirilis. Tak hanya itu, beberapa akun milik warganet asal Indonesia pun terlihat muncul dan mencoba menjelaskan tarian yang ditampilkan dalam video.

“Aku pikir tarian di video ini adalah Tarian Ratoh Jaroe, bukan tari saman tapi keduanya sama-sama berasal dari Aceh. Namun, tetap saja memiliki arti yang berbeda,” ungkap akun @zujanto.

Selain itu, beberapa akun dari Indonesia lainnya diketahui meninggalkan jejak kebanggannya atas budaya tanah air yang kembali mulai terangkat di kancah internasional, dengan menuliskan tagar #INDONESIANPRIDE. Turut hadir, akun Instagram resmi Pesona Indonesia pun ikut terlihat mengomentari video tersebut.

Omg is benar-benar terjadi! Tari Ratoh Jaroe asal Aceh, Indonesia #WonderfullIndonesia.

Meski kini telah banyak penggemar yang tak kuasa menahan antusiasnya terhadap karya M.I.A. Sayangnya, hingga kini belum bisa dipastikan, kapan proyek tersebut akan dirilis dan bisa mulai dinikmati di seluruh dunia.