4 Tata Cara Berpakaian Saat Hadiri Pernikahan di Korea Selatan

Minggu, 23 Januari 2022 | 12:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

4 Tata Cara Berpakaian Saat Hadiri Pernikahan Di Korea Selatan

Pernikahan Park Shin Hye dan Choi Tae Joon. (instagram.com/sunbin_eyesmag)

Ladiestory.id - Pernikahan Park Shin Hye dan Choi Tae Joon digelar secara tertutup tapi cukup meriah. Pernikahan pasangan ini dihadiri beberapa artis ternama, seperti Kim Bum, Ryun Jun Yeol, Lee Se Young, D.O EXO, Nam Ji Hyun, hingga Lee Min Ho.

Saat menghadiri acara pernikahan, tentunya kita akan memilih dress code yang dirasa paling istimewa dan berkesan di acara tersebut. Namun, hal ini ternyata tidak berlaku di Negeri Gingseng. Masyarakat Korea Selatan memiliki aturan tersendiri mengenai cara berpakaian saat menghadiri acara pernikahan.

Hal tersebut juga terlihat pada tamu undangan pernikahan Park Shin Hye dan Choi Tae Joon. Hampir semua tamu undangan mengenakan dress code bernuansa gelap. Nah, penasaran seperti apa tata cara berpakaian orang Korea Selatan saat menghadiri acara pernikahan, Ladies? Ladiestory.id telah merangkumnya untuk Kamu.

Wajib Mengenakan Dress Code Warna Gelap

Lee Min Ho. (instagram.com/actorleeminho)

Saat menghadiri acara pernikahan di Korea Selatan, maka mengenakan dress code warna gelap merupakan suatu kewajiban. Meski dalam undangan tidak tertulis harus mengenakan dress code warna tertentu, tapi secara otomatis para tamu akan mengenakan dress code hitam atau warna gelap lainnya.

Dilarang Mengenakan Dress Code Putih

Nam Ji Hyun. (Dok. Dispatch)

Selain wajib mengenakan dress code warna gelap, ternyata masih ada beberapa hal lainnya yang tak kalah penting. Salah satunya adalah dilarang mengenakan dress code putih bagi para perempuan yang menghadiri acara pernikahan.

Pasalnya putih merupakan warna wajib untuk gaun pengantin perempuan di Korea Selatan. Hal ini sudah menjadi kesepakatan yang tak tertulis, jika tamu perempuan di acara pernikahan tidak boleh mengenakan dress code putih.

Jika terpaksa mengenakan dress code putih, maka bisa dipadukan dengan blazer atau mantel berwarna gelap, sehingga warna putih tidak akan terlalu dominan. Mengenakan dress code putih saat menghadiri pernikahan akan dianggap melanggar etika dan sopan santun.

Hal ini pernah dirasakan oleh Irene Red Velvet yang mendapat kritikan pedas dari netizen, lantaran mengenakan dress code warna cerah dan berdiri di samping pengantin perempuan. Mereka menganggap Irene Red Velvet tidak menghargai acara pernikahan dan tidak menghargai pengantin yang mengundang. Duh, jangan sampai salah kostum ya, Ladies.

Kenakan Dress Code Formal

Kim Bum. (Dok. Dispatch)

Selain ke kantor, dress code formal juga sering digunakan untuk menghadiri acara pernikahan di Korea Selatan. Tamu undangan secara otomatis akan memilih tampilan formal, seperti setelan jas hitam dan celana panjang untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan mengenakan setelan blazer atau dress warna gelap. 

Gunakan Riasan Wajah Natural dan Minim Aksesori

Seolhyun AOA. (Dok. Dispatch)

Perempuan Korea memang terkenal dengan riasan wajah yang cukup natural. Hal ini juga berlaku saat menghadiri acara pernikahan. Saat kondangan, tamu undangan tidak boleh mengenakan riasan wajah yang melebihi pengantin. Setiap perempuan yang menghadiri acara pernikahan diharapkan tidak lebih stunning dari pengantin perempuan. Hal ini juga berlaku untuk tamu undangan laki-laki.

Seorang tamu undangan pernikahan juga disarankan agar tidak mengenakan aksesori secara berlebihan, cukup jam tangan, serta kalung atau anting bagi perempuan. Bisa juga mengenakan topi dengan warna senada dress code.

Sedangkan untuk tatanan rambut perempuan bisa digerai begitu saja, atau diikat sederhana. Hal tersebut juga dilakukan oleh beberapa aktris yang menghadiri pernikahan Park Shin Hye, seperti Nam Ji Hyun dan Seolhyun AOA.