Telaten dan Sabar, 6 Tips Ajarkan Anak Rutin Sikat Gigi

Rabu, 15 Juni 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Telaten Dan Sabar, 6 Tips Ajarkan Anak Rutin Sikat Gigi

Anak sikat gigi. (Special)

Ladiestory.id - Kesehatan mulut sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahka,n menurut American Dental Association, bakteri yang menumpuk pada gusi bisa berpindah ke aliran darah dan berpotensi negatif pada kesehatan jantung.

Salah satu cara menjaga kesehatan mulut adalah dengan rutin menyikat gigi secara teratur. Kebiasaan menyikat gigi secara rutin ini sebaiknya sudah dilakukan sejak usia dini.

Nah, bagi Kamu yang saat ini menyKamung status sebagai orang tua, mengajarkan anak agar rajin menyikat gigi sejak kecil sangatlah penting dilakukan. Harapannya, agar kebiasaan baik ini bisa terus berlanjut hingga dewasa dan kesehatan gigi anak pun selalu terjaga.

Mengajarkan kebiasaan menyikat gigi pada anak pastinya susah-susah gampang. Jika Kamu juga lumayan kesulitan saat mengajarkan pada si kecil, coba bisa disimak beberapa tips jitu berikut ini.

Perlihatkan Kebiasaan Menyikat Gigi di Depan Anak

Anak sikat gigi. (Special)

Memaksa anak untuk rajin menyikat gigi memang bisa jadi tugas yang cukup susah. Nah, agar anak mau menyikat gigi tanpa paksaan, ada salah satu tips yang cukup mudah.

Caranya, orang tua bisa melakukan kegiatan menyikat gigi di depan anak setiap harinya. Seperti yang diketahui, anak kecil merupakan sosok peniru yang paling baik. Biarkan keingintahuan anak muncul sendiri saat melihat orang tuanya menyikat gigi. Nantinya, pasti akan ada momen mereka meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

Gunakan Sikat Gigi dengan Karakter Favorit Anak

Anak sikat gigi. (Special)

Peralatan sikat gigi yang menarik bisa menjadi pancingan agar anak mau menyikat gigi. Maka dari itu, cari tahu apa karakter favorit anak Kamu. Selain itu, pilih juga warna sikat gigi yang menjadi kesukaannya. Cara ini akan membuat anak lebih bersemangat untuk menyikat gigi.

Perbolehkan Anak untuk Mencoba Menyikat Gigi Sendiri

Anak sikat gigi. (Special)

Rasa ingin tahu dan mencoba sesuatu yang baru memang sangat wajar terjadi pada anak-anak. Sembari mengajarkan cara menyikat gigi yang benar, Kamu bisa membiarkan anak untuk mencoba sendiri. Beri kepercayaan penuh bahwa anak Kamu mampu melakukannya. Sembari Kamu terus amati dalam prosesnya.

Perdengarkan atau Nyanyikan Lagu Sikat Gigi

Anak sikat gigi. (Special)

Agar anak lebih bersemangat lagi, Kamu juga bisa coba dengan memperdengarkan lagu kesukaannya. Hal ini juga membuat anak merasakan bahwa kegiatan menyikat gigi itu menyenangkan karena ditemani lagu favoritnya.

Set Waktu yang Sama Setiap Harinya

Ilustrasi jam. (Special)

Buat waktu yang teratur untuk kegiatan menyikat gigi pada anak. Misalnya, setelah selesai sarapan dan makan malam. Pengulangan yang sama setiap harinya akan menjadikan kebiasaan pada anak dengan sendirinya.

Ajarkan dengan Telaten dan Sabar

Anak sikat gigi. (Special)

Bisa jadi mengajarkan kebiasaan menyikat gigi pada anak tidak hanya memakan waktu satu atau dua hari saja. Namun, lebih dari beberapa bulan bahkan tahun. Salah satu kunci mengajarkan kebiasaan baik ini pada anak adalah orang tua perlu telaten dan sabar.

Memang ada kalanya, akan muncul rasa jenuh saat mengajarkan pada anak. Namun ingat kembali, bahwa tujuan Kamu mengajarkan hal ini pada anak untuk kesehatan mereka di masa depan.

Nah, itu tadi beberapa tips jitu yang bisa dilakukan untuk mengajari anak menyikat gigi. Usia anak 2-3 tahun bisa menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan kebiasaan menyikat gigi. Namun sebagian para ahli kesehatan juga ada yang menganjurkan untuk mulai mengajarkan sejak 4 gigi pertama anak tumbuh. Semoga bermanfaat!.

s