5 Tempat di Korea Selatan yang Dikenal Angker, Tertarik Berkunjung ke Sini?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tempat Di Korea Selatan Yang Dikenal Angker, Tertarik Berkunjung Ke Sini?

Ilustrasi Tempat Angker di Korea Selatan. (Pinterest)

Ladiestory.id - Berbicara tentang Korea Selatan memang enggak ada habisnya. Mulai dari musik Kpop yang mendunia, film atau pun dramanya yang bisa buat baper, kuliner, hingga tempat wisatanya yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Namun, percayakah kamu, di balik keindahan Korea Selatan yang menjadi salah satu negara paling diminati untuk dikunjungi oleh turis mancanegara ini, ternyata menyimpan beragam tempat mistis dan angker, loh.

Penasaran? Ini dia 5 tempat di Korea Selatan yang dikenal angker dan horor, tertarik berkunjung kesini?

Gonjiam Psychiatric Hospital

Gonjiam Hospital. (Pinterest)

Terletak di Kota Gwangju, Provinsi Gyonggi-do, Korea Selatan, rumah sakit jiwa Gonjiam atau Gonjiam Psychiatric Hospital ini dikenal baik pada massanya. Berdiri pada tahun 1950-an, Gonjiam Psychiatric Hospital tak hanya menangani pasien yang mengidap gangguan jiwa saja. Namun, juga tentara yang mengalami depresi berat.

Menurut cerita yang beredar dari masyarakat, para pasien di rumah sakit tersebut banyak yang meninggal secara misterius tanpa diketahui akan penyebab yang jelas. Pada 1966, pemilik rumah sakit tersebut pun kabur dan tidak membawa seluruh barangnya sehingga masih ditemukan banyak barang berserakan tertinggal di rumah sakit. 

Tak diketahui pasti skandal apa yang telah terjadi di rumah sakit tersebut. Para pegawai dan keluarga pasien seakan bungkam dan tak ingin memberikan informasi kepada publik.

Beredar rumor bahwa rumah sakit tersebut mengalami kebangkrutan dan krisis ekonomi. Namun, ada juga rumor yang menyebutkan tentang “eksperimen dokter gila” hingga berbagai cerita horor yang muncul.

Pada 2011, rumah sakit ini resmi ditutup oleh pemerintah atas permintaan keluarga pemilik rumah sakit. Banyaknya pasien yang meninggal secara misterius itu pun menjadikan rumah sakit ini angker dan horor. Di sekitar bangunan terlihat begitu gersang dan kotor. Banyak tumbuhan liar dan semak belukar yang menjalar di area bangunan. Dinding-dinding bangunan pun sudah kotor dan mengelupas.

Desas-desus yang bermunculan pun semakin menguatkan bahwa rumah sakit tersebut angker. Pasalnya, pada malam hari sering kali terdengar suara jeritan kesakitan di dalam koridor bangunan, suara tangisan dan rintihan.

Mendengar adanya kisah horor pada rumah sakit ini, ternyata menarik rasa penasaran banyak orang dan turis untuk uji nyali, loh. Tak hanya itu, kisah ini pun sempat di angkat dalam film layar lebar Korea Selatan dengan judul  “Gonjiam : Haunted Asylum”.

University of Seoul

University of Seoul. (Pinterest)

Salah satu asrama yang berada di University of Seoul (UOS) ini juga dikenal angker, lho! Enggak jarang, banyak kejadian-kejadian di luar nalar yang terjadi di asrama tersebut.

Berdasarkan kesaksian dari mahasiswa yang tinggal di asrama tersebut, sering sekali ada yang dijahili oleh makhluk astral tak kasat mata. Bahkan, makhluk tersebut sering bermain fisik dengan mendorong anak-anak hingga terjatuh dan terbentur tembok. Pasalnya, makhluk tersebut dipercaya menghuni di dalam tembok-tembok asrama.

Bahkan, ada beberapa mahasiswa yang melihat langsung hantu bergentayangan dan masuk ke dalam tembok. Hal menyeramkan lainnya, mereka sering mendengar suara tangisan di dalam koridor dan penampakkan yang muncul. Tak jarang, dari mereka pun ada yang mengalami kesurupan.

Menurut cerita yang beredar, ada arwah mahasiswa universitas tersebut yang bergentayangan di dalam asrama dan area kampus dengan memberikan aura negatif. Arwah tersebut pun dipercaya masih menjadi penghuni abadi di kampus dan di asrama tempat tinggal mahasiswa.

Yongma Land

Yongma Land. (Pinterest)

Yongma Land merupakan wahana bermain dan taman rekreasi yang terletak di kawasan Mangubon-dong, Jungnang-gu, Seoul. Wahana bermain ini telah beroperasi pada tahun 1980-an. Namun, dengan bermunculan wahana bermain baru dan modern di Korea Selatan, tempat ini pun mengalami penurunan pengunjung yang signifikan.

Beredar cerita bahwa pernah terjadi suatu peristiwa suram seorang anak kecil meninggal dunia karena terjatuh di salah satu wahana permainan ini. Menurut pemaparan warga yang mengitari area ini sering terdengar langkah kaki dan tawa anak kecil yang suaranya kemudian hilang begitu saja.

Dari kejadian tersebut pun menimbulkan kesan horor yang menyeramkan dan tepatnya pada 2011, Yongma Land resmi ditutup.  Akan tetapi, dengan kondisi yang terbengkalai dan kesan horor yang diberikan, justru menjadi daya tarik bagi wisatawan dan para fotografer untuk mengabadikan foto-foto di lokasi tersebut. Tak jarang, artis-artis Korea pun banyak yang melakukan photoshoot dan pembuatan video clip di Yongma Land.

Sungai Han

Sungai Han. (Pinterest)

Saat ini angka kematian bunuh diri begitu meningkat di Korea Selatan. Salah satu lokasi yang menjadi tempat tujuan untuk bunuh diri di Korea Selatan adalah Sungai Han.

Banyak yang mengungkapkan mereka yang gagal akan melakukan aksi bunuh diri ini lantaran mendengar bisikan-bisikan gaib untuk melompat ke dalam sungai. Tempat ini pun dipercaya ada makhluk tak kasat mata yang menghuni dan mengajak orang-orang yang depresi dan frustasi untuk bunuh diri.

Jeju Island

Jeju Island. (Pinterest)

Salah satu pulau paling indah dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Korea Selatan ini, selain menyimpan keindahan yang menakjubkan, ternyata juga menyimpan kisah yang suram.

Pada tahun 1940-an, sekitar 10 persen penduduknya dibunuh secara massal dengan sadis oleh para komunis pada massa kampanye pemeritahan. Mayat-mayat dibuang ke dalam jurang. Bahkan, adapula yang dibunuh dengan ditendang dari atas tebing.

Konon pulau ini pun menjadi angker karena banyak korban pembunuhan sadis yang meninggal tidak wajar tersebut. Sering terdengar suara jeritan minta tolong dan bahkan, sering adanya penampakan yang muncul dari foto-foto turis yang mengabadikan momen keindahan di pulau ini.

s