Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata Taman Gua Sunyaragi Cirebon

Rabu, 29 September 2021 | 07:12:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata Taman Gua Sunyaragi Cirebon

Foto: kompasiana

Ladiestory.id - Kota Cirebon Memiliki beberapa tempat wisata yang menarik yang tersebar di seluruh sudut Kota Cirebon, salah satunya yang cukup populer adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Simak informasi seputar tempat wisata Taman Sari Gua Sunyaragi di bawah ini.

Profil Gua Sunyaragi

Foto: javatravel

Gua sunyaragi memiliki bangunan yang mirip candi, nama “Sunyaragi” sendiri berasal dari bahasa Sansekerta. Kata “sunya” yang artinya sepi dan “ragi” yang artinya raga, Taman dengan deretan gua ini dulunya adalah tempat bermeditasi bagi para pemuka kerajaan atau prajurit keraton. 

Luas area Taman Gua Sunyaragi sekitar 18.460 meter persegi. Pemandangannya yang indah dengan bangunan-bangunan berbahan karang yang mayoritas berbentuk gua, sungguh memesona mata siapa pun yang berkunjung ke sana. Tempat  wisata yang satu ini memiliki sejarah panjang dan kisah yang menarik.

Keaslian dari bangunan-bangunan batu kuno ini hingga kini masih terasa begitu asli. Warga sekitar pun sering menjadikan tempat ini sebagai wisata di kota Cirebon untuk mengambil  foto.

Sejak beberapa tahun belakangan, minat wisatawan untuk mengunjungi Taman Gua Sunyaragi ini meningkat. Berkat adanya pemugaran taman dan pagelaran kesenian yang digelar setiap tahunnya, bahkan pembukaan Festival Keraton Nusantara pun yang dilaksanakan setahun sekali diadakan di sini. 

Spot-Spot yang Menarik di Gua Sunyaragi

Foto: kompasiana

Di Taman Gua Sunyaragi terdapat  10 gua yang bisa  dikelilingi, yakni Gua Pengawal, Simayang, Padang Ati, Pandai Kemasan, Pawon, Lawa, Kelanggengan, Langse, Argajumut, dan Peteng. Seluruh arsitekturnya berbentuk gunung-gunungan, mirip rumah semut. Selain terdapat batu karang, kayu dan batu bata menjadi bahan bangunan kompleks gua ini.

Melewati jembatan kecil penghubung berbahan beton kita akan melewati sebuah bangunan yang berbentuk joglo yang bernama Bale Kambang.

Di bawahnya tampak sebuah kolam, dan kita dapat menelusuri ke dalam celah-celah gua yang sempit. Selain Bale Kambang juga terdapat sejumlah bangunan berbentuk joglo yang lainnya, yakni Mande Beling dan gedung Pesanggrahan. 

Gedung pesanggrahan ini merupakan bangunan yang bentuknya seperti rumah tinggal dengan dilengkapi sebuah kolam. Bangunan ini memiliki dua buah kamar, namun tanpa penyekat, sehingga sebagai penghubung antara teras depan dan belakang. Bangunan ini bergaya Eropa, dengan unsur-unsur lokal yang dicirikan dengan atap berbentuk limas tersebut.

Foto: javatravel

 

Kemudian terdapat pula kamar panembahan terdiri dari kamar hias, serambi, dan pelataran. Kamar keputren terdiri dari kamar mandi, kamar rias, serambi, pintu belakang, balai kambang, cungkup balai kambang.  

Lalu usai menjelajah gua-gua itu, cobalah naik ke sebuah puncak yang berumput, tanah yang paling tinggi di area kompleks taman Gua Sunyaragi ini. Pemandangan Taman Gua Sunyaragi yang indah itu akan tersingkap jelas. 

Tempat wisata di Kota Cirebon ini kini tidak lagi tampak seperti tempat wisata yang tak terurus seperti dulu. Bahkan, belum lama diluncurkan wahana baru balon udara untuk menarik minat wisatawan agar semakin banyak dan betah berkunjung ke tempat wisata ini. 

Bagaimana penasaran ingin berkunjung ke tempat wisata ini? Datang saja ke lokasinya di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Tempat wisata Taman Sari Gua Sunyaragi dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08:00-17:30.

Berita Terkait