Terinspirasi dari Film "Dilan 1990", Taman Dilan Diresmikan

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Terinspirasi Dari Film "Dilan 1990", Taman Dilan Diresmikan

Taman Dilan. (Instagram.com/tamandilan)

Ladiestory.id - Sukses dengan novel dan film Dilan 1990, sang penulis Pidi Baiq kembali memberikan kabar bahagia untuk para penggemar Dilan. 

Melalui akun Instagramnya, Pidi Baiq membagikan kabar diresmikannya Taman Dilan di kawasan Setiabudi, Bandung dan berada di perbatasan antara Bandung dan Lembang, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Ayah oleh para penggemarnya ini tak ketinggalan membagikan foto-foto terkini Taman Dilan yang baru saja diresmikan pada Kamis (20/1/2022).

Salah satu Sudut Taman Dilan. (Instagram.com/tamandilan)

Sambil menandai akun Instagram Jokowi, dalam unggahannya Pidi Baiq pun turut menceritakan proses pembangunan Taman Dilan.

"Assalamu'alaikum, Pak @jokowi ini Taman Dilan @tamandilan , tuh. Dibangun di atas tanah pribadi, milik teman saya, luasnya 10 hektar, di daerah Setiabudi, perbatasan antara Bandung dan Lembang. Orang kaya dia, Pak. Temen baik saya, loh," Tulis Pidi Baiq dengan kesan jenaka.

Penulis novel "Dilan 1990" ini kemudian menceritakan bahwa awalnya seorang teman baik datang ke markas The Panasdalam di Jalan Ambon, Bandung. Kedatangannya ternyata untuk menyampaikan niat dan meminta izin untuk membangun Taman Dilan.

“Temen baik saya, loh. Sore-sore datang ke markas The Panasdalam di jalan Ambon, nemui saya dan bilang izin pengen bikin Taman Dilan. Ya, sudah, bikin aja, jawab saya, asal pake uangmu dan harus berguna buat kawula muda berkarya. Seminggu kemudian tandatangan MOU.” lanjutnya.

Berharap dapat menjadi wadah bagi anak muda di Bandung, ia menambahkan jika memungkinkan Taman Dilan nantinya bisa dibuka studio untuk berbagai kegiatan seperti menulis, musik, seni rupa, pertanian, film, filsafat dan lain-lain.

Peresmian Taman Dilan. (Instagram.com/tamandilan)

Tak dikenai biaya atau gratis, dalam keterangan foto Pidi Baiq pun memberikan informasi kepada masyarakat untuk datang ke Taman Dilan. 

Pidi Baiq menerbitkan novel "Dilan: Dia Adalah Dilanku tahun 1990" pada April 2014 dan sukses besar di industri buku. 

Novel ini diadaptasi menjadi sebuah film yang berjudul sama, "Dilan 1990". Setelah novel pertama rilis, buku selanjutnya terbit dan kembali lagi diadaptasi ke film.