Terlihat Makin Tua Saat Pakai Lipstik? Ini Kesalahan Yang Harus Kamu Tahu

Selasa, 9 Januari 2024 | 17:10:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Terlihat Makin Tua Saat Pakai Lipstik? Ini Kesalahan Yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi penggunaan lipstik. (Pexels.com/ samlion)

Ladiestory.id - Ladies, sering kali kamu merasa tidak cocok atau tidak suka saat menggunakan lipstik. Padahal salah satu jenis makeup ini bisa sangat memengaruhi penampilan kamu lho!

Mengutip dari Goodhousekeeping.com, seorang vlogger kecantikan, Tricia Cusden mengatakan bahwa lipstik adalah produk ajaib yang membuat kamu terlihat selalu muda. Produk ‘anti tua’ ini wajib dimiliki oleh perempuan dewasa.

Mungkin kamu tidak setuju dan bertanya-tanya mengapa lipstik yang dikatakan bisa membuat terlihat lebih muda malah tidak memiliki efek sama sekali. Bisa jadi kamu melakukan beberapa kesalahan nih! 

Berikut tips yang harus dilakukan untuk mendapatkan efek awet muda ketika memakai lipstik. 

Pakai Lipstik Saat Bibir Kering

Ilustrasi bibir kering. (Pinterest.com/shefinds)

 Mengoleskan lipstik di atas bibir yang kering adalah suatu hal yang fatal lho, Ladies! Bibir kamu akan terlihat tidak bagus karena lapisan kulit bibir yang crack dipadukan dengan lipstik.

Sebelum menggunakan lipstik, pastikan bibir kamu di-scrub terlebih dahulu untuk mengangkat bagian kulit kering dan terkelupas. Gunakan lip scrub setiap satu minggu sekali untuk hasil bibir yang halus dan cantik saat dipoles lipstik kesayangan. 

Lupa Gunakan Lip Balm

Ilustrasi penggunaan lip balm. (Pexels.com/burst)

 

 

Setelah melakukan eksfoliasi dengan lip scrub, kamu harus mengunci kelembapan bibir untuk membantu terlihat lebih lembut dan kenyal. Oleskan lip balm secukupnya ke bibir sebelum memakai lipstik, jika kelebihan nantinya bibir kamu akan licin dan lipstik akan luntur. 

Tidak Gunakan Lip Liner

Ilustrasi penggunaan lip liner. (Pexels.com/karolinegrabowska)

 

 

Bibir orang dewasa biasanya lebih membutuhkan lip liner karena tepi garis mulut yang mulai memudar. Lip liner bekerja untuk menciptakan penghalang antara warna kulit dan warna lipstik. Selain itu jenis makeup satu ini akan membuat warna lipstik kamu tidak gampang pudar.

Tidak Gunakan Brush untuk Poles Lipstik

Ilustrasi penggunaan brush. (Pexels.com/keithlobo)

 

 

Menurut Ruby, salah satu MUA (Makeup Artist), bahwa pudarnya garis bibir karena bertambahnya usia membuat penggunaan brush dengan bulu tipis sangat membantu saat mengaplikasikan lipstik.

Selain itu, brush atau kuas bisa membantu menambahkan bentuk bibir agar terlihat lebih cupid, smear atau glamor. 

Pilih Warna yang Salah

Ilustrasi warna lipstik. (Pexels.com/dids)

 

Meski warna lipstik menjadi selera untuk tiap individu, tahukah kamu kadang pemilihan warna lipstik bisa membuat kamu terlihat lebih tua. Sesuaikan dengan rona kulit dapat membantu penampilan kamu agar terlihat lebih fresh dan cerah.

Perhatikan warna kulit dengan melihat pembuluh darah di pergelangan tangan. Jika warnanya biru atau ungu, warna lipstik yang cocok adalah merah muda atau ungu muda. Sedangkan pembuluh darah berwarna hangat (cenderung gelap atau sawo matang) cocok memakai light coral, nude brown, dan pink kecokelatan.