Ternyata, Begini 6 Urutan Skincare di Pagi Hari yang Benar

Kamis, 21 September 2023 | 21:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Ternyata, Begini 6 Urutan Skincare Di Pagi Hari Yang Benar

Ilustrasi Wajah Sehat di Pagi Hari. (iStock)

Ladiestory.id - Memiliki kulit yang sehat dan glowing tentu menjadi impian semua orang. Namun, untuk mendapatkannya kamu perlu mengetahui urutan skincare di pagi hari yang benar.

Sebab, pada waktu tersebut kulit akan menemanimu memiliki penampilan menawan sepanjang hari. Tak ayal, urutan skincare di pagi hari menjadi sangat penting dan bisa menentukan penampilanmu seharian. 

Kini, ada banyak produk maupun tips yang hadir melalui sosial media. Tak jarang, hal ini membuatmu kesulitan untuk menyaring informasi mana yang kamu butuhkan dan perlu dipraktekan.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami kebingungan. Maka, kamu berada di tempat yang tepat. Sebab, pada kesempatan kali ini kamu akan diajak untuk mengetahui enam urutan skincare di pagi hari yang benar menurut para ahli. Melansir dari goodhousekeeping.com berikut panduan perawatan yang bisa kamu praktekan.

Gunakan Pembersih Wajah

Ilustrasi Membersihkan Wajah. (iStock)

Urutan skincare di pagi hari yang benar dan pertama adalah membersihkan wajah. Langkah ini akan membantu membersihkan seluruh minyak maupun kotoran yang kerap menyumbat pori-pori dan menjadikan kulit terlihat kusam. 

Namun, untuk hasil yang maksimal di kulit. Kamu perlu menggunakannya dengan lembut dan pilih produk yang memiliki tekstur maupun kandungan yang tepat. 

Misalnya, bagi pemilik kulit berminyak disarankan produk pembersih yang bertekstur busa atau gel sehingga hasil membersihkannya lebih maksimal. Selain itu, kandungan yang cocok digunakan seperti asam salisilat maupun niacinamide yang efektif menghilangkan minyak sekaligus mencerahkan wajah.

Aplikasikan Toner

Ilustrasi Toner Wajah. (iStock)

Usai membersihkan wajah, maka langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan toner. Cairan bertekstur ringan ini bisa kamu gunakan pada kulit yang telah kering. Kamu bisa menggunakan tangan maupun kapas untuk mengaplikasikannya. 

Fungsi toner sendiri membantu membersihkan kulit bersih secara maksimal dan membuatnya senantiasa segar dan terjaga kelembabannya. Adapun untuk tambahan bahan aktif lain yang bisa kamu gunakan juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit.

Misalnya, bagi pemilik kulit berjerawat disarankan mencari produk dengan kandungan asam hidroksi sepert asam salisilat maupun asam laktat. Sebab, kandungan ini mampu membantu proses regenerasi sel lebih cepat. Selain itu, membuat kulit yang berjerawat bisa lebih mudah diatasi dan berkurang kemunculannya. 

Oleskan Produk Serum

Ilustrasi Serum Wajah. (iStock)

 

Ternyata, serum juga menjadi salah satu bagian urutan skincare di pagi hari yang benar dan tidak boleh kamu lewatkan. Namun, untuk jenis serum yang kamu gunakan harus menyesuaikan dengan permasalahan maupun kebutuhan kulitmu. 

Adapun beberapa masalah yang bisa ditangani dengan produk ini adalah tanda penuan dini yang bisa dicegah hingga bekas jerawat hingga flek hitam membandel yang kerap mengganggu.Lalu, serum apa yang baik digunakan saat pagi hari?

Salah satu produk terbaik yang bisa kamu gunakan adalah serum dengan kandungan vitamin C. Sebab, serum semacam ini tinggi akan kandungan antioksidan yang baik untuk melindungi kulit sepanjang hari dari efek radikal bebas. 

Selain itu, dengan rutin menggunakan serum jenis ini kamu juga terhindar dari kerusakan kulit maupun resiko kanker kulit. Adapun kandungan serum lain yang juga bisa kamu coba seperti niacinamide, hyaluronic acid hingga peptides.

Gunakan Krim Mata

Ilustrasi Krim Mata. (iStock)

 

Adapun urutan skincare di pagi hari yang benar berikutnya adalah menggunakan krim mata. Produk satu ini memiliki formula khusus yang dapat mengurangi efek penuaan dini yang sering terjadi secara lebih cepat di area mata. 

Produk satu ini mampu mencegah terjadinya kerutan, garis halus maupun lingkaran hitam yang bisa mengganggu penampilanmu. Adapun kandungan krim mata yang baik seperti niacinamide atau vitamin C. Namun, bisa juga menggunakan produk dengan kandungan kafein untuk mengurangi mata bengkak. 

Aplikasikan Pelembap Wajah

Ilustrasi Pelembap Wajah. (iStock)

 

Fungsi dari produk pelembap wajah sendiri adalah membuat kulit senantiasa terhidrasi dan lembut. Sehingga, perlindungan pada lapisan kulit pun menjadi lebih kuat. 

Bagi pemilik kulit berjerawat atau berminyak disarankan memilih produk pelembap yang ringan. Misalnya yang bertekstur gel atau lotion sehingga lebih cepat menyerap. 

Namun, bagi pemilik kulit kering lebih dianjurkan untuk menggunakan jenis pelembap yang bertekstur krim. Sehingga, hasilnya lebih tahan lama seharian. Adapun bahan-bahan yang perlu ada dalam produk pelembap mu seperti ceramide hingga hyaluronic acid.

Oleskan Sunscreen

Ilustrasi Sunscreen Wajah. (iStock)

 

Di urutan skincare di pagi hari yang benar dan terakhir adalah mengoleskan sunscreen. Kamu tentu sudah tak asing dengan produk satu ini bukan. Bahkan ahli dermatologis pun menyepakati bahwa produk satu ini adalah yang terpenting dan tidak oleh dilewatkan dalam perawatan kulit jenis apapun. 

Produk sunscreen sendiri melindungi kulit dari sinar matahari yang kerap menjadi penyebab tanda penuaan menjadi lebih cepat muncul. Bahkan, lebih bahaya nya bisa menimbulkan masalah kanker kulit.

Penggunaan produk satu ini tidak hanya berlaku bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan. Namun, juga di dalam ruangan sebab sinar UV dapat menembus ruangan melalui jendela atau pintu yang tembus pandang. 

Disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 dan memiliki jenis spektrum luas. Hal ini akan membantu memberikan perlindungan yang maksimal pada kulitmu. Selamat mencoba!