Tak Hanya Samarkan Mata Panda, Ini 5 Fungsi Concealer

Jumat, 24 Desember 2021 | 20:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Hanya Samarkan Mata Panda, Ini 5 Fungsi Concealer

Ilustrasi penggunaan concealer. (Special)

Ladiestory.id - Concealer merupakan salah satu item makeup yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti jerawat, flek hitam, hingga bekas luka. Dibandingkan alas bedak atau foundation, concealer mempunyai tekstur yang lebih ringan namun bisa "diandalkan". Sama seperti lipstik, concealer juga memiliki macam-macam bentuk, antara lain stick, krim, maupun cair. Ragam jenis concealer ini memiliki kegunaan masing-masing.

7 Fungsi Concealer yang Perlu Diketahui

Fungsi concealer yang paling umum diketahui adalah menghilangkan mata panda ataupun jerawat. Namun sejatinya ada beberapa fungsi concealer yang perlu diketahui sebab akan sangat bermanfaat untuk mempercantik makeup-mu.

1. Merapikan Alis

 

Ilustrasi penggunaan concealer di alis. (Special)

Ada cara yang mudah dan praktis untuk membentuk alis yang rapi dan simetris dengan concealer. Kamu tak perlu repot-repot mencukurnya atau melakukan threading alis, yakni menghilangkan rambut halus di wajah dengan benang.

Caranya, mulailah membentuk alis dengan pensil alis atau eyebrow powder, kemudian rambut halus yang tidak rapi bisa ditutupi dengan concealer. Nah, inilah yang menjadi salah satu fungsi concealer.

2. Samarkan Lingkar Hitam di Area Bawah Mata

Penggunaan concealer untuk menutupi mata panda. (Special)

 

Ya! Fungsi concealer ini memang yang paling banyak diketahui oleh para wanita. Menggunakan concealer dengan rona peach paling baik untuk menghilangkan lingkar hitam di bawah mata pada orang Asia.

Setelah menggunakan pelembap, aplikasikan concealer dengan jari manis atau flat brush, dimulai dari sudut bagian dalam mata. Jika kulitmu cenderung gelap dengan lingkar berwarna coklat gelap di bawah mata, gunakan concealer dengan rona oranye untuk menetralisasi lingkar gelap tersebut. Kemudian tambahkan concealer sesuai warna kulit agar terlihat lebih cerah.

3. Sebagai Primer Bibir

Concealer dapat berfungsi sebagai primer bibir yang baik. Dengan mengaplikasikan concealer pada bibir, warna lipstik yang kamu pakai akan semakin keluar.

Selain itu, concealer juga dapat kamu gunakan untuk membentuk bibir ketika akan mengaplikasikan lip cream agar nggak terlihat berantakan.

4. Menutupi Jerawat

Ilustrasi jerawat di wajah. (Special)

Selain menutupi lingkaran hitam, salah satu fungsi concealer yang paling umum adalah untuk menyamarkan jerawat. Khusus untuk jerawat, pilihlah concealer dengan coverage tinggi.

Sebelum mengaplikasikan concealer, totolkan dulu obat di jerawat lalu tunggu sampai meresap, atau bersihkan jerawat terlebih dahulu dengan hand sanitizer. Setelahnya, baru kamu boleh mengaplikasikan concealer.

5. Menyamarkan Wajah Kemerahan

Ilustrasi wajah perempuan. (Special)

Fungsi concealer yang tak kalah penting lainnya adalah menyamarkan wajah kemerahan. Jika kamu mengalami noda kemerahan di wajah yang cukup pekat, sebaiknya gunakan color corrector concealer untuk menyempurnakan kompleksi sehingga membantu meratakan warna kulit.

Sama seperti menyamarkan jerawat yang meradang, gunakan color corrector concealer berwarna hijau. Jenis warna tersebut mampu menetralkan warna yang kuat, seperti merah.

Penggunaann color corrector concealer warna hijau juga berguna untuk menyamarkan warna-warna ekstrim pada kulit, seperti iritasi atau jerawat meradang.