Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Naik Jadi Rp3,75 Juta, Jumlah Pengunjung Turut Dibatasi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 12:00:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Naik Jadi Rp3,75 Juta, Jumlah Pengunjung Turut Dibatasi

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pemerintah memberlakukan kenaikan tiket masuk ke Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang semula Rp150 ribu kini menjadi Rp3,75 juta. Ketentuan tersebut berlaku pada Senin (1/8/2022).

Tidak hanya kenaikan harga tiket masuk, pembatasan jumlah pengunjung pun diberlakukan. Jumlah wisatawan yang bisa mengunjungi Pulau Komodo hanya 200 ribu orang saja per tahun.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, menjelaskan konservasi sebuah taman nasional membutuhkan anggaran yang besar.

"Di dunia mana pun konservasi itu tidak ada yang murah. Oleh sebab itu, untuk konservasi Taman Nasional Komodo, maka kita harus punya anggaran yang cukup agar pengelolaannya lebih maksimal," ujar Viktor kepada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur NTT, pada Senin (1/8/2022).

"Karena dengan konservasi, maka Taman Nasional Komodo akan semakin menjadi kebanggaan kita semua, apalagi komodo ini adalah satu-satunya yang ada di dunia dan hanya ada di NTT,” lanjutnya.

Menurut Viktor, konservasi bertujuan untuk menjaga ekosistem darat dan laut. Agar Komodo dapat hidup dengan habitat yang ada di pulau tersebut.

“Kita sangat menjaga ekosistem darat dan laut dari dua pulau itu misalnya dengan mencegah dari adanya upaya pemboman ikan yang juga merusak alam lautnya, pencegahan pencurian satwa seperti rusa yang adalah makanan komodo," kata Viktor.

Selain Gubernur Nusa Tenggara Timur, Presiden Jokowi juga turut membahas kenaikan tarif merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian kawasan konservasi sekaligus meningkatkan ekonomi pemerintah setempat melalui pariwisata.

 

Presiden Jokowi. (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

"Begini. Jadi kita ingin konservasi, tapi kita juga ingin (peningkatan) ekonomi lewat tourism, lewat wisatawan, ini harus seimbang," kata Jokowi dalam keterangan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/7/2022).

Menurut Jokowi, wisatawan masih bisa melihat komodo dengan tarif yang sama di pulau lain. Namun, jika ingin melihat di pulau komodo maka mengikuti harga tiket baru.

"Jadi kalau mau melihat komodo, silakan ke Pulau Rinca, di sini ada komodo. Mengenai bayarnya berapa? Tetap. Tapi kalau mau 'wah pak, saya ingin sekali pak lihat yang di Pulau Komodo,' ya silakan tidak apa-apa juga, tapi ada tarifnya yang berbeda," ujarnya.

s