Tingkatkan Kesehatan Gigi, Ini Dia 5 Makanan yang Baik untuk Anak

Senin, 25 Juli 2022 | 22:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Tingkatkan Kesehatan Gigi, Ini Dia 5 Makanan Yang Baik Untuk Anak

Ilustrasi anak sikat gigi. (Special)

Ladiestory.id - Anak kerap kali memiliki masalah dengan gigi. Banyak di antaranya yang mengalami gigi berlubang karena berlebihan mengonsumsi makanan-makanan yang tidak baik untuk kesehatan gigi

Oleh karena itu, sebagai orang tua, perlu adanya pengawasan untuk makanan yang dikonsumsi oleh anak. Nah, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan gigi anak.

Buah dengan Kandungan Vitamin C

Ilustrasi buah-buahan. (Special)

Berdasarkan Melvin Pierson selaku juru bicara Academy of General Dentistry, terdapat beberapa jenis bakteri di mulut anak. Di antaranya dapat menyebabkan radang gusi yang dapat mengarah ke penyakit gusi. Vitamin C dalam buah-buahan dapat membantu membunuh bakteri ini dan juga meningkatkan pasokan kolagen yang sehat di gusi. Contohnya seperti jeruk, limau, kiwi, melon, pepaya dan stroberi.

Yoghurt

Ilustrasi yoghurt. (Special)

Adam S. Harwood yang merupakan seorang ahli endodontik keluarga di New York mengatakan bahwa yoghurt memiliki kandungan bakteri probiotik alami. Bakteri tersebut dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan penumpukan plak dan radang gusi. 

Sayuran

Ilustrasi sayuran. (Special)

Wortel mentah, seledri, mentimun, kembang kol, kacang hijau, dan kacang polong dikatakan sebagai sayuran yang baik untuk kekuatan gigi. Menurut seorang dokter gigi keluarga bernama Jimmy Wu, sayuran tersebut dapat secara alami mengikis plak yang menumpuk di gigi saat makan atau yang terlewatkan oleh anak-anak saat menyikat gigi mereka.

Susu dan Keju

Ilustrasi susu dan keju. (Special)

Susu dan keju mengandung kalsium, vitamin D dan fosfat. Ray J. Jurado selaku direktur kedokteran gigi anak di Children's Memorial Hospital di Chicago,  kandungan tersebut dapat meningkatkan tingkat pH di mulut, menurunkan kadar asam dan mengurangi risiko kerusakan gigi. 

Telur

Ilustrasi telur (Special)

Telur mengandung vitamin D, terutama pada bagian kuningnya. Menurut Harwood yang merupakan seorang dokter, Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat dalam makanan lain. Kalsium dan fosfat merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membangun dan melindungi email gigi.