Bisa Dikonsumsi Semua Kalangan Usia, Ini 5 Manfaat Minum Susu Setiap Hari

Minggu, 15 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bisa Dikonsumsi Semua Kalangan Usia, Ini 5 Manfaat Minum Susu Setiap Hari

Ilustrasi minum susu. (Special)

Ladiestory.id - Mengonsumsi susu setiap hari tidak hanya dilakukan oleh anak-anak atau bayi. Rupanya, mengonsumsi susu setiap hari dianjurkan untuk semua kalangan usia.

Pasalnya, susu kaya akan kandungan nutrisi, sehingga mendatangkan banyak manfaat. Cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia, ini manfaat minum susu setiap hari.

Tingkatkan Kesehatan Tulang

Ilustrasi jaga kesehatan tulang. (Special)

Sudah bukan rahasia lagi jika susu sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Pasalnya, susu memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh.

Tak hanya itu, susu juga memiliki kandungan vitamin D dan kalsium. Kedua kandungan itu sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Kandungan vitamin D mampu membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang kita makan. Sementara kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara tulang agar tetap kuat.

Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi tidur nyenyak. (Special)

Minum susu sebelum tidur seolah telah menjadi tradisi turun menurun di Indonesia. Namun, tidak banyak yang mengerti apa manfaat minum susu sebelum tidur setiap hari.

Perlu diketahui, mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur memiliki manfaat yang menakjubkan. Pasalnya, susu yang hangat mampu membuat sistem saraf menjadi lebih rileks.

Hal ini dikarenakan susu memiliki kandungan zat yang bernama triptofan. Kandungan tersebut merupakan zat yang mampu berubah menjadi hormon melatonin. Nah, kandungan inilah yang dapat membuat tidur menjadi nyenyak.  

Bantu Kulit Lebih Sehat

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Minum susu setiap hari dapat memberikan manfaat kecantikan bagi kulit. Hal tersebut dikarenakan susu mempunyai beberapa nutrisi yang membantu kulit untuk terlihat lebih sehat. Susu memiliki kandungan asam laktat yang dapat bertindak sebagai exfoliant, yaitu enzim yang membantu untuk kulit agar halus.

Tak hanya itu, minum susu setiap hari juga mampu melebapkan kulit. Lantaran susu memiliki kandungan asam amino. Kemudian, susu juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit dari racun lingkungan.

Namun jangan memaksakan minum susu setiap hari jika memiliki alergi.  Alih-alih membuat kulit sehat, justru bisa memperburuk kulit Kamu.

Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)

Beberapa orang berpikir jika mengonsumsi susu setiap hari akan membuat berat badan menjadi bertambah. Oleh sebab itu, banyak orang diet menghindari minum susu dalam prosesnya.

Namun konsep tersebut salah. Pasalnya, mengonsumsi susu mampu membuat berat badan menjadi turun. Bahkan, Paul Salter, seorang pakar diet, membenarkan hal ini.

"Minum susu setiap hari dapat mendorong penurunan berat badan dan pembakaran lemak," ujar Paul Salter, seperti dilansir berbagai sumber.

Paul Salter juga mengatakan bahwa minum tiga gelas susu per hari dapat lebih banyak menurunkan lemak dalam jangka panjang. Hal itu terutama jika seseorang menjalani diet sehat dan rutin berolahraga.

Beberapa pakar olahraga pun sepakat bahwa perempuan yang minum susu setiap hari lebih mungkin menurunkan berat badan daripada yang tidak.

Cegah Kanker

Ilustrasi kanker. (Special)

Manfaat mengonsumsi susu setiap hari yakni mampu mencegah penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan susu memiliki kandungan kalsium dan vitamin D.

Kedua nutrisi ini dikenal dapat mencegah kanker. Kalsium dapat melindungi lapisan usus untuk mengurangi risiko kanker usus besar atau kanker rektum. Namun, beberapa penelitian juga mengaitkan kelebihan kalsium menyebabkan kanker prostat.

Sementara vitamin D berperan dalam regulasi pertumbuhan sel. Kandungan ini dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus, prostat, dan kanker payudara

s