Tingkatkan Komunikasi Antar Orang Tua dan Anak Melalui Buku Bacaan

Jumat, 21 Juli 2023 | 13:27:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Tingkatkan Komunikasi Antar Orang Tua Dan Anak Melalui Buku Bacaan

Ilustrasi Ibu dan Anak Membaca Buku. (Freepik)

Ladiestory.id - Secara internasional dan nasional, terdapat 10 hak anak yang wajib dipenuhi. Salah satunya yakni hak untuk memperoleh pendidikan. Menyambut Hari Anak Nasional yang diperingati pada tanggal 23 Juli 2023, Tokopedia berupaya membantu para orang tua untuk memperhatikan pemilihan produk kebutuhan anak, seperti makanan dan buku demi memenuhi hak, melindungi, dan menunjang tumbuh kembang anak.

“Saat ini, sudah ada 1,8 miliar produk yang terdaftar di Tokopedia, termasuk berbagai produk kebutuhan anak. Untuk mempermudah orang tua mendapatkan produk kebutuhan anak terkurasi, Tokopedia menghadirkan halaman khusus Tokopedia Parents,” ujar Antonia Adega, selaku Corporate Affairs Lead Tokopedia, melalui Zoom Meeting pada Kamis (20/7/2023).

Tokopedia Media Briefing. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Menurut Antonia Adega, buku aktivitas dan buku cerita anak merupakan produk paling laris pada kategori Buku Anak di Tokopedia.

“Buku aktivitas, buku cerita anak (termasuk dongeng dan fabel) dan buku dunia pengetahuan tercatat sebagai sejumlah produk yang paling laris pada kategori produk Buku Anak di Tokopedia, sepanjang kuartal II 2023,” jelas Antonia Adega.

“Pada kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022, sereal, bubur bayi dan biskuit bayi, menjadi sejumlah produk makanan bayi yang paling laku di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan transaksi sebesar 2 kali lipat. Secara keseluruhan, produk makanan bayi mengalami peningkatan transaksi hampir 3 kali lipat,” sambung Antonia Adega.

Produk Rabbit Hole. (Special)

 

Salah satunya yakni Rabbit Hole, UMKM di Tokopedia yang menyediakan berbagai produk buku untuk anak usia 0-7 tahun untuk menunjang tumbuh kembang otak anak sekaligus memperkuat hubungan antara anak dan orang tua.

“Awal mulanya saya kan psikolog anak, banyak orang tua yang datang konsultasi mengenai permasalahan anak-anaknya. Setelah ditarik benang merahnya, sebenarnya itu bisa dicegah dengan komunikasi antara orang tua anak anak,” ujar Devi Raissa, selaku pemilik UMKM Rabbit Hole.

“Dalam membuat buku di Rabbit Hole, kami selalu mempertimbangkan proses perkembangan anak serta kebutuhan anak di masing-masing usia. Selain dari sisi konten, kami juga memperhatikan dari sisi bahan material yang digunakan untuk membuat buku. Misalnya, kertas food grade dan tinta yang ramah untuk bayi dan anak,” sambung Devi Raissa.