8 Tips agar Hasil Catokan Tahan Lama, Awet Seharian!

Rabu, 1 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

8 Tips Agar Hasil Catokan Tahan Lama, Awet Seharian!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kegiatan mencatok rambut sudah menjadi salah satu kegiatan wajib beberapa perempuan. Baik dicatok agar rambut menjadi lurus ataupun menjadi kriting seperti rambut yang mereka idamkan.

Pasti kalian tidak asing mendengar sekumpulan perempuan yang membahas waktu yang mereka butuhkan. Hanya untuk berdandan dan mencatok rambut mereka.

Tips Agar Hasil Catokan Tahan Lama

Namun permasalahan tidak hanya sampai situ. Tapi banyak juga perempuan yang mengeluh ketika sudah capek-capek catokan, tapi hasilnya tidak tahan lama. Makanya, yuk intip tips agar hasil catokan tahan lama seperti yang ada di bawah ini.

1. Pilih Sampo yang Melembapkan

Foto: Ladiestory.id

Tips pertama agar catokan tahan lama adalah dengan mencuci dan membilas rambut terdengar seolah sepele dan tak penting. Padahal, persiapan rambut lurus yang tahan lama dimulai dari kebiasaanmu mencuci rambut.

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah rambut harus lembap. Ketika kelembapan rambut terjaga, kondisi rambut akan lebih kondusif sehingga lebih mudah diatur.

Coba pilih sampo yang memang bisa memberikan kelembapan maksimal dan punya efek melembutkan rambut.

2. Catok Rambut dalam Keadaan Kering

Masih banyak yang menilai mencatok rambut dalam keadaan basah dapat membuat hasil catokan tahan lama. Sayangnya, mencatok rambut saat basah dalam menyebabkan rambut menjadi rusak, kasar dan juga rontok.

Kondisi rambut yang basah juga membuat waktu dalam mencatok rambut menjadi lebih lama dan membuat kita cape, sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Untuk itu pastikan rambut dalam keadaan kering sempurna sebelum mencatok rambut. Kamu juga dapat melakukan blow dry untuk membuat rambut kering.

3. Jangan Berlebihan Memakai Heat Protection

Bukan berarti heat protection harus dihindari ketika ingin hasil catokan awet. Justru heat protection wajib banget dipakai biar rambut nggak rusak karena panasnya alat catok.

Tapi penggunaannya jangan berlebihan. Secukupnya saja, yang penting merata ke seluruh batang rambut. Kalau dipakai terlalu banyak dan rambut terlalu lembap, hasilnya rambut malah terlalu “lemes” dan gampang nge-loss kalau dicatok curly.

4. Bagi dalam Beberapa Bagian Ketika Mencatok

Foto: Ladiestory.id

Sebelum melakukan mencatok, pastikan dulu jika rambut dalam keadaan benar benar kering. Lalu bagi rambut dalam beberapa bagian, dan jangan terlalu tebal.

Pasalnya, rambut yang terlalu tebal tidak akan menjangkau semua helai rambut. Nah, hal ini yang membuat hasil catokan tidak maksimal dan rambut cepat kembali seperti semula alias tidak bertahan lama.

5. Jangan Mencatok dalam Keadaan Rambut Berminyak

Nah, ini juga menjadi peringatan agar catokan tahan lama. Jadi, sebelum mencatok rambut, pastikan kalau kamu sudah mencuci rambut. Hingga benar-benar bersih dan jangan pernah mencatok rambut yang masih basah.

6. Pilih Material Catokan dan Ukuran yang Sesuai

Ingat, ada harga ada kualitas. Alat catokan kini dilengkapi dengan material plat yang bervariasi seperti keramik, tourmaline, hingga titanium.

Beberapa material ini punya keunggulan masing-masing dan bisa disesuaikan dengan jenis rambutmu. Selain bahan catokan, kamu juga wajib tahu ukuran yang sesuai dengan panjang rambutmu.

7. Gunakan Catokan pada Suhu yang Tepat

Foto: Matrixprofesional

Kesalahan yang banyak dilakukan saat mencatok rambut lainnya adalah menggunakan suhu yang terlalu tinggi. Suhu catokan lebih dari 160 derajat dapat mengurangi kelembapan rambut.

Sehingga membuat rambut rusak dan kasar sehingga sangat sulit untuk diatur. Suhu yang terlalu rendah saat mencatok juga membuat waktu pengerjaan lebih lama dan hasilnya juga akan lebih mudah lepas.

8. Tahan Rambut Setelah Dicatok

Setelah mencatok satu bagian rambut, sebaiknya jangan langsung dilepaskan atau dibiarkan menggantung ke bawah. Namun tahan dulu sampai panasnya hilang, baru dilepaskan.

Rambut yang masih panas ini, istilahnya belum "nge-set" sempurna hasil catokannya. Jadi tunggu sebentar sampai agak dingin.

Cara menahan rambut ini bisa dipegang dengan menggunakan jari, atau bisa juga dengan rol rambut. Memang membutuhkan waktu yang lama, karena sebelum bisa memulai mencatok bagian selanjutnya.

Kita harus menunggu dingin dulu rambut yang sebelumnya dicatok atau harus pasang rol dulu. Tapi kalau memang ingin hasil catokan tahan lama, cara ini yang paling ampuh.

Kalau rambutmu cukup panjang, bisa lebih simpel caranya. Yaitu dengan menahan rambut yang habis dicatok di bahu. Rambut saya yang bagian belakang cukup panjang dan bisa diletakkan di bahu. Tapi yang depan, tetap harus dipegang dengan jari sampai dingin.

Inilah 8 tips agar hasil catokan tahan lama. Semoga bermanfaat.