Ingin Rambut Lebih Sehat? Yuk Lakukan 6 Tips dari Dermatolog Ini!

Minggu, 21 Agustus 2022 | 00:01:00

Ingin Rambut Lebih Sehat? Yuk Lakukan 6 Tips Dari Dermatolog Ini!

Ilustrasi rambut sehat. (Special)

Ladiestory.id - Bagi perempuan yang peduli akan penampilan, memiliki rambut yang halus, sehat dan berkilau tak luput jadi impiannya. Sayangnya, permasalahan pada rambut bisa saja terjadi. Untuk itu, perlu melakukan perawatan khusus supaya rambut tidak rusak.

Banyak hal yang perlu dilakukan demi menjaga kesehatan rambut, misalnya memberikan nutrisi yang tepat, memilih sampo dan kondisioner yang sesuai, hingga menghindari penggunaan hairdryer yang berlebihan.

Dilansir laman Yourstory, Poorva Shah, dokter kulit bersertifikat dari Medical Council of India (MCI) dan Maharashtra Medical Council (MMC), membagikan beberpa tips untuk mendapatkan rambut sehat, halus, dan berkilau. Berikut tips yang harus kamu lakukan agar rambut senantiasa sehat.

Konsumsi Cukup Protein dan Nutrisi

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

Menurut Poorva Shah, sangat penting untuk memperhatikan asupan. Kamu harus mendapatkan cukup zat besi, tidak anemia, dan memiliki cukup protein dalam makanan yang dikonsumsi.

Zat besi dan protein sangat penting untuk kesehatan rambut. Makanan berprotein terbaik yang dapat ditambahkan ke dalam menu makanan adalah telur, bayam, ikan, alpukat, hingga biji-bijian.

Telur kaya akan protein dan biotin, dua nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Biotin diperlukan untuk produksi keratin, protein rambut.

Zat besi membantu sel darah merah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh untuk bahan bakar metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan. Selain itu, alpukat kaya akan vitamin E, yang dapat membantu pertumbuhan rambut. 

Beralih ke Sampo Bebas Paraben

Ilustrasi keramas. (Special)

Selalu gunakan sampo bebas paraben untuk menjaga kelembapan rambut kamu. Setelah menggunakan sampo bebas SLS dan paraben, kamu sebaiknya menunggu satu sampai dua menit sebelum dibilas.

Sampo berfungsi untuk membersihkan kotoran di rambut. Keringat dan kotoran yang berlebihan di kulit kepala bisa memunculkan bisul kecil di kulit kepala.

Gunakan Minyak Argan

Ilustrasi rambut sehat. (Special)

Minyak argan mengandung asam lemak dan antioksidan kuat, seperti vitamin E, yang bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala. Minyak argan juga berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari.

Manfaat ini juga dapat meluas ke rambut. Minyak argan membantu mencegah kekeringan dan kerusakan lain yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

”Jadi, sebagai dokter kulit saya sarankan kamu memakai minyak argan untuk rambut sehat. Jika kamu terbiasa mengoleskan minyak, pastikan untuk mencucinya setelah 45 menit,” kata Poorva Shah.

Keramas Sesuai Jumlah Minyak yang Dihasilkan Kulit Kepala

Ilustrasi keramas. (Special)

Cucilah rambut sekali sehari jika kamu memiliki kulit kepala yang terlalu berminyak. Namun, apabila kulit kepala kamu kering, maka cucilah lebih jarang.

Seiring bertambahnya usia, kulit kepala kamu menghasilkan lebih sedikit minyak, sehingga kamu tidak perlu keramas terlalu sering.

Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut 

Ilustrasi menyisir rambut. (Special)

Menyisir rambut secara berlebihan akan menyebabkan rambut rontok. Kasus kerontokan dapat dikatakan normal apabila orang kehilangan 50 sampai 100 helai rambut per hari.

Agar rambut lebih sehat, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah. Pasalnya, rambut lebih rapuh, sehingga rentan terjadi kerusakan.

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Ilustrasi mengikat rambut. (Special)

Kucir kuda dan kepang adalah gaya rambut yang sering digunakan sebagian besar perempuan. Akan tetapi, mengikat rambut bisa mematahkan rambut dan merusak akar apabila terlalu kencang.

Bahkan, rambut kamu bisa rontok jika mengikat rambut dengan ketat sepanjang waktu. Sebaiknya, gerai rambut saat malam hari.