5 Tips Aman Bepergian Naik Pesawat, Cocok untuk Pemula

Selasa, 24 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Aman Bepergian Naik Pesawat, Cocok Untuk Pemula

Ilustrasi orang hendak bepergian. (Special)

Ladiestory.id - Pesawat merupakan salah satu moda transportasi pilihan bagi sebagian orang. Namun, bagi penumpang yang baru pertama kali naik pesawat, tentu akan merasa kebingungan hingga muncul kekhawatiran.

Sedangkan, bagi penumpang yang sudah sering naik pesawat, tak jarang mengabaikan beberapa tips aman selama perjalanan. Nah, bagi kamu yang berencana menggunakan pesawat untuk bepergian, alangkah lebih baik jika kamu menyimak lima tips aman bepergian naik pesawat berikut ini. 

Unduh Aplikasi Maskapai Penerbangan

Ilustrasi aplikasi. (Special)

Sejak terjadinya pandemi, banyak maskapai yang menyediakan akses pembelian tiket hingga cetak tiket secara online.  Bagi kamu yang pertama kali melakukan perjalanan menggunakan pesawat, kamu perlu melakukan pengunduhan aplikasi maskapai penerbangan pilihanmu.

Hal ini untuk mempermudah ketika proses pembelian tiket. Selain itu, kamu dapat mengatur tempat dudukmu supaya bisa lebih dekat dengan jendela. Sehingga, kamu bisa menikmati pemandangan selama perjalan. Selain memudahkan pembelian tiket, aplikasi maskapai penerbangan juga tak jarang mrnawarkan diskon menarik.

Tiba di Bandara Lebih Awal

Ilustrasi orang hendak bepergian. (Special)

Tips lain yang dapat kamu terapkan ketika akan naik pesawat, yaitu tiba di bandara lebih awal. Hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan. Sebab, untuk proses pengecekan terdapat beberapa tahap yang cukup lengkap.

Jika kamu datang terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan, maka kamu bisa tertinggal oleh pesawat. Perjalananmu pun terancam kacau dan gagal untuk tiba di lokasi sesuai jadwal yang telah kamu rencanakan. 

Periksa Barang Bawaan sesuai Aturan

Ilustrasi naik pesawat. (Special)

Hal yang tak kalah penting bagi penumpang pesawat, yaitu memeriksa barang bawaan supaya sesuai dengan aturan. Tak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui syarat dokumen yang diperlukan untuk memenuhi proses pengecekan di bandara. Sehingga, akan memudahkanmu dalam perjalanan menggunakan pesawat.

Selain itu, perhatikan berat barang bawaan dengan aturan bagasi dalam pesawat. Hindari membawa benda tajam maupun berbahaya yang akan mengganggu kinerja pesawat ketika beroperasi.  

Duduk di Kursi Sesuai dengan Tiket

Ilustrasi naik pesawat. (Special)

Meski terlihat sepele, hal ini terkadang diabaikan oleh beberapa orang. Saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat, kamu perlu duduk di kursi sesuai nomor yang tercetak pada tiket. Sehingga, kamu tidak menyerobot milik orang lain.

Namun, dalam keadaan tertentu, misalnya satu anggota keluarga terpisah kursi karena kehabisan tiket saat memesan dan meminta untuk bertukar tempat duduk denganmu yang bepergian sendiri, kamu dapat menawarkan bertukar tempat duduk kepada penumpang tersebut. Akan tetapi, jika bertukar kursi duduk membuatmu tidak nyaman, kamu berhak untuk menolaknya. 

Ikuti Aturan Selama Penerbangan

Ilustrasi naik pesawat. (Special)

Tips aman terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu mengikuti aturan selama penerbangan.  Pramugari maupun pramugara akan memberikan instruksi mengenai aturan demi kenyamanan dan keselamatan para penumpang. Selain itu, kamu juga dapat melihat buku petunjuk yang biasa terselip pada setiap kursi penumpang.

Nah, satu hal lagi yang perlu kamu ingat yaitu menggunakan masker selama perjalanan. Sebab, sejak pandemi terjadi, tentunya kesehatan merupakan hal yang sangat berharga. Oleh karena itu, sebagai bentuk antisipasi, kamu dapat menjaga diri dengan menggunakan masker. Tak lupa juga, kamu dapat menyiapkan tisu pribadi hingga hand sanitizer untuk selalu menjaga diri dan kebersihan selama perjalanan. 

Selain mudah untuk dipraktikkan, lima tips tersebut juga akan membantumu menjaga etika selama penerbangan. Sebab, ketika penumpang pesawat tertib dan taat, perjalanan pun akan nyaman dan selamat.