5 Tips Atasi Kulit Belang bagi Hijabers

Jumat, 18 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Atasi Kulit Belang Bagi Hijabers

Ilustrasi hijab. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu masalah kulit yang dialami oleh hijabers adalah kulit belang. Walaupun menggunakan pakaian tertutup dan hijab, area kulit wajah dan tubuh tetap bisa mengalami kulit belang akibat paparan sinar UV. Hal ini pun akan mengganggu penampilan dan membuat dirimu menjadi kurang percaya diri.

Kamu pun tentunya akan merasa kesal karena sudah melakukan perawatan ekstra, namun ternyata kurang optimal. Tetapi, jangan khawatir! Kamu bisa melakukan 5 tips berikut ini untuk mengatasi masalah kulit belang.

Gunakan Scrub saat Mandi

Ilustrasi mandi. (Special)

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit belang ialah menggunakan scrub. Saat mandi, kamu bisa menggunakan body scrub ke bagian kulit yang belang untuk membantu menyamarkan warnanya. Walaupun cara ini tidak instan mencerahkan kulit, tetapi tidak ada salahnya kamu melakukan cara ini untuk mengatasi perubahan warna pada kulitmu.

Cuci Wajah secara Teratur

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah. (Special)

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan mencuci wajah secara teratur. Mencuci wajah dapat mengangkat kotoran dan polusi yang menempel di kulit wajah. Polusi dan kotoran tersebut yang menjadi penyebab kulit wajah menjadi kusam.

Bagi hijabers yang mengalami kulit belang, kamu dapat mencuci wajah dengan facial wash yang tepat serta menggunakan air dingin untuk meredakan suhu kulit.

Gunakan Body Lotion dan Body Serum

Ilustrasi menggunakan lotion. (Special)

Ladies, walaupun menggunakan pakaian dan hijab yang menutup area tubuh, tapi jangan sampai lupa untuk rutin menggunakan body lotion yang mengandung SPF untuk melindungi kulit tubuh dari hiperpigmentasi dan juga bahaya yang timbul akibat sinar UV baik di dalam maupun di luar ruangan.

Body serum juga ampuh mencerahkan kulit serta mengatasi permasalah kulit belang, karena body serum diformulasikan untuk melembapkan dan menutrisi kelapisan kulit paling dalam. Untuk mendapat hasil maksimal, kamu bisa menggunakan keduanya setelah mandi.

Gunakan Sunscreen dan Sunblock

Ilustrasi sunscreen. (Special)

Kulit belang bisa saja terjadi karena kamu tidak menggunakan sunscreen sebagai salah satu perlidungan kulit. Kulit yang belang dapat disebabkan karena kamu terlalu lama terpapar sinar UV. Sebelum keluar ruangan, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen terlebih dahulu di area wajah secara merata.

Jika suhu matahari begitu menyengat, kamu bisa menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Eksfoliator ini dapat ampuh mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi tidak gelap. Selain itu, rutin menggunakan sunscreen dapat mebantu mengatasi terjadinya sunburn, risiko terjadinya kanker kulit, bahkan dapat membuat kulit tampak awet muda.

Gunakan Hijab yang Nyaman

Ilustrasi Hijab. (Special)

Penggunaan hijab dapat mempengaruhi kulit menjadi belang, lho. Tentuny,a kamu dapat memilih hijab yang aman dan nyaman digunakan untuk melindungi kulit kepala serta area wajahmu. Jangan gunakan hijab yang terlalu ketat sehingga tidak adanya celah di area pinggir wajah, sehingga kulit sulit bernapas.

Hijab yang ketat ini justru bisa membuat permukaan area wajah menjadi belang karena bagian dalam wajah lebih cerah dibandingkan area luar. Selain itu, hijab yang tebal dan ketat pun dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan kemerahan. Maka dari itu, pilihlah bahan hijab yang ringan seperti voal.

Ladies, itulah lima tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit belang, khususnya bagi para hijabers. Perlu diingat bahwa kulit yang sehat tidak hanya datang dari rangkaian body care saja, namun juga dapat dipengaruhi oleh gaya hidup.

s