Kelembapan Terjaga, 5 Tips Atasi Kulit Kering Selama Ramadan

Jumat, 22 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Kelembapan Terjaga, 5 Tips Atasi Kulit Kering Selama Ramadan

Ilustrasi perempuan berkulit sehat. (Special)

Ladiestory.id - Menjalankan ibadah puasa Ramadan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, berpuasa juga berdampak pada muncul beberapa permasalahan, seperti kulit kering. Pasalnya ketika berpuasa tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Namun jangan khawatir, beberapa tips sederhana berikut bisa Kamu terapkan agar kulit tetap lembap meskipun menjalani ibadah puasa.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Ilustrasi perempuan minum air putih. (Special)

Salah satu cara utama mengatasi kulit kering saat Ramadan adalah minum air yang cukup. Meskipun puasa, tidak ada alasan kita harus dehidrasi. Pasalnya, tubuh dehidrasi menjadi penyebab utama kulit kering. Oleh sebab itu, kita harus memastikan untuk minum air cukup antara waktu sahur dan buka puasa.

Agar tubuh tidak dehidrasi, setiap orang harus minum air putih 2 liter atau lebih dalam sehari. Selain air putih, kita juga perlu membatasi untuk konsumsi soda, teh, dan kopi. Ini dikarenakan jenis minuman tersebut mengandung kafein. Kafein sendiri merupakan zat yang bersifat diuretik atau merangsang pembuangan urine sehingga membuat lebih cepat dehidrasi.

Sebagai gantinya, kita dapat mencoba meminum air dengan campuran mentimun, mint, dan lemon. Kandungan dari campuran tersebut dapat melembapkan kulit secara instan sekaligus memberikan asupan vitamin yang baik.

Jangan Konsumsi Gorengan Berlebih

Ilustrasi perempuan makan gorengan. (Special)

Tidak bisa dimungkiri makanan berlemak, seperti gorengan, banyak digemari orang. Namun, jika tidak menginginkan kulit kering saat Ramadan, sebaiknya jangan mengonsumsi gorengan terlalu banyak. 

Pasalnya mengonsumsi gorengan berlebihan akan membuat tubuh menjadi mudah dehidrasi. Hal tersebut akan memengaruhi kulit menjadi kering.

Semprotkan Face Mist

Ilustrasi perempuan menggunakan face mist. (Special)

Cara menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan selanjutnya yakni menyemprotkan face mist. Pasalnya face mist bermanfaat dalam menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Apabila Kamu menggunakan face mist, maka kulit akan terasa lebih segar. Namun, Kamu harus memastikan untuk menggunakan produk face mist yang cocok dengan jenis kulitmu.

Selain itu, Kamu bisa menggunakan produk face mist yang memiliki kandungan zat emolien atau oklusif, seperti squalene, shea butter, atau minyak kelapa.

Usai face mist disemprotkan, Kamu bisa menepuk-nepuk wajah secara lembut menggunakan tisu atau kapas bersih. Setelah itu, sebaiknya diamkan secara beberapa detik. Hal ini dilakukan agar face mist tidak menguap. Sehingga, membuat wajah terasa lebih lembap, kenyal, dan segar selama berpuasa.

Perhatikan Makanan

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

Selain tidak boleh mengonsumsi gorengan terlalu banyak, Kamu juga harus memperhatikan apa yang yang dikonsumsi. Jika gorengan dihindari, sebaliknya sayur dan buah harus rutin dikonsumsi.

Memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah saat Ramadan sangat diperlukan. Pasalnya ,kedua makanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit.

Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur yang memiliki banyak kandungan air, seperti selada dan jeruk, yang mampu menambah cairan yang dibutuhkan kulit agar tidak kering.

Selain itu, Kamu harus memperhatikan apa yang dikonsumsi ketika berbuka puasa. Sebab, ada banyak makanan yang menimbulkan dampak negatif untuk kulit.

Hindari Penggunaan Makeup yang Berat

Ilustrasi perempuan memakai makeup. (Special)

Jika tidak terlalu penting, sebaiknya tidak perlu menggunakan makeup yang berat. Pasalnya, makeup berat menjadi salah satu penyebab kulit wajah menjadi kering saat Ramadan.

Usahakan untuk menghindari penggunaan produk makeup yang terlalu tebal, seperti foundation dan concealer. Pasalnya, kombinasi penggunaan produk makeup yang berat serta paparan sinar matahari berlebih dapat memicu masalah pada kulit, seperti jerawat.

Jika ingin menggunakan makeup, pastikan menggunakan pelembap dan sunscreen terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa gunakan produk BB cream yang cenderung lebih ringan.

s