6 Tips Atasi Kulit Wajah Kusam, Gak Ribet Kok!

Selasa, 8 November 2022 | 00:01:00

6 Tips Atasi Kulit Wajah Kusam, Gak Ribet Kok!

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Ladiestory.id - Merawat kulit merupakan langkah yang harus dilakukan agar kulit senantiasa sehat. Berbagai macam perawatan wajah pun kerap dilakukan orang, terutama perempuan, agar kulitnya tetap sehat dan bebas kusam.

Kulit kusam sendiri bisa disebabkan karena paparan sinar matahari atau debu menempel di wajah. Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang kusam? Berikut enam tips mengatasi wajah kusam.

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Sesuai Jenis Kulit

Ilustrasi perempuan memilih produk perawatan kulit. (Special)

Perlu diketahui, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Untuk itu, hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kulit wajah adalah menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit.

Pilih Pembersih Wajah yang Melembapkan 

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah dengan facial wash. (Special)

Berikutnya, pilihlah pembersih wajah yang tidak membuat kulit menjadi kering. Pasalnya, beberapa pembersih wajah dapat menghilangkan kadar kelenjar minyak dan membuat kulit menjadi mudah iritasi.

Gunakan Sunscreen  

Ilustrasi memakai sunscreen. (Special)

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari. Pastikan kamu mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas dan reapply setiap dua hingga tiga jam sekali.

Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari kerusakan sel akibat paparan sinar UV. Selain itu, memakain sunscreen juga dapat meminimalkan risiko kanker kulit dan penuaan dini.

Banyak Minum Air Putih 

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Cara berikutnya yang tidak kalah penting adalah konsumsi banyak air putih. Selain untuk mencegah dehidrasi pada tubuh, banyak minum air putih juga bisa menghilangkan kusam di wajah. Prinsipnya, mencegah dehidrasi adalah cara termudah dan terbaik untuk mendapatkan kulit yang lembap, sehat, dan bercahaya. 

Konsumsi Makanan yang Bergizi 

Ilustrasi Makanan Sehat (Special)

Selain minum air putih, cara lain untuk mengatasi kulit kusam adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi menyimpan banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kulit.

Kamu bisa memerbanyak konsumsi sayuran serta buah-buahan. Usahakan, kamu mengonsumsi sayur dan buah dalam sehari, karena dapat membuat kulit menjadi tidak kusam dan tubuh menjadi lebih sehat. 

Lakukan Gaya Hidup Sehat 

Ilustrasi Olahraga (Special)

Demi mendapatkan kulit yang cerah dan bebas kusam, cobalah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat. Dengan menerapkan pola serta gaya hidup yang sehat, seperti tidur yang cukup, mengurangi minum kopi atau alkohol, serta berolahraga dengan teratur, maka perlahan kulit lebih sehat dan bebeas kusam.

Selain itu, gaya hidup sehat juga akan memberikan dampak baik untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Pasalnya, dengan berolahraga secara rutin, maka akan membuat sirkulasi oksigen menjadi lebih lancar.