Antiribet, Ini Tips Atasi Wajah Berjerawat buat Si Malas

Kamis, 16 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Antiribet, Ini Tips Atasi Wajah Berjerawat Buat Si Malas

Ilustrasi berjerawat. (Special)

Ladiestory.id - Jerawat sering kali jadi musuh terbesar para perempuan. Munculnya jerawat bisa jadi dipicu oleh banyak faktor. Bisa faktor genetik, faktor lingkungan, faktor lingkungan, dan juga faktor gaya hidup.

Dalam mengatasi wajah berjerawat, mungkin  Kamu kebingungan karena banyak rangkaian produk yang harus digunakan. Hal ini bisa saja membuatmu malas untuk mengatasinya. Akhirnya, jerawat di wajah malah jadi semakin parah.

Namun, jangan khawatir, LadiesLadiestory.id punya tips mudah yang bisa kalian ikuti, lho. 

Nah, seperti yang kita tahu, pengaplikasian rangkaian skincare dibagi menjadi dua waktu. Pertama pada pagi hari, dan yang kedua pada malam hari. Hal ini dilakukan agar penyerapan produk ke wajah bisa terjadi secara sempurna.

Skincare pagi

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah dengan facial wash. (Special)

Untuk pagi hari, awali dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah. Daripada Ladies menggunakan sabun wajah khusus jerawat, akan lebih baik jika kalian menggunakan sabun pembersih wajah dengan bahan gentle untuk kulit.

Sabun khusus jerawat biasanya memiliki kandungan yang lebih "keras" untuk kulit. Pemilihan sabun dengan bahan gentle adalah untuk menghindari bahan-bahan aktif yang berpotensi membuat kulit berjerawat jadi iritasi. 

Ilustrasi memakai pelembap. (Special)

Setelah mencuci muka, aplikasikan pelembap pada wajahmu. Salah satu penyebab jerawat adalah minyak berlebih pada wajah. Minyak ini diproduksi oleh wajah karena kulit yang kering.

Agar terhindar dari kelebihan produksi minyak pada wajah, pilihlah pelembap yang benar-benar memberikan hidrasi bagi kulit. Perhatikan juga bahan-bahannya ya, Ladies. Bahan seperti hyaluronic acid, glycerin, atau ceramides bisa jadi pilihan bagus untuk kalian.

Ilustrasi memakai sunscreen. (Special)

Rangakain penutup skincare pagi adalah sunscreen atau tabir surya. Penggunaan sunscreen ini hukumnya wajib lho, Ladies! 

Pasalnya, sunscreen dapat membantu kulit terhindar dari dampak negatif paparan sinar UV. Pakar dermatologi menganjurkan menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk sehari-hari. Selain itu, penting untuk re-apply sunscreen tiap dua jam sekali.

Skincare malam

Sama halnya dengan tahap skincare pagi, perawatan wajah pada malam hari juga diawali dengan mencuci muka. Untuk kalian yang menggunakan makeup, sebaiknya melakukan double cleansing agar residu dari riasan wajah kalian bisa bersih sempurna.

Ilustrasi pengaplikasian obat jerawat. (Special)

Selanjutnya, aplikasikan obat khusus jerawat. Obat tersebut biasanya bebentuk gel. Pilih produk dengan kandungan aktif yang dapat mengatasi jerawat, seperti adapalene, salicylic acid, benzoil peroxide, dan niacinamide. Pemilihan kandungan yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah Ladies masing-masing, ya!

Terakhir, gunakan pelembap. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kulit kalian perlu hidrasi! Untuk itu, jangan pernah absen untuk aplikasikan pelembap. Untuk pengaplikasiannya, tunggu beberapa menit sampai kira-kira obat jerawat yang sebelumnya kalian pakai sudah meresap sempurna.

Itu dia tips untuk kalian yang malas menggunakan terlalu banyak rangkaian produk skincare untuk atasi jerawat. Kalian cuma perlu 4 produk untuk hempas jerawat. Simple 'kan, Ladies?