Jangan Asal Checkout, Ikuti 6 Tips Belanja Baju Online agar Sesuai Harapan

Minggu, 19 Desember 2021 | 11:00:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Jangan Asal Checkout, Ikuti 6 Tips Belanja Baju Online Agar Sesuai Harapan

Ilustrasi belanja online. (Special)

Ladiestory.id - Belanja baju kini semakin mudah dengan menjamurnya toko online. Memilih baju incaran kini bisa dilakukan hanya dengan ujung jari.

Tips Belanja Baju Online

Proses pembayarannya pun juga simpel, cukup lewat transfer bank atau menggunakan uang elektronik. Namun, kesulitan dalam belanja baju secara online adalah memilih ukuran yang tepat karena kita tidak bisa mencoba langsung di tokonya. Atau, bentuk baju yang mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi saat melihatnya di toko online. Agar Kamu bisa belanja baju online tanpa rasa sesal, yuk terapkan 6 tips belanja baju online ini!

1. Ketahui Ukuran Baju yang Tepat

belanja baju online
Ilustrasi memilih ukuran baju yang tepat. (hindustantimes.com)

Mengetahui ukuran baju yang tepat menjadi salah satu tantangan membeli baju secara online karena ukuran baju bisa sangat bervariasi tergantung dari brand-nya. Lebih lanjut, Kamu pun tidak berkesempatan untuk mencoba baju tersebut secara langsung seperti di toko fisik.

Untuk menyiasatinya, cobalah berdiri di depan cermin dan mengukur bagian tubuh, seperti lingkar dada, pinggang, dan pinggul. Intinya, pastikan Kamu mengetahui ukuran baju yang pas untukmu dan jangan lupa untuk mencocokkan ukuran baju dengan size chart brand baju incaran dan fitnya.

2. Melihat Size Chart

Selanjutnya setelah mengukur tubuh, cocokkan ukuran tubuh dengan size chart dari merek baju favoritmu. Size chart setiap merek baju sangat beragam. Melihat size chart dapat membantu Kamu menentukan ukuran baju yang pas dengan tubuhmu.

3. Membaca Review dari Pembeli Lain

belanja baju online
Ilustrasi membaca review sebelum belanja online. (Special)

Review dari pembeli lain bisa menjadi informasi yang berharga saat Kamu hendak membeli baju online karena bisa memberikan Kamu gambaran yang nyata seputar pakaian incaran Kamu. Carilah ulasan yang membahas seputar size, fit, dan kualitas material pakaian yang Kamu ingin beli untuk mendapatkan gambaran akurat. Apakah Kamu perlu membeli pakaian dengan ukuran yang sesuai atau perlu menaikkan ukuran atau malah menurunkannya?

4. Riset tentang Material Kain yang Digunakan

Berikutnya, unsur yang paling penting saat membeli baju secara online adalah material kain yang digunakan. Jadi pastikan Kamu mencari tahu tentang material kain yang dipakai dalam pakaian yang Kamu ingin beli. Sulit juga untuk membayangkan tekstur dan fitnya jika hanya dilihat melalui gambar saja.

Kamu bisa mencari detail soal material kain via internet atau mencoba koleksi pakaian di lemarimu untuk mengetahui bahan pakaian mana yang membuatmu nyaman atau tidak nyaman. Jadikan itu sebagai referensi saat Kamu akan membeli baju secara online.

5. Cermat Memilih Diskon dan Cashback

belanja baju online
Ilustrasi belanja online saat diskon. (Special)

Saat tanggal cantik atau event tertentu, biasanya toko baju online mengadakan promo berupa potongan harga atau cashback. Cermatilah promo diskon dan cashback yang diadakan oleh toko langganan Kamu. Bahkan ada beberapa influencer yang punya kode diskon afiliasi yang bisa Kamu manfaatkan untuk mendapatkan penawaran terbaik saat membeli baju secara online.

Kamu pun bisa menyalakan notifikasi untuk mengetahui promo-promo yang beredar di e-commerce langganan Kamu. Namun, pastikan Kamu menggunakan diskon ini untuk membeli baju yang Kamu butuhkan dan jangan jadi kalap mata membeli semuanya namun malah tidak terpakai.

6. Perhatikan Kebijakan Pengembalian Barang

Saat membeli baju secara online, jangan lupa juga cek kebijakan pengembalian barang yang diterapkan toko online. Hal ini penting jika sewaktu-waktu baju yang Kamu beli tidak sesuai dengan keinginan. Yang perlu diperhatikan dari kebijakan pengembalian barang adalah tenggat waktu untuk mengembalikan barang, kemudian apakah barang dikembalikan dalam bentuk uang atau penggantian barang.