4 Tips Biasakan Anak untuk Belajar Tidak Manja

Selasa, 14 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

4 Tips Biasakan Anak Untuk Belajar Tidak Manja

Mendidik Anak (Special)

Ladiestory.id - Anak sebaiknya dididik agar mandiri sejak dini. Hal ini bertujuan si buah hati dapat memiliki rasa tanggung jawab, mampu memecahkan masalah, dan dapat mengurus dirinya sendiri.

Namun pada prakteknya, orang tua masih sering luput untuk menarapkan pola didik mandiri kepada anak dan malah lebih memanjakan si kecil dengan dalih untuk membuat anaknya senang. Membuat anak senang memang tidak salah, tetapi terkadang sikap itu justru dilakukan secara berlebihan dan akhirnya jadi bumerang untuk orang tua.

Sifat manja yang ditimbulkan oleh cara didik orang tua ini akhirnya berdampak buruk pada anak. Anak menjadi tidak mengenal konsep dan sikap tanggung jawab, malas, tidak termotivasi, dan mudah marah apabila apa yang diinginkan tidak dapat ia capai.

Untuk itu, sebagai orang tua perlu menyadari pentingnya mulai membiasakan anak untuk mandiri. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam mendidik anak supaya tidak manja.

Konsisten

Ilustrasi orang tua marah kepada anak. (Special)

Ketika anak meminta sesuatu, orang tua harus konsisten dengan jawaban yang ia berikan atas permintaan tersebut. Jika orang tua sudah mengatakan tidak, maka orang tua harus tetap teguh pada pendiriannya itu. Sehingga, anak akan paham bahwa apa yang diucapkan oleh orang tua adalah final dan tak dapat diganggu gugat.

Jika orang tua tidak konsisten dengan keputusannya, misalnya ketika anak merengek lalu mereka menjadi luluh, maka sang anak akan berpikir bahwa merengek adalah jurus yang ampuh untuk mengubah jawaban orang tua. Akhirnya, ia menjadikan rengekannya sebagai senjata andalan untuk mendapatkan yang ia inginkan.

Biarkan Anak Berusaha Sendiri

Tips didik anak (Special)

Orang tua harus mengetahui bahwa semua hal yang dilakukan anak tidak harus mendapatkan bantuan dari orang tua. Misalnya, dalam hal memilih pakaian, membereskan mainan, hingga makan. Dengan menerapkan hal ini, anak memiliki rasa tanggung jawab akan dirinya sendiri dan belajar untuk mengambil keputusan yang tepat bagi dirinya sendiri.

Beri Pengertian

Ilustrasi orang tua mengedukasi bahaya narkoba pada anak. (Shutterstock)

Pada saat permintaan anak tak dituruti, biasanya anak akan jengkel dan melancarkan aksi tantrum. Hal ini tidak baik jika terus dibiasakan. Langkah yang tepat ketika anak mulai jengkel seperti itu adalah dengan memberikannya pengertian. Sampaikan alasan logis kenapa anak tidak boleh mendapat apa yang ia mau. Berikan analogi yang mudah dipahami agar anak mengerti konsep menerima.

Beri Pujian

Tips didik anak (Special)

Setiap anak menunjukkan respon baik terhadap cara orang tua yang mendidik mereka secara mandiri, jangan lupa untuk selalu brika pujian. Anak akan merasa senang jika mereka mendapat pujian, sehingga ia akan lebih termotivasi untuk menanamkan perilaku mandiri dalam kesehariannya.

s