6 Tips Catok Rambut agar Tahan Lama Seharian

Kamis, 24 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tips Catok Rambut Agar Tahan Lama Seharian

ilustrasi menggunakan catok. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh para wanita untuk mempercantik penampilan rambut adalah dengan mencatok rambut. Mencatok rambut baik lurus maupun curly memang menjadi aktivitas penting sebelum melakukan kegiatan di luar rumah.

Tak hanya makeup, rambut yang rapi dan stylish tentunya akan membuat lebih percaya diri. Namun, walaupun sudah mencatok rambut berjam-jam, hasilnya pun bisa berubah bahkan tidak awet dan mudah kembali seperti semula. Nah, bagi kamu yang mengalami masalah ini, lakukan 6 tips mencatok rambut agar hasilnya lebih tahan lama seharian.

Pastikan Rambut Bersih dan Tak Berminyak

Ilustrasi rambut .(Special)

Ladies, salah satu tips mencatok rambut yang pertama ialah pastikan terlebih dahulu jika kondisi rambutmu sudah bersih dan tidak berminyak. Kondisi ini akan membuat hasil catokanmu lebih tahan lama. Karena kondisi rambut yang berminyak akan membuat tampilan rambut menjadi lepek dan hasil catokan kurang baik.

Pastikan Rambut dalam Kondisi Kering

Ilustrasi rambut sehat. (Special)

Ladies, salah satu hal yang bisa membuat kondisi catokanmu tidak tahan lama adalah karena mencatok rambut dalam kondisi masih setengah basah. Jika hal ini sering dilakukan, maka akan membuat kondisi rambutmu semakin rusak. Kondisi rambut yang basah dan lembap akan membuat rambut menjadi lemas ketika kamu ingin membuat tampilan curly lebih lama.

Selain itu, air yang masih tersisa dirambut setelah keramas yang terkena suhu panas dari catokan akan menguap dan oksigen tersebut terperangkap pada batang rambut, sehingga dapat menimbulkan masalah rambut, yakni patah, kering, bahkan bercabang. Nah, lebih baik mencatok rambut saat kondisinya sudah kering ya, Ladies.

Gunakan Heat Protection

Ilustrasi heat protection. (Special)

Tips selanjutnya yang tidak boleh kamu lupakan ialah menggunakan heat protection. Heat protection ini wajib digunakan sebelum mencatok rambut untuk menghindari kerusakan rambut akibat suhu panas dari alat catokan rambut. Gunakan heat protection secukupnya agar hasil catokan dapat lebih maksimal.

Hindari penggunaan heat protection yang berlebihan karena dapat membuat rambut menjadi lebih lepek, basah, dan berminyak.  Aplikasikan sesuai dengan pemakaian produknya, baik itu dimulai dari akar rambut, tengah rambut, hingga ke ujung rambut.

Bagi Rambut Beberapa Bagian

ilustrasi rambut. (Special)

Sebelum mencatok rambut, tips selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah membagi rambut ke dalam beberapa bagian, apalagi jika kamu memiliki rambut yang tebal dan panjang.

Hal tersebut akan membuatmu memerlukan waktu yang cukup lama saat mencatok. Kamu pun bisa mencatok rambut menjadi beberapa bagian dan mulailah mencatok rambut dari akar hingga ujung rambut.

Pilih Suhu yang Tepat Saat Mencatok

Ilustrasi Perawatan Rambut dengan Catokan. (Special)

Ladies, sebaiknya jangan mencatok rambut dengan suhu lebih dari 160 derajat. Hal ini dapat mengurangi kelembapan rambut, sehingga dapat merusak rambut menjadi rontok, kasar, hingga sulit diatur.

Penggunaan suhu yang rendah saat mencatok juga membuat hasil catokan kurang optimal. Maka dari itu, kamu bisa menyesuaikan penggunaan suhu yang tepat dari alat catokan rambutmu agar hasilnya tetap tahan lama.

Kunci Hasil Akhir Catokan

Ilustrasi Mengikat Rambut. (Special)

Agar hasil catokan rambutmu tetap awet dan tahan seharian, tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunci hasil akhir catokan rambutmu, khsusnya bagi kamu yang meng-curlying ataupun waving rambut.

Supaya hasil catokanmu tetap terlihat memesona, kamu bisa menggunakan penjepit rambut atau jedai maupun hairdrying sebelum melepaskan kuncian rambutmu.