5 Tips dan Cara Mudah Potong Rambut Sendiri

Kamis, 9 Desember 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Tips Dan Cara Mudah Potong Rambut Sendiri

Foto: ilustrasi potong rambut (spesial)

Ladiestory.id - Ingin merapikan rambut tetapi enggan ke salon? Solusinya adalah dengan memotong rambut sendiri.

Jika ini pertama kalinya, kamu mungkin akan merasa  ragu untuk melakukannya sendiri. Namun, jangan khawatir kamu bisa mengikuti beberapa tips untuk memotong rambut sendiri, dijamin anti gagal.

5 Tips Memotong Rambut Sendiri

Foto: ilustrasi potong rambut (spesial)

Kamu bisa mendapatkan hasil potongan rambut sesuai dengan keinginan kamu tanpa perlu ribet datang ke salon. Penasaran? Simak beberapa tips berikut ini:

1. Siapkan Gunting yang Tepat

Bahan pertama yang wajib dipersiapkan adalah gunting. Pilihlah gunting yang tepat sesuai jenis rambut, pastikan tidak terlalu besar dan berukuran langsing memanjang, agar kamu mudah menggunakannya.

Hindari memakai gunting kertas atau gunting tumpul karena akan membuat proses memotong lama dan hasil potongan rambut tidak rapi.

2. Siapkan Pelindung Pakaian

Sebelum memotong rambut sendiri, kamu bisa mempersiapkan kain pelindung agar pakaian dan tubuhmu tidak terkena potongan rambut. Jika kamu tidak memiliki kain yang lebar, kamu juga bisa menggunakan koran, atau plastik besar.

3. Potong Rambut Dalam Keadaan Basah

Pastikan kamu mencuci dulu rambut dengan menggunakan sampo, agar rambut bersih dan terbebas dari kotoran yang menempel. Para ahli juga menyarankan untuk memotong rambut dalam keadaan basah atau lembab agar memperoleh potongan yang rapi.

4. Tentukan Panjang Rambut yang Akan Dipotong

Cara selanjutnya adalah menentukan panjang rambut yang akan kamu potong. Selain bertujuan agar rambut tumbuh lebih sehat, pastikan kamu memilih model rambut yang sesuai dengan bentuk wajah yang kamu miliki.

5. Potong Rambut Sesuai Dengan Jenisnya

Memotong rambut memiliki teknik cara yang berbeda-beda disesuaikan dengan jenis rambut yang kamu miliki. Lalu bagaimana caranya? Berikut teknik memotong rambut sesuai dengan jenis rambut.

Foto: ilustrasi potong rambut (spesial)
  • Rambut Panjang

Kamu bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian. Tentukan bagian rambut yang akan kamu potong terlebih dahulu. Lalu kamu bisa menjepit rambut lainnya agar tidak menghalangi.

Gunakan sisir bergigi untuk meluruskan rambutmu sehingga kamu mudah untuk memotongnya. Potong  rambut sesuai keinginan kamu.

  • Rambut Pendek

Pisahkan rambut menjadi dua bagian, bagian bawah untuk dipotong pertama sedangkan bagian atas bisa kamu jepit dulu agar tidak menghalangi.

Potong rambutmu mulai dari samping sesuai yang kamu inginkan. Ambil kaca yang lebih kecil untuk melihat potongan rambut bagian belakang. Ulangi kembali proses menggunting rambut untuk merapikan ujung rambutmu.

  • Rambut Keriting

Jika kamu memiliki rambut keriting alangkah baiknya kamu meluruskan dengan flat iron sebelum memotong agar mendapatkan hasil yang lebih rapi.

Foto: ilustrasi potong rambut (spesial)

 

Namun, jika kamu tidak memiliki flat iron, kamu bisa coba trim rambutmu. Langkah pertama kamu bisa memisahkan rambut seperti langkah sebelumnya, kemudian kamu bisa melakukan trimming per gelombang. Potong dengan arah miring agar ujung rambut terlihat pointed.

  • Rambut Bergelombang

Masih menggunakan langkah awal yang sama yaitu pisahkan rambut perbagian. Ambil bagian rambut yang akan dipotong, pegang rambut diantara jari tengah dan telunjuk. Potong dalam bagian kecil-kecil sebelum memotong ujungnya, selesaikan secara bertahap.