Tips Jitu Pilih Produk Double Cleansing Sesuai dengan Jenis Kulit

Rabu, 1 Maret 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tips Jitu Pilih Produk Double Cleansing Sesuai Dengan Jenis Kulit

Ilustrasi double cleansing. (Special)

Ladiestory.id - Membersihkan wajah agar hasilnya optimal tak cukup dilakukan sekali bilas setiap harinya, namun kamu pun dapat melakukan metode double cleansing yang bertujuan untuk mengangkat kotoran, sisa makeup, serta polusi dan debu yang masih menempel dipermukaan dan pori-pori kulit.

Sesuai dengan namanya, metode double cleansing yakni teknik membersihkan wajah secara dua tahap menggunakan jenis cleanser yang berbeda. Tahap pertama dapat menggunakan based cleanser, sedangkan tahap kedua dapat menggunakan face wash. 

Nah, supaya lebih jelas dan tidak salah pilih produk, berikut ini tips jitu memilih produk double cleansing sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu. Simak yuk!

Kulit Normal

Ilustrasi memakai milk cleanser. (Special)

Ladies, bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal atau kulit kombinasi maka sebaiknya kamu dapat memilih produk double cleansing yang mampu menjaga keseimbangan kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta menyeimbangkan rona warna pada kulit wajah.

Kamu bisa memilih produk yang mengandung oil based cleanser dan ceramide yang dapat menutrisi dan melembapkan kulit wajahmu. Sementara itu, untuk cleanser kedua, kamu bisa memilih jenis produk cleanser yang berbentuk foam untuk membantu mengangkat residu.

Pilihlah produk yang mengandung pH balancing agar kulit tetap bersih, sehat dan lembap serta warna kulit tetap merata.

Kulit Kering

Ilustrasi cara atasi jerawat di kulit kering. (Special)

Bagi kamu si pemilik kulit kering, kamu dapat memilih jenis pembersih wajah yang dapat melembapkan kulit sekaligus menghidrasi kulit kelapisan terdalamnya, misalnya jenis cleansing balm. Kamu pun dapat memilih kandungan produk seperti coconut oil, aloe vera, maupun shea butter untuk membantu mengembalikan kondisi kelembapan kulit.

Nah, untuk second cleanser pun kamu juga bisa memilih jenis produk yang dilengkapi dengan kandungan dan formula seperti anti-aging, green tea, vitamin C maupun hyaluronic acid yang dapat membantu mengunci kelembapan pada kulit wajah.

Kulit Berminyak

Ilustrasi wajah berminyak. (Special)

Selanjutnya apabila kamu memiliki jenis kulit berminyak, alangkah lebih baiknya kamu dapat memilih jenis cleansing oil sebagai cleanser utamamu. 

Cleansing oil ini dipercaya ampuh untuk mengangkat sisa-sisa kotoran akibat debu, polusi, makeup, serta sebum yang masih menempel di wajah. Nah, saat menggunakan cleansing oil ini pastikan terlebih dahulu jika wajahmu dalam kondisi kering.

Selanjutnya untuk tahap kedua, kamu bisa menggunakan produk pembersih wajah dengan formula gel atau clay cleanser yang dapat memberi efek rileks dan lembut bagi kulit. Walaupun kondisi kulitmu berminyak, kamu pun bisa menjaga kelembapan dan hidrasi kulitmu agar tetap optimal, Ladies.

Kulit Sensitif

Ilustrasi menggunakan micellar water. (Special)

Kulit sensitif rentan mengalami masalah kulit iritasi hingga peradangan, maka dari itu kamu pun harus cermat memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit sensitif ini. Bagi kamu si pemilik kulit sensitif, kamu dapat memilih produk pembersih seperti cleansing oil yang dapat membuat kulitmu menjadi lebih halus dan lembut.

Selain itu, kamu dapat memilih produk yang mengandung anti okisdan serta anti inflamasi seperti aloe vera, glycolic acid, green tea, maupun vitamin E.

Sedangkan untuk produk pembersih wajah selanjutnya, kamu bisa memilih produk yang bersifat hypoallergenicparaben-free, soap free, hingga fragrance-free. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko kulit iritasi maupun peradangan bagi kulit sensitif.

Kulit Acne Prone

Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Special)

Bagi kamu yang memiliki masalh kulit berjerawat atau acne prone, kamu pun bisa memilih jenis pembersih wajah dengan formula yang ringan dan lembut. Selain itu, kamu bisa memilih jenis cleanser dengan kandungan anti-inflamasi seperti vitamin E dan glycolic acid. Pilihlah cleanser dengan bahan dasar minyak atau balm.

Nah, Ladies itulah beberapa tips jitu memilih produk double cleansing sesuai dengan tahapan pemakaian dan jenis kulitmu. Sebaiknya sebelum kamu membeli produk double cleanser kamu harus memahami dan mencari tahu kandungan yang cocok dengan jenis kulitmu, ya.