6 Tips Mencukur Bulu Ketiak agar Tidak Mudah Iritasi dan Sebabkan Razor Burn

Rabu, 3 November 2021 | 07:27:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

6 Tips Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Mudah Iritasi Dan Sebabkan Razor Burn

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Mencukur bulu ketiak memang memberi kesan bersih dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun hal ini kadang menimbulkan masalah baru seperti iritasi hingga ketiak hitam.

Oleh sebab itu, sebagian wanita lebih memilih waxing untuk menghilangkan bulu pada ketiak mereka. Cara ini dinilai efektif meski harus merogoh kocek yang cukup dalam. 

Lantas ada nggak sih cara mencukur bulu ketiak tanpa meninggalkan luka iritasi, tanpa membuat ketiak hitam dan tanpa harus waxing? Ada kok, kamu bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah.

Cara mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Benar 

Untuk kamu yang ingin mencukur bulu ketiak sendiri di rumah, berikut beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan: 

1. Pilih Pisau Cukur yang Tepat

mencukur bulu ketiak
Foto: Ladiestory.id

Pilih pisau cukur yang tajam namun bukan untuk sekali pakai. Pilih pisau yang memiliki satu atau dua lapisan pisau dan yang tidak mengandung gel, karena ini akan membuat lapisan kulit ketiak kamu terkelupas hingga iritasi.

2. Buat Jadwal Cukur

Bercukur dalam keadaan terburu-buru akan membuat lapisan kulit ketiak mudah luka dan iritasi. Untuk itu, kamu perlu mengatur jadwal cukur yang tepat dan usahakan untuk dilakukan saat malam hari. 

Mencukur bulu ketiak saat malam hari akan membuat proses penyembuhan luka akibat pisau cukur menjadi jauh lebih cepat. Atau jika tidak, lakukan saat sedang mandi agar lapisan  kulit ketiak tetap terhidrasi. 

3. Lakukan Eksfoliasi 

Sebelum memutuskan untuk mencukur bulu ketiak dengan pisau cukur ada baiknya lakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan keringat, bakteri dan debu yang menempel pada kulit ketiak. 

Anda dapat menggunakan produk scrub tubuh atau bisa juga menggunakan sabun mandi. Lakukan secara perlahan dan jangan eksfoliasi terlalu kencang. 

4. Basahi dan Bersihkan Kulit Ketiak 

Setelah proses eksfoliasi selesai, langkah selanjutnya adalah membasahi kulit ketiak dengan air hangat dan sabun mandi. Air hangat terbukti dapat membuat lapisan kulit lebih rileks, lembut serta dapat membuka lapisan pori-pori. Dengan demikian, kulit akan jauh lebih siap menerima gesekan dari pisau cukur yang kamu gunakan.

Untuk kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya gunakan sabun mandi yang berbahan lembut. Sabun disini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mengangkat minyak dan kotoran sehingga meminimalisir terjadinya infeksi dan iritasi kulit.  

5. Gunakan Shaving Gel atau Shaving Cream 

mencukur bulu ketiak
Foto: Ladiestory.id

Untuk menghindari iritasi sebaiknya gunakan pelembab seperti shaving gel atau shaving cream. Kedua produk ini sangat berfungsi untuk melembabkan kulit ketiak serta mengurangi tekanan saat proses cukur. 

Oleskan krim atau gel ke arah atas agar helai-helai rambut menjauh dari kulit. Cara ini akan membuat hasil cukur lebih bersih karena pisau cukur bisa menjangkau pangkal rambut.

6. Arahkan Pisau ke Arah yang Tepat 

mencukur bulu ketiak
Foto: Ladiestory.id

Setelah semua persiapan diatas telah kamu lakukan, kini saatnya menghilangkan bulu pada ketiak kamu. Karena bulu ketiak kita tumbuh ke berbagai arah maka cara mencukur bulu ketiak jauh beda dengan cara mencukur bulu kaki. 

Usahakan untuk mengikuti arah tumbuhnya rambut guna menghindari razor burn atau luka. Jangan tekan pisau cukur terlalu keras namun juga jangan terlalu lembut. 

Setelah mencukur bulu ketiak selesai, segera bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang bersih. Setelah beberapa jam berlalu, jangan gunakan deodoran dan produk antiperspirant untuk menghindari iritasi pada kulit ketiak.

Kamu juga dapat mengenakan jenis pakaian yang longgar untuk menghindari kemerahan atau iritasi setelah mencukur bulu ketiak. 

Bagaimana, cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat.