Tips Mengatasi Tangan Gemetar Saat Memakai Riasan Mata 

Selasa, 16 Maret 2021 | 00:47:23

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Tips Mengatasi Tangan Gemetar Saat Memakai Riasan Mata 

Tangan yang gemetar kerap menjadi gangguan dalam merias wajah. Tangan gemetar sering kali terjadi ketika merias mata seperti mengaplikasikan eyeliner, menggambar alias, hingga memakai eyeshadow

Tangan bergetar saat merias disebabkan berbagai faktor, di antaranya rasa gugup akibat takut melakukan kesalahan, kondisi kesehatan tertentu seperti kerusakan sistem saraf, hingga efek samping pengobatan tertentu. 

Meski begitu, kondisi ini tidak seharusnya menghilangkan kecintaan kamu terhadap makeup, bahkan berhenti merias wajah. Dengan tips dan trik yang tepat, kondisi tangan bergetar dapat diatasi. Nah, berikut ini para ahli penata rias memberikan tips mengatasi tangan bergetar saat merias mata dikutip dari Allure

Tempat Rias yang Mendukung 

Tempat rias menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan agar tangan tak bergetar. Penata rias dan pendiri Guide Beauty, Terri Bryant, menyarankan menyiapkan tempat rias yang tepat dengan tempat duduk yang nyaman serta cermin cukup dekat. 

"Jadi, posisi duduk menjadi tidak tegang dan memiliki cukup waktu sehingga tidak merasa stres atau terburu-buru saat merias," kata Terri yang juga mengidap penyakit Parkinson. 

Cara lain, melakukan riasan di meja berukuran besar. Cobalah duduk dan merias wajah di sana menggunakan cermin besar. "Saya hampir selalu menyangga siku di atas meja untuk memberi tangan saya lebih banyak dukungan," ucap influencer kecantikan dan penulis Alle Connell. 

Desain Mudah Digenggam 

Tangan yang bergetar membuat kesulitan dalam membuka dan memegang produk makeup, terlebih dalam waktu lama. Untuk mengatasinya, pilih produk dengan desain kemasan yang ramah digenggam. 

Lainie Ishbia, penulis dan pembicara tentang disabilitas, yang juga terlahir dengan kelainan saraf, menyarankan mencari produk dengan kemasan lebih besar dan lebih berat yang bisa dibuka tanpa banyak tenaga. 

Ia meminta menghindari palet eyeshadow yang ramping, berukuran kecil, dan satu palet karena membutuhkan banyak tenaga untuk membukanya. "Ukuran yang cukup berat membuat Anda tidak menjatuhkannya karena ada bobotnya, bisa diletakkan di meja, dibuka dengan satu tangan," katanya. 

Lakukan Riasan Mata Terlebih Dulu 

Riasan mata menjadi bagian wajah yang paling memakan waktu dibanding lainnya. Karena itu, mulailah melakukan riasan mata lebih dulu. Selain tangan masih dalam kondisi segar, menghindari tangan kelelahan yang dapat membuat makin bergemetar lantaran terlalu lama merias. 

Ubah Produk 

Ubah produk-produk makeup mata yang kamu miliki dengan produk yang lebih ramah dipegang atau genggam. Jika tidak ingin membeli produk baru, kamu bisa memodifikasinya dengan memberi pegangan yang lebih baik. 

"Saya memakaikan karet gelang di ujung kuas makeup karena dapat menciptakan sedikit tekstur untuk pegangan dan membantu saya menahannya," ujar Ishbia.