Fashion Nyentrik Asal Jepang, 5 Tips Mix and Match ala Harajuku Style

Senin, 18 Juli 2022 | 19:30:00

Ghina Nafisah

Penulis : Ghina Nafisah

Fashion Nyentrik Asal Jepang, 5 Tips Mix And Match Ala Harajuku Style

Harajuku Style. (Special)

Ladiestory.id - Untuk kamu para pecinta negara Jepang, pasti tahu gaya fashion yang satu ini. Berasal dari daerah distrik Harajuku di Shibuya, kota Tokyo, Jepang, Harajuku Style memiliki ciri khas, yaitu gaya berpakaian yang unik dan juga nyentrik.

Gaya ini dipopulerkan oleh para anak muda yang senang berkumpul di daerah Harajuku tersebut dengan menggunakan pakaian nyentrik. Sejak 1980-an, gaya Harajuku terus berkembang dan menjadi salah satu ciri khas fashion di negara Jepang hingga sekarang.

Harajuku Style sendiri menjadi wadah bagi para anak muda Jepang untuk bebas mengekspresikan gaya berpakaian mereka, dari yang colorful dan kawai seperti boneka, sampai berpakaian serba gelap yang gothic ala grunge style. Tak lupa, Harajuku Style juga identik dengan menggunakan aksesori yang terkesan heboh dan tidak biasa.

Selain mengekspresikan gaya berpakaian, Harajuku Style juga mengekspresikannya lewat gaya rambut dan riasan wajah (makeup) mereka. Kebayakan dari para anak muda tersebut akan mengecat warna rambut dan memakai makeup yang sesuai tema fashion mereka.

Jika ingin mengikuti cara bepakaian ala Harajuku Style, kamu harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Pasalnya, gaya ini mengharuskan kamu untuk tampil nyentrik dan all out secara keseluruhan. Sebab itu, style ini selalu menjadi pusat perhatian bagi siapa saja yang melihatnya.

Berikut beberapa tips mix and match yang bisa coba untuk membuat Harajuku Style.

Permainan warna

5 tips mix and match ala Harajuku Style. (Special)

Tips pertama yaitu permainan warna. Kamu bisa mencoba mix and match pakaian dengan warna sesukamu. Tapi perlu diingat, Harajuku Style identik dengan warna-warna cerah ya. Kamu bisa menggunakan baju berlapis agar menambah banyak varian warna dalam ootd kamu. Jangan lupa untuk mengecat rambutmu agar semakin terlihat colorful.    

Campuran Motif

5 Tips Mix and Match ala Harajuku Style. (Special)

Selain permainan warna, kamu juga bisa mencampurkan berbagai motif kedalam ootd-mu. Contohnya, kamu bisa menggunakan motif berbeda di setiap pakaianmu, seperti baju, celana/rok, sampai jaket. Namun, kamu perlu menggunakan aksesori tanpa motif agar menetralkan outfit-mu yang penuh motif tersebut, seperti penggunaan tas dan sepatu.

Fashion DIY

5 Tips Mix and Match ala Harajuku Style. (Special)

Tips selanjutnya ada Fashion DIY. Tak selalu harus menggunakan pakaian branded untuk mengikuti Harajuku Style, karena dengan kamu membuat fashion DIY akan lebih ringan budget dan bisa dikreasikan sesuka mu. Tentunya ootd-mu akan terlihat stylish banget. Contohnya, bisa dengan mengkreasikan celana jeans dengan potongan unik, membuat outer dari campuran berbagai bahan sampai melakukan tie dye pada pakaian mu.

Pakaian Serba Hitam

5 Tips Mix and Match ala Harajuku Style. (Special)

Untuk kamu yang tidak suka mengenakan pakaian berwarna-warni, kamu tetap bisa bergaya ala Harajuku Style, yakni dengan mengenakan pakaian serba hitam. Tips-nya adalah agar tidak terlihat monoton, kamu bisa mengenakan pakaian hitam yang memiliki aksen unik. Seperti potongan baju yang sangat oversize, asimetris, atau memiliki detail yang tidak biasa. Kamu juga bisa mencoba ala grunge style yang tampil dengan gaya punk.

Hairstyle dan Aksesori

5 Tips Mix and Match ala Harajuku Style. (Special)

Dan tips yang terakhir untuk mengikuti Harajuku Style adalah dengan makeover penampilan rambutmu juga pemakaian aksesori yang nyentrik. Kamu bisa mengecat atau memakai rambut palsu (wig), kemudian dibuat dengan hairstyle yang unik. Jangan lupa untuk gunakan aksesori, agar penampilanmu semakin menarik perhatian. Seperti sepatu platform, gelang warna-warni, tas bentuk unik, sampai penggunaan jepitan atau ikat rambut.

Itulah tadi 5 tips mix and match ala Harajuku Style yang bisa kamu coba, semoga bermanfaat.