5 Tips Mudah Pilih Lotion Khusus Kulit Sensitif

Rabu, 4 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Mudah Pilih Lotion Khusus Kulit Sensitif

Ilustrasi menggunakan lotion. (Special)

Ladiestory.id - Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang memerlukan perawatan. Tak hanya wajah, kulit juga merupakan aset yang penting bagi manusia. Namun, beberapa kulit memiliki jenis yang berbeda. Salah satunya yaitu kulit sensitif yang memerlukan perawatan khusus. Perawatan kulit sensitif sangat lekat dengan penggunaan lotion yang tepat. Sebab, lotion dapat membantu kulit menjadi lembab, sehat dan terawat.

Jenis kulit sensitif sendiri biasanya ditandai dengan adanya ruam, gatal, hingga kemerahan. Bagi kamu yang mengalami kulit sensitif dan cukup kesulitan memilih lotion yang tepat, kamu perlu mengetahui lima tips mudah berikut ini.

Pilih Produk yang Mengandung Bahan-Bahan Alami

Ilustrasi lotion. (Special) 

Tips pertama yang perlu diperhatikan pemilik kulit sensitif saat memilih lotion yaitu kandungannya. Kamu dapat mengutamakan memilih produk yang mengandung bahan-bahan alami. Sebab, bahan alami cenderung lebih ringan bagi kulit. Salah satu kandungan lotion yang bagus untuk kulit sensitif yaitu gliserin yang dapat dengan mudah ditemukan di bahan-bahan alami.

Beberapa di antaranya seperti, kelapa, soybean, palm oil, hingga madu. Selain melembapkan, gliserin juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, melembapkan lapisan luar kulit, hingga mencegah terjadinya kulit kering. 

Pastikan Produk Aman Bagi Seluruh Tubuh

Ilustrasi lotion. (Special)

Area kulit sensitif biasanya lebih tipis dan mudah bereaksi pada kandungan lotion tertentu, terutama yang mengandung zat adiktif. Beberapa kandungan berbahaya pada lotion, yakni seperti Triethanolamine, Diethyl Phthalate, DMD Hydantoin, hingga Butylated Hydroxyanisole (BHA). Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pastikan mengecek kandungan pada lotion yang akan kamu pilih dan beli.

Tak hanya itu, kamu juga perlu memeriksa konsistensi dan tekstur dari lotion pilihanmu. Apabila memiliki komposisi yang sedikit tentu membuat lebih terasa ringan. Namun, kurang memberikan manfaat secara maksimal.

Utamakan Produk yang Memiliki Kandungan Pelembap

Ilustrasi lotion. (Special)

Pemilik kulit sensitif tentu tak lepas dari kondisi kering. Oleh karena itu, kamu perlu memilih lotion yang memiliki kandungan pelembap. Sebab, kelembapan pada kulit perlu dijaga untuk terhindar dari kering maupun pecah-pecah. Selain itu, kulit akan terhidrasi dengan baik.

Nah, beberapa komposisi bahan pelembap yang baik untuk kulit seperti collagen, hyaluronic acid, glycerin, vitamin E, propylene glycol, hingga ceramide. Bahan-bahan tersebut dinilai efektif dalam memberikan efek lembap pada kulit dalam waktu yang lama. Produsen lotion biasanya telah melengkapi bahan tersebut dengan mannitol supaya terikat dan mengunci kelembapan pada kulit dengan baik. 

Dapat Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Ilustrasi lotion. (Special) 

Tak hanya memberikan kelembapan pada kulit, lotion untuk kulit sensitif juga perlu membantu melindungi dari paparan sinar matahari. Kamu dapat memiliki lotion yang memiliki kandungan SPF dan PA. Hal ini akan membantu kamu ketika beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Sebab, ketika mengaplikasikan lotion yang memiliki formula UV Protector akan membuatmu terlindungi. Selain itu, nilai dari SPF/PA dapat bertindak sebagai alternatif tabir surya. Sehingga, kamu tak perlu mengolesnya terus menerus. 

Telah Terdaftar BPOM

Ilustrasi produk perawatan kulit. (Special)

Salah satu tips yang tak kalah penting juga yaitu pastikan produk yang kamu pilih telah terdaftar di BPOM. Sebab, produk yang telah terdaftar dan memiliki izin edar lebih aman digunakan untuk kulit kamu. Sehingga, selain mendapatkan kulit yang sehat dan terawat, kamu juga terhindar dari berbagai kontaminasi yang berbahaya. Jadi, jangan lupa Ladies selain pilih produk yang nyaman, kamu juga perlu yang aman ya!