Tampil Maksimal, Ini 5 Tips Pakai Cushion untuk Kulit Kombinasi

Rabu, 30 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tampil Maksimal, Ini 5 Tips Pakai Cushion Untuk Kulit Kombinasi

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan cushion. (Special)

Ladiestory.id - Cushion saat ini menjadi salah satu beauty item yang menjadi primadona banyak orang. Tektsturnya yang lembut dan mudah menyerap di kulit wajah membuat produk ini banyak diminati.

Bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi, cushion juga bisa kamu pakai agar tampil lebih maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan pemilik kulit kombinasi dalam memakai cushion.

Sesuaikan Warna Kulit

Ilustrasi warna kulit. (Special)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengaplikasikan cushion ialah menyesuaikan dengan warna kulit. Saat ini, sudah banyak merek dan jenis cushion lokal atau internasional yang memberikan ragam pilihan shade sesuai dengan tone kulit.

Pastikan shade cushion yang kamu pilih sesuai dengan warna kulit maupun undertone. Dengan memilih shade yang tepat, tentunya akan membuat tampilan wajahmu semakin menawan.

Pilih Hasil Akhir yang Tepat

Ilustrasi cushion. (Special)

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan cushion ialah memilih hasil akhir yang tepat. Saat ini, banyak produk cushion yang menawarkan beragam hasil akhir atau finishing, seperti dewy, glow, hingga matte.

Bagi kamu si pemilik kulit kombinasi, kamu bisa memilih hasil akhir cushion yang soft matte atau dewy agar tampilan tampak lebih optimal serta memberikan tampilan rona kulit yang sehat. Kamu pun dapat memilih hasil akhir sesuai dengan kebutuhanmu, namun alangkah lebih baik kamu dapat memahami kandungan produk serta memahami hasil finishing yang tepat sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu, Ladies.

Hindari Terlalu Banyak Gunakan Pelembap

Ilustrasi perempuan menggunakan pelembap. (Special)

Agar tampilan cushion lebih mudah menyerap dan menempel di kulit, sebaiknya kamu menghindari penggunaan pelembap terlalu banyak. Pasalnya, hal ini dapat memicu terjadinya over-moisturizing dan permasalahan kulit seperti komedo dan jerawat. 

Pilih Cushion Ber-SPF

Ilustrasi cushion. (Special)

Selain teksturnya yang dikenal ringan, cushion biasanya telah dilengkapi dengan kandungan SPF, yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Pilihlah cushion yang telah mengandung SPF agar lebih praktis. Namun, tetap gunakan sunscreen sebelumnya agar kulit terlindungi dari sinar matahari secara maksimal.

Pulaskan Cushion dan Gunakan Bedak

Ilustrasi bedak. (Special)

Untuk hasil akhir yang maksimal dan tahan lama, kamu bisa memulaskan cushion dengan gerakan tap-tap ke seluruh wajah. Setelah itu, agar hasil lebih maksimal, kamu bisa menambahkan bedak tabur maupun compact powder sesuai dengan warna kulit.

Agar cushion pilihanmu tampak lebih maksimal di kulit, maka kamu dapat mengaplikasikannya menggunakan puff yang telah disediakan dalam produk. Hal ini dikarenakan aplikator puff produk cushion tersebut memiliki tekstur yang telah didesain sesuai dengan foundation itu sendiri. Setelah itu, kamu bisa menyemprotkan setting spray agar makeup lebih tahan lama.