Cegah Oksidasi, Ini 5 Tips Simpan Serum Vitamin C

Selasa, 12 Juli 2022 | 00:01:00

Cegah Oksidasi, Ini 5 Tips Simpan Serum Vitamin C

Ilustrasi perempuan pakai serum. (Special)

Ladiestory.id - Dalam melakukan perawatan kulit wajah, diperlukan produk-produk yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan, seperti serum vitamin C. Serum ini sangat penting digunakan oleh orang yang memiliki masalah pada wajah, seperti kusam dan bintik-bintik hitam.

Manfaat vitamin C untuk kulit agar dapat membentuk kolagen, menahan sekresi sebum berlebih, mencerahkan wajah dan dapat menghilangkan bekas jerawat. Jika penggunaan serum vitamin C dilakukan secara rutin, maka akan mendapatkan wajah cerah dan terawat. Namun, serum vitamin C jika disimpan terlalu lama akan mengalami perubahan warna pada cairan.

Hal ini dinamakan oksidasi, yakni tercampurnya oksigen dan udara yang mengakibatkan perubahan warna dari cerah atau bening menjadi gelap atau kuning. Oksidasi ini juga karena adanya perubahan pH dan molekul pada produk skincare yang mengandung vitamin C. 

Lantas, bagaimana cara menjaga agar serum vitamin C tidak teroksidasi? Berikut tips menyimpan produk serum vitamin C agar meminimalkan proses oksidasi.

Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari

Ilustrasi skincare. (Special)

Jika produk serum vitamin C terpapar sinar matahari, maka akan menyebabkan proses oksidasi yang lebih cepat. Untuk itu, kamu harus menjauhkan produk serum vitamin C dari paparan sinar matahari.

Simpan dalam Lemari Pendingin

Ilustrasi kulkas skincare. (Special)

Agar kandungan pada serum vitamin C tetap terjaga, simpanlah produk skincare dalam kulkas. Pasalnya, kondisi di kulkas cenderung sejuk dan minim oleh cahaya yang dapat menghambat proses oksidasi pada skincare.

Namun, perlu diingat untuk tidak meletakkan produk skincare dalam kulkas bersamaan dengan makanan. Hal ini rentan membuat produk skincare terkena bakteri dan menimbulkan bau tidak sedap.

Jangan Gunakan Wadah Transparan

Ilustrasi skincare. (Spesial)

Wadah yang bersifat transparan dapat menyebabkan oksidasi lebih cepat, terlebih jika diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari yang tinggi. Simpan produk pada wadah yang tertutup agar tidak terkena cahaya langsung yang dapat mempercepat oksidasi.

Tutup Rapat Setelah Digunakan 

Ilustrasi penggunaan serum vitamin C. (Special)

Tutup yang tidak rapat memungkinkan bakteri masuk ke dalam produk dan membuat serum lebih cepat teroksidasi. Selain itu, tutup yang tidak rapat dapat memberi celah untuk udara luar, masuk ke dalam serum. Sehingga, efektivitas kandungan di dalam serum menurun.

Letakkan Dalam Kardus 

Ilustrasi Produk Skincare Foto: bulakapak

Jika tidak memiliki wadah yang bagus dan ruang penyimanan yang rawan paparan sinar matahari, maka kamu bisa gunakan kardus serum dan tutup rapat. Cara ini dapat kamu gunakan jika ingin membawa serum keluar ruangan. Namun, pastikan tutup serum dan kardus tertutup rapat, sehingga produk tidak terpapar sinar matahari langsung. 

Bagi kamu baru mau mencoba skincare maupun serum vitamin C, pilihlah produk dengan kandungan vitamin C yang rendah. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko efek negatif pada kulit. Jika terjadi efek samping hentikan penggunaan dan segera konsultasikan dengan ahli.

s