Kunci dari Efektifitas Perawatan Kulit, Tips Terapkan Basic Skincare

Rabu, 6 April 2022 | 22:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Kunci Dari Efektifitas Perawatan Kulit, Tips Terapkan Basic Skincare

Ilustrasi perawatan wajah. (Special)

Ladiestory.id - Merawat kulit mungkin terkesan rumit bagi sebagian orang, sebab terlalu banyak produk skincare yang beredar di pasaran. Untuk itu, brand kecantikan lokal Somethinc meluncurkan kampanye bertajuk “BASICskincareMatters”.

Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya melakukan basic skincare, sebelum mencoba advance skincare lainnya. Menurut Founder Somethinc, Irene Ursula, basic skincare merupakan kunci dari efektifitas perawatan kulit.

“Saat memulai skincare journey, hal pertama yang harus diterapkan adalah basic skincare, yang akan bekerja sebagai fondasi dalam merawat kulit. Basic skincare ini simple, terdiri dari empat tahapan di antaranya cleanser, toner, moisturizer, dan protection. Jika fondasi skincare-nya sudah tepat, maka treatment lainnya akan bekerja secara efektif dan tidak sia-sia,” ungkap Irene.

Lebih lanjut Irene menyampaikan, untuk mendorong masyarakat merawat kulit dengan benar, Somethinc menyediakan enam Basic Skincare Series untuk enam skin problem yang berbeda. Produk tersebut antara lain ACNEDOT, SKIN GOALS, PEPTINOL & SOS Bakuchiol, SUPPLE POWER, SKIN SAVIOUR, dan CALM DOWN series

Hal ini dilakukan karena Somethinc menyadari bahwa semua orang punya keunikan masing-masing termasuk kulit wajah, sehingga tidak bisa menggunakan satu produk yang sama. Nah, lantas apa saja langkah basic skincare yang idealnya dilakukan setiap orang? 

Bersihkan Wajah

Ilustrasi membersihkan wajah. (Special)

Membersihkan wajah atau cleansing adalah fondasi pertama yang harus dilakukan. Pasalnya, selain produk makeup dan sunscreen yang perlu dibersihkan, terdapat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang diproduksi oleh kulit wajah setiap harinya. 

Oleh karena itu, penting untuk merawat kebersihan kulit secara rutin dengan mencuci muka menggunakan cleanser product. Pilihlah facial cleanser dengan pH rendah dan sesuai dengan kondisi kulitmu.

Pemilik kulit berminyak dan berjerawat dapat menggunakan produk ACNEDOT Treatment Low pH Cleanser. Produk ini dilengkapi sederet bahan aktif yang diklaim mampu menghambat pertumbuhan jerawat dan mengontrol produksi minyak, seperti Succinic Acid, Folic Acid, Sea Buckthorn, Algin dan Korean Green Tea.

Selain itu, pembersih wajah ini juga dilengkapi dengan pH balance, yang gentle untuk mengangkat debu, kotoran dan minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa ditarik.

Toner

Ilustrasi perempuan memakai toner. (Special)

Setelah wajah bersih, seimbangkan pH wajah dengan toner. Kamu bisa mengaplikasikan toner dengan kapas atau menuangkan produk langsung ke telapak tangan. 

Tahapan ini juga berguna untuk membersihkan sebum dan sisa residu setelah mencuci muka. Toner juga mengandung tambahan nutrisi agar kulit siap menerima produk selanjutnya secara maksimal.

Sama seperti produk pembersihnya, produk ACNEDOT Treatment Toner cocok untuk Kamu pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan bahan aktifnya diklaim dapat mengurangi jerawat dan sebum berlebih.

Untuk mencerahkan kulit kusam, Kamu bisa gunakan seri SKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner. Bahan aktif dalam produk ini diklaim dapat mencerahkan kulit dalam 4 minggu. Selain itu produk ini disbeut dapat memperkuat skin barrier dan menutrisi kulit menjadi tampak glowing.

Pelembap

Ilustrasi perempuan menggunakan pelembap. (Special)

Rangkaian basic skincare selanjutnya adalah menggunakan pelembap atau moisturizer. Tahapan ini bertujuan untuk mengunci kelembapan dan menghidrasi kulit. Terlebih, seiring bertambahnya usia hingga paparan polusi dan sinar matahari dapat membuat kulit berkeriput dan kusam.

Pada kampanye #BASICSkincareMatters ini, Somethinc meluncurkan empat jenis moisturizer untuk problem kulit berbeda. 

Bagi pemilik kulit berjerawat, Kamu dapat menggunakan produk ACNEDOT Treatment Moisturizer Gel. Produk ini diklaim memiliki tekstur ringan, sehingga tidak ada sensasi lengket dan berminyak saat menggunakannya. Ceramic aplikator memberi sensasi dingin pada kulit dan dapat membantu melancarkan peredaran darah pada kulit wajah.

Untuk mengurangi tanda penuaan, Kamu bisa menggunakan krim anti-aging untuk pagi dan malam hari. 

SOS Bakuchiol Electrolyte Moisturizer Creme dapat Kamu gunakan saat pagi hari. Produk ini mengandung Bakuchiol dan Noirmoutier Deep Sea Water, yang berfungsi untuk menyamarkan garis halus dan kerutan, hingga membantu menjaga keremajaan kulit. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan Gardenia Jasminoides dan teknologi Digital Stress Protector untuk melindungi kulit dari penuaan dini akibat sinar radiasi.

Untuk rangkaian skincare malam, Kamu bisa menggunakan PEPTINOL 1% Granactive Retinoid + Peptide Night Moisturizer Creme. Produk ini mengandung Korean Ginseng Water, Granactive Retinoid, dan Argirelin yang memiliki Botox-Like Effect. Kandungan tersebut befungsi untuk membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda, serta membantu menyamarkan hiperpigmentasi dan garis halus.

Sunscreen

Ilustrasi sunscreen. (Special)

Tahap terakhir dari basic skincare adalah penggunaan sunscreen. Selain melindungi kulit dari penggelapan akibat paparan sinar matahari, sunscreen juga berfungsi memproteksi kulit dari risiko penuaan kulit serta mengurangi risiko kanker kulit.

Irene menambahkan, paket basic skincare Somethinc yang bervariasi ini diharapkan dapat membantu siapapun mendapatkan kulit sehat terawat, apapun masalah kulit mereka. 

Skincare merupakan gaya hidup, bukan jalan pintas yang memberi hasil instan. Sehingga untuk mendapat kulit yang sehat, tahapan yang benar ini harus dilakukan secara konsisten setiap harinya,” ujar Irene.

Rangkaian dari produk basic skincare Somethinc ini sudah bisa kamu dapatkan di website resmi Somethinc, beauty e-commerce Beauty Haul, dan berbagai toko kecantikan terdekat di kotamu