5 Tips Tingkatkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Tingkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Ladiestory.id - Meningkatkan rasa percaya diri pada anak sejak dini memang sangat diperlukan. Namun, pada kenyataannya tidak semua anak berani untuk mengembangkan dirinya dan menunjukkan keberanian yang ada pada dirinya di hadapan orang banyak.

Kepercayaan diri juga menjadi salah satu kesuksesan bagi seorang anak. Namun, rasa kepercayaan diri yang berlebihan pun akan menimbulkan masalah perilaku pada anak. Nah, agar anak bisa berani tampil percaya diri, berikut 5 tips yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Latih Jadi Mandiri

Ilustrasi anak pilih baju. (Special)

Tips pertama yang bisa dilakukan agar anak bisa percaya diri ialah dengan melatih pribadi anak menjadi sosok yang mandiri dan tidak bergantung kepada orang tuanya. Walaupun anak-anak masih terbilang sangat muda untuk berada jauh dari orang tuanya, namun ada beberapa sifat dan kebiasaan yang bisa mereka lakukan.

Misalnya, mereka sudah terbiasa untuk tidur di kamar sendiri, mandi sendiri, mengambil makanan di meja makan tanpa bantuan orang tua atau asisten rumah tangga, memilih pakaian sendiri, bahkan menyiapkan jadwal buku harian untuk ke sekolah keesokan harinya.

Membiasakan anak belajar mandiri justru akan mengajarkan mereka untuk terampil melakukan sesuatu, khususnya dalam hal mengurus dirinya sendiri. Hal ini pun akan menghindarkan anak untuk tidak menjadi pribadi yang manja, bahkan siap melakukan apapun sendiri tanpa bantuan dari orang terdekatnya.

Kebiasaan kecil yang mereka lakukan sendiri tentunya akan berdampak bagi karakternya kelak. Anak akan terbiasa mengatasi kesulitan, percaya diri untuk mengambil keputusan, dan memecahkan masalah yang mereka hadapi sendirinya. Dengan begitu, rasa percaya diri akan tumbuh pada dirinya dan mereka pun akan merasa bangga akan kemampuan dirinya sendiri.

Tidak Membanding-bandingkan Anak

Ilustrasi anak cemburu. (Special)

Setiap anak terlahir unik dan berbeda dari yang lainnya. Oleh karena itu, jangan membanding-bandingkan anak yang satu dengan anak yang lain terkait kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Sering membanding-bandingkan anak justru akan membuat mereka merasa kecewa dan tidak dihargai.

Berikan dukungan dan kepercayaan kepada anak agar mereka mampu melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuannya, sehingga mereka bisa termotivasi dan lebih percaya diri dengan dirinya sendiri.

Berikan Motivasi

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Mengajarkan anak untuk berani tampil percaya diri tentunya perlu perhatian dan kesabaran. Melatih anak untuk menjadi pribadi yang percaya diri juga perlu adanya dorongan motivasi untuk meningkatkan semangat dan kemauan pada diri anak.

Jangan memaksakan anak untuk berubah menjadi orang lain. Berikan ia kasih sayang dan cinta kasih serta afirmasi positif dalam dirinya agar anak berani untuk menunjukkan bakat dan kemampuan dirinya.

Berikan Pujian Sewajarnya

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Salah satu tips yang bisa dilakukan selanjutnya untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri pada anak ialah dengan memberikan pujian sewajarnya. Jangan berikan pujian terlalu berlebihan kepada anak, karena hal ini bisa menimbulkan sifat narsisitik pada anak ketika ia tumbuh hingga besar.

Berikan Penghargaan

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Berikanlah anak suatu penghargaan karena ia berhasil menyelesaikan tugasnya secara mandiri. Ia mampu menjadi pribadi yang mandiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Hal ini bertujuan untuk mengapresiasi anak bahwa ia sukses menyelesaikan segala usahanya untuk mencapai sesuatu.

Berikan feedback untuk memperkuat kepercayaan pada dirinya saat ia mendapatkan pengakuan dari lingkungan sekitarnya. Hal ini pun akan meningkatan rasa percaya diri anak bahkan semangat mereka akan terpacu untuk melakukan yang lebih baik dari sebelumnya.