10 Rekomendasi Tren Fashion Jepang yang Mungkin Kamu Suka

Selasa, 19 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

10 Rekomendasi Tren Fashion Jepang Yang Mungkin Kamu Suka

Foto: livejapan

Ladiestory.id - Fashion jalanan Jepang umumnya identik dengan gaya-gaya absurd yang diketahui dengan istilah Harajuku. Sayang sekali, harajuku pastinya bukan gaya bagi semua orang. Butuh kepercayaan diri tinggi dalam menggunakannya di hadapan umum.

Inspirasi Tren Fashion Jepang

Akan tetapi, kamu juga dapat mengadopsi sejumlah tren gayanya dengan style yang lebih sederhana, layaknya beberapa inspirasi berikut ini.

1. Rok Midi

fashion jepang
Foto: instagram/petraalexandra

Rok midi sempat populer pada tahun 60-70an dan pernah ditinggalkan. Ia pun umumnya identik dengan hal yang kuno plus cupu, akan tetapi saat ini tidak lagi.

Rok sepanjang betis ini tengah populer di Jepang dan banyak dipakai pekerja kantoran bahkan para penganut Harajuku. Rok ini dapat dikombinasikan dengan beragam layer pakaian yang kece.

2. Camo Pants

fashion jepang
Foto: bershka

Camouflage pants pun pernah menghiasi tren fashion dunia pada awal tahun 2000an. Pernah dianggap out of date, ia kembali ke zaman sekarang. Para anak muda Jepang menggunakannya kembali dan sekarang celana camo juga termasuk salah satu item kece yang sempurna bagi festival musik.

3. Pink Denim

fashion jepang
Foto: instagram/jemmahsiung

Tidak hanya ada di Jepang, pink denim adalah tren global yang tengah disukai khalayak. Warna pink juga dapat dikombinasikan dengan banyak warna. Tak hanya warna netral, bahkan warna-warna pop yang bertabrakan layaknya kuning sekalipun cocok. 

4. Clogs alias Bakiak Kekinian

fashion jepang
Foto: instagram/layersofchic_

Bakiak yang tengah populer sekarang ini tidak hanya dalam bentuk sandal saja, ada juga yang berbentuk selop semacam ini. Di Korea serta Jepang, orang umumnya memadukannya dengan kaos kaki. High fashion banget, nih.

5. Bold Hoodie

fashion jepang
Foto: instagram/uniqlousa

Jika kamu perhatikan, hoodie pun tengah populer di ranah fashion beberapa tahun belakangan. Hoodie saat ini hadir dengan bahan ringan sehingga nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, lengkap dengan beragam warna yang menarik.

Pastel hingga yang bold, hoodie kece semacam ini merupakan salah satu item yang akan banyak dijumpai di jalanan Jepang.

6. Silver Statement

fashion jepang
Foto: instagram/lilibiachi

Tidak semua orang akan suka, namun pakaian berwarna silver yang sempat populer di awal milenium atau tahun 2000an, kembali mewarnai media sosial. Tak disangka warna ini nyatanya sangat fleksibel dipadu dengan beragam warna lain.

7. Personalized Pieces

fashion jepang
Foto: instagram/lucid.seams

Tren fashion lainnya yang dapat dicoba yaitu personalized pieces alias baju yang dimodifikasi dengan lukisan maupun jahitan tangan. Tidak hanya berada di style jalanan Jepang, sebetulnya tren ini pun banyak berkembang di negara lain. Umumnya lukisan atau sulam diaplikasikan pada bahan denim serta hasilnya lain dari yang lain. Tak akan ada yang menyerupai.

8. Tekstur

fashion jepang
Foto: instagram/ahistoryofarchitecture

Salah satu kunci fashion Jepang yaitu tekstur. Dapat dalam bentuk bahan atau motif, bahkan tak jarang mereka mengombinasikan sejumlah tekstur yang berbeda sekaligus pada satu gaya. Bila takut dicap berlebihan, akali dengan memilih kombinasi warna atasan dan bawahan yang senada layaknya gaya di atas.

9. Oversize Bottoms

fashion jepang
Foto: instagram/candicemtay

Sebetulnya selain Harajuku, gaya pakaian minimalis pun berkembang pesat di Jepang. Kombinasi yang paling nyaman yaitu oversized bottoms dan blouse layaknya contoh di atas. Pemilihan warna pastel serta motif minimalis menghasilkan kesan adem, dapat ditiru pada gaya sehari-hari.

10. Trench Coat

fashion jepang
Foto: manrepeller

Pada tahun 90an, trench coat merupakan pakaian yang kerap digunakan para selebriti dan penyanyi. Sempat juga ditinggalkan, namun tidak di Jepang. Mereka masih setia menggunakannya di beragam kesempatan dan hasilnya tetap keren. Sifatnya yang longgar serta panjang cocok juga bagi pakaian muslimah.

Bagaimana? Tertarik mencoba fashion di atas?