Trik Makeup Tahan Lama Meski Wajah Berminyak

Selasa, 16 Februari 2021 | 06:30:18

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Trik Makeup Tahan Lama Meski Wajah Berminyak

Setiap orang memiliki minyak pada wajahnya. Namun, ada yang kadarnya berlebihan dan membuat kulit wajah tampak sangat berminyak. Untuk mengatasi kondisi ini, ada tips mudah untuk belajar make up sendiri, bagi pemilik kulit berminyak. Hal ini sebenarnya bukan hanya jadi impian kalau kamu tahu bagaimana caranya memakan makeup yang tepat lho. Agar makeup tahan lama, ada beberapa  tips make up tahan lama yang bisa kamu coba lho. Penasaran? Cari tahu  cara make up tahan lama untuk wajah berminyak berikut ini yuk!

Tips Makeup Untuk Wajah Berminyak

Selalu Gunakan Primer

Penggunaan primer akan membuat makeup lebih lama bertahan di wajah. Sebelum mengaplikasikan makeup, oleskan primer pada area wajah yang paling berminyak, yaitu zona-T (wajah, hidung, dagu). Pilih primer yang bebas minyak dan tidak akan membuat wajah berkilap. Pastikan kamu sudah membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan primer, foundation, bedak, maupun produk makeup lainnya.

Hindari Concealer untuk Kelopak Mata

Untuk menghindari kemungkinan riasan makeup mata kamu rusak, hindari melapisi kelopak mata dengan concealer. Sebagai gantinya, gunakan primer yang dirancang khusus untuk kelopak mata. Dasar ini menjadikan kelopak mata sebagai kanvas yang sempurna untuk eye shadow dan liner, sekaligus menyerap minyak yang menyebabkan riasan mata rusak sepanjang hari.

Jangan Gunakan Bedak Secara Berlebihan

Ketika kamu memiliki kulit berminyak, menggunakan bedak berlapis mungkin terdengar seperti hal yang tepat. Namun, ternyata terlalu berlebihan dapat menjadi bumerang karena hal tersebut dapat membuat pori-pori mendorong produksi minyak yang lebih banyak. Tips makeup untuk kulit berminyak lainnya yang perlu kamu ketahui adalah, dengan mengaplikasikan bedak hanya pada area yang berminyak saja. Gunakan produk yang memiliki formula matte translucent yang dapat mengurangi minyak pada kulit.

Bawa Kertas Minyak untuk Wajah

Tidak peduli seberapa mulus dan matte makeup di pagi hari, jika memiliki wajah yang cenderung berminyak, maka wajah kamu akan mulai berminyak di siang hari. Bawa dan gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Agar kertas minyak tidak merusak makeup di wajah kamu, sebaiknya kamu hanya menekan kertas di bagian wajah yang berminyak lalu mengangkatnya, bukan menggosoknya pada wajah kamu.

Pilih Produk Makeup Bebas Minyak

Karena kulit secara alami memproduksi minyak dalam jumlah yang cukup banyak, pilihlah produk makeup yang bebas minyak dan non-comedogenic, yang berarti produk tersebut tidak menyumbat pori-pori kamu. Selain itu, gunakan juga pembersih wajah dan toner yang sudah dilengkapi dengan asam glikolat, yang mampu mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

Cari Produk yang Tahan Lama

Air dan minyak dapat memberikan efek yang sama pada makeup: membuatnya terlihat kotor, luntur, atau licin. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan produk riasan mata yang tahan air, kedap air, atau tahan lama. Salah satu kombinasi terbaik adalah eyeliner yang tahan air dan eyeshadow dalam bentuk krim yang digunakan setelah primer mata.

kamu bisa tetap tampil cantik dengan makeup, meski memiliki jenis kulit berminyak. Jika belum mengetahui caranya, ikuti tips berikut ini untuk mempelajari cara mengaplikasikan riasan, tanpa membuat kulit wajah kamu terlihat terlalu berkilap.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com