5 Tips Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak

Sabtu, 18 Februari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Merawat Kulit Wajah Sensitif Dan Berminyak

Ilustrasi skincare routine. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, memiliki kulit wajah yang sensitif dan berminyak perlu dilakukan perawatan khusus, salah satunya dalam memilih produk skincare hingga kosmetik yang aman dan cocok digunakan pada kulit. Tentunya, kamu pun harus cermat dan jeli dalam memilih kandungan yang tepat dalam produk kecantikan agar kulit wajahmu yang berminyak dan sensitif tidak semakin bermasalah.

Nah, merawat kulit wajah berminyak dan sensitif menjadi salah satu tantangan tersendiri yang harus kamu lakukan. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir! Berikut ini lima tips merawat kulit wajah sensitif dan berminyak yang dapat kamu coba.

Gunakan Toner Non Alkohol

Ilustrasi perempuan memakai toner. (Special)

Ladies, tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat ulit wajah yang sensitif dan berminyak adalah dengan menggunakan toner wajah yang bebas dari kandungan alkohol atau non alkohol.

Walaupun kandungan alkohol diklaim mampu untuk mengurangi produksi sebum pada kulit wajah, akan tetapi kandungan ini dapat dihindari bagi pemilik kulit sensitif dan berminyak agar tidak menimbulkan iritasi kulit maupun merusak skin barrier.

Pilih Makeup Non-comedogenic

Ilustrasi mengaplikasikan makeup. (Special)

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan memilih produk makeup non-comedogenic. Selain itu, kamu juga dapat menghindari kandungan makeup seperti silikon, coconut oil, maupun petrochemicals, karena kandungan ini memiliki sifat comedogenic.

Nah, apabila kamu mengalami masalah kulit yang sensitif, kamu pun dapat menghindari kandungan makeup seperti parfum maupun alkohol yang dapat membuat kulit menjadi terkikis dan iritasi.

Pilih Kandungan Produk Skincare yang Menenangkan

Ilustrasi Skincare. (Special)

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan memilih produk skincare yang mampu menenangkan kulit. Saat ini pun sudah banyak produk skincare dengan kandungan produk beragam yang dapat disesuaikan dengan jenis atau masalah kulit.

Bagi kamu si pemilik kulit berminyak dan sensitif, kamu dapat memilih produk gentle yang aman bagi kulitmu di antaranya seperti aloe vera, with hazel, green tea, chamomile dan calendula.

Kandungan bahan-bahan tersebut diklaim mampu untuk menenangkan kulit, menyejukkan kulit serta mengatasi masalah jerawat serta tidak memicu reaksi kulit sensitif.

Gunakan Cleansing Oil

Ilustrasi menggunakan cleansing oil. (Special)

Ladies, bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak dan sensitif, kamu pun dapat membersihkan kotoran bekas makeup dengan menggunakan oil remover atau cleansing oil yang dapat membantu mengangkat kotoran, minyak, dan sisa makeup yang menempel di kulit serta membantu menghindari kulitmu dari masalah jerawat.

Kegiatan membersihkan kotoran bekas makeup di wajah ini melibatkan gerakan menggosok dan mengusap yang dapat menimbulkan iritasi kulit. 

Selain itu, cleansing oil ini juga aman digunakan pada kulit, sehingga dapat menenangkan kulit dan tidak membuat kulit terasa perih. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut kamu pun tentunya dapat memilih pembersih wajah berbahan dasar oilbalm atau cream.

Setelah menggunakan cleansing oil, kamu pun dapat membersihkan wajah dengan menggunakan gentle liquid cleanser yang diformulasikan khusus bagi pemilik kulit sensitif.

Lakukan Eksfoliasi

Ilustrasi Eksfoliasi. (Special)

Tips terakhir untuk merawat kondisi kulit berminyak ialah dengan melakukan eksfoliasi kulit wajah yang berpotensi untuk mengangkat sel-sel kulit mati ataupun yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Salah satunya dengan melakukan chemical exfoliator yang dapat membantu merawat kulit berminyak dan sensitif karena memiliki tingkat kadar asam yang rendah. Selain itu jenis chemical exfoliator ini pun aman dikulit serta dapat membuat kulit tampak cerah dan bebas kusam.

Nah, Ladies itulah lima tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit, khususnya bagi kamu si pemilik kulit berminyak dan sensitif.