Unik, Ini 7 Manfaat Tak Terduga dari Kulit Pisang

Kamis, 28 Juli 2022 | 22:15:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Unik, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Dari Kulit Pisang

Ilustrasi Manfaat Kulit Pisang. (Pinterest)

Ladiestory.id - Buah pisang dikenal kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin B6, vitamin B12, serta kandungan magnesium dan potasium di dalamnya.

Sangat mudah didapatkan, buah pisang pun tak hanya nikmat ketika dimakan secara langsung. Namun dapat diolah sebagai panganan lezat lainnya. Bahkan, saat ini pun banyak olahan menggunakan pisang sebagai kandungan kecantikan, seperti scrub, masker, hingga lip balm.

Selain dimanfaatkan buahnya, ternyata kulit pisang pun memiliki manfaat tersendiri, loh. Berikut 7 manfaat lain dari kulit pisang untuk membantu kebutuhanmu.

Bantu Putihkan Gigi

Memutihkan Gigi. (Pinterest)

Ternyata kulit pisang pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan potasium yang terkandung dalam kulit pisang dipercaya dapat membuat tampilan gigi menjadi cerah alami.

Cara menggunakannya pun mudah, cukup gosokkan kulit pisang ke gigi hingga beberapa menit dan lakukan secara rutin.

Bagus Hilangkan Jerawat

Menghilangkan Jerawat. (Pinterest)

Yup! Siapa sangka jika kulit pisang juga dapat membantu mengatasi jerawat, lho! Caranya pun mudah, cukup pijat secara perlahan di area munculnya jerawat menggunakan kulit pisang selama kurang lebih lima menit.

Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Pastikan kamu hati-hati dalam pengaplikasiannya supaya jerawatmu tidak pecah dan semakin parah.

Bantu Kurangi Masalah Kulit Keriput

Mengurangi Kulit Keriput. (Pinterest)

Selain membantu menghilangkan jerawat, kulit pisang juga dapat mengurangi masalah kulit keriput, lho! Hal ini dikarenakan kulit pisang dapat membantu menghidrasi kulit sehingga keriput pun teratasi.

Untuk mengurangi masalah kulit keriput, kamu bisa membuat racikan masker alami dengan kuning telur dan kulit pisang yang telah ditumbuk secara halus. Kemudian oleskan masker secara merata pada area wajah dan diamkan selama kurang lebih lima menit, baru setelah itu bilas dengan air bersih.

Mengatasi Psoriasis

Mengatasi Psoriasis. (Pinterest)

Psoriasis merupakan gejala peradangan yang ditandai dengan timbulnya ruam merah, kulit menjadi kering, bersisik, mengelupas sekaligus disertai rasa gatal dan nyeri.

Gejala ini dapat diobati dengan menggunakan kulit pisang yang dipercaya mampu mengurangi rasa gatal dan juga membantu melembapkan kulit. Cukup tempelkan kulit pisang ke area kulit, kemudian tepuk perlahan dan diamkan beberapa saat. Lakukan secara rutin agar kondisi psioriasis cepat sembuh.

Sebagai Obat Pertolongan Pertama atau First Aid

Sebagai First Aid. (Pinterest)

Dilansir dari Healthine, kulit pisang bisa digunakan sebagai obat pertolongan pertama atau first aid. Selain itu, juga dapat meredakan rasa sakit, bahkan mengatasi perih akibat gigitan serangga. Adapun cara untuk mendapatkan manfaat ini, yaitu dengan membekukan kulit pisang, kemudian letakkan pada bagian kulit yang terkena gigitan serangga atau gatal.

Kulit pisang dapat kamu gunakan ketika mengalami gatal, ruam ataupun terbakar dari paparan sinar matahari. Tak hanya itu, kulit pisang juga juga dapat mengurangi masalah sakit kepala. Cara penggunaannya dengan menempelkan kulit pisang yang sudah beku ke bagian dahi dan leher.

Pencegah Kanker

Mencegah Kanker. (Pinterest)

Kanker merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi dan berbahaya di seluruh dunia. Bahkan, penyakit ini dapat diderita oleh berbagai usia, baik anak-anak hingga orang tua.

Untuk mencegah kanker, kamu dapat memanfaatkan kulit pisang yang tinggi akan antioksidan, serta senyawa yang mampu menjaga sel dari ancaman mutasi. Sehingga dapat terhindar dari kanker maupun tumor.

Perawatan Sepatu

Merawat Sepatu. (Pinterest)

Sudah tahu belum, jika kulit pisang juga bisa digunakan sebagai alternatif pengganti semir sepatu, loh. Bagi kamu yang memiliki sepatu kulit, agar permukaannya terlihat lebih kinclong, bisa menggosoknya menggunakan kulit pisang.

s