5 Usaha Kopi yang Sukses di Tangan Anak Muda, Ada Favoritmu?

Sabtu, 9 Juli 2022 | 00:01:00

Wafiyah Hasnah

Penulis : Wafiyah Hasnah

5 Usaha Kopi Yang Sukses Di Tangan Anak Muda, Ada Favoritmu?

Ilustrasi barista di kedai kopi. (Special)

Ladiestory.id - Kegiatan ngopi rasanya sudah menjamur di kalangan anak muda, bahkan dianggap sebagai sebuah gaya hidup. Banyak usaha kopi lokal yang berhasil berkembang dan melakukan berbagai inovasi.

Inovasi rasa, tempat, dan suasana yang disediakan membuat para konsumen yang datang tidak hanya dari kalangan orang yang mengerti kopi, melainkan didominasi oleh para anak muda. Namun, tahukah kamu kalau beberapa pemilik usaha kopi yang cukup populer adalah anak muda? Usaha ini berhasil mereka bangun berdasarkan jerih payahnya yang membuat sekarang semakin terkenal.

Berikut lima usaha kopi yang berhasil dibangun dan dikembangkan oleh anak muda.

Kopi Soe

Kopi Soe. (Instagram/Kopi Soe)

Pendiri Kopi Soe adalah sepasang suami istri muda yaitu, Ferrianto Surya dan Sylvia Surya. Usaha kopi yang berdiri sejak akhir 2017 ini biasa menggunakan biji kopi lokal, lho.

Berawal dari misi mengenalkan kopi Nusantara, kini Kopi Soe sudah bercabang di banyak lokasi. Menu favorit di usaha ini adalah Kopi Roegal, yang terinspirasi dari menu sarapan saat Sylvia kecil. Dengan perpaduan susu, biskuit regal, dan rum berhasil menggoda konsumennya, terutama anak muda.

Kopi Janji Jiwa

Janji Jiwa. (Instagram/Kopi Janji Jiwa)

Siapa yang tidak mengenal kopi yang dinaungi Jiwa Group ini? Usaha kopi ini didirikan oleh Billy Kurniawan, yang berhasil membawa nama Janji Jiwa go international dan mendapatkan rekor MURI. Janji Jiwa menyediakan menu toast terkenal dan kopi yang banyak diminati konsumen. 

Janji Jiwa dan Jiwa Group juga menerapkan strategi yang baik, sehingga berhasil memenangkan hati para pecinta kopi. Berkat inovasi dalam menciptakan menu, Janji Jiwa mampu bertahan sampai sekarang dan membangun banyak cabang di berbagai kota di Indonesia.

Kopi Kenangan

Kopi Kenangan. (Instagram/Kopi Kenangan.id)

Berkat rasanya yang ciamik, Kopi Kenangan menjadi salah satu usaha kopi yang sukses dan mengundang pundi-pundi rupiah dari mana pun. Kopi Kenangan dibangun oleh Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa pada 2017.

Kedai pertama dibuka di daerah Kuningan dan hanya menjual 700 gelas kopi saja. Seiring berjalannya waktu, Kopi Kenangan berhasil mencapai rekor penjualan hingga ribuan gelas kopi dan membuka 230 cabang di seluruh Indonesia.

Kopi Kulo

Kopi Kulo. (Instagram/Kedai Kopi Kulo)

Michelle Sulistyo, Founder Kulo Group, memulai usaha kopinya karena terinspirasi dari minuman favoritnya, yakni Avocatto. Minuman dengan paduan jus alpukat, espresso, dan es krim ini, kini menjadi salah satu menu andalan Kopi Kulo.

Dulu, Kopi Kulo hanya menjual 10 hingga 30 gelas per harinya. Namun, Michelle bersama timnya mencoba mengubah strategi pemasarannya dengan metode jemput bola.

Berkat keyakinan dan usaha kerasnya, kini Kopi Kulo banyak dikenal anak muda dan membuka hingga 500 cabang di Indonesia. Kopi Kulo juga berhasil menyabet penghargaan dari Gojek, karena jumlah pesanan yang hampir 80 persen dari transaksi Go Food Kopi Kulo.

Kopi Lain Hati

Kopi Lain Hati. (Instagram/Kopi Lain Hati)

Terakhir, ada Kopi Lain Hati milik selebritas Ririn Ekawati yang dibagun sejak 2018. Gerai ini menawarkan nuansa unik, sehingga menarik perhatian anak muda.

Saat ini, ada 500 gerai yang tersebar di Indonesia, lho! Slogan ‘Jatuh ke Lain Hati’ dan panggilan ‘Sayang’ kepada para konsumen setianya membuat Kopi Lain Hati menjadi sangat dekat dengan konsumennya. Meski baru memasuki tahun keempat, Kopi Lain Hati mampu bersaing dengan usaha kopi lainnya.

Gemar ngopi memang tidak ada salahnya, justru mampu membantu perkembangan UMKM Indonesia. Tetapi, mengambil langkah untuk menjadi salah satu pengusaha kedai kopi juga sangat berdampak positif buat kamu dan turut mendukung UMKM Indonesia.