Video Batik Marshanda Viral di Twitter, Rayakan Hari Kesehatan Mental Dunia

Senin, 10 Oktober 2022 | 15:50:00

Video Batik Marshanda Viral Di Twitter, Rayakan Hari Kesehatan Mental Dunia

Video Batik Marshanda. (Special)

Ladiestory.id - Perayaan Hari kesehatan Mental Dunia memberi kesempatan untuk Marshanda memamerkan karya terbarunya. Video tersebut diunggah oleh TikTok Indonesia dan banyak menarik perhatian warganet pada hari ini (10/10/2022).

Video tersebut bahkan mencapai puncak trending topic di Twitter dengan kata kunci “Video Marshanda” yang diikuti oleh 8.725 tweets.

Dalam video yang diunggah TikTok Indonesia, Marshanda memamerkan motif batik yang disebut-sebut hanya ada satu di dunia. Motif batik tersebut ternyata berasal dari brainwave dirinya sendiri.

Brainwave atau disebut dengan gelombang otak sendiri merupakan pola aktivitas listrik yang terjadi pada otak.

Dilansir dari Good Therapy, pola gelombang otak dapat berubah sesuai tingkat kesadaran dan proses kognitif seseorang.

Sebagai contoh, ketika seseorang merasa lelah atau sedang melamun, gelombang otak yang lebih lambat cenderung dominan. Sementara saat sedang mempelajari sesuatu, pola gelombang yang cepat akan berada di atas.

Lewat batik tersebut, Marshanda ingin menunjukkan pada dunia bahwa isi pikirannya tidak semenakutan itu dan bisa jadi indah. Ia juga mengatakan bahwa isi pikirannya sebagai penyandang bipolar disorder sangat berbeda dengan stigma negatif yang beredar di masyarakat.

"Lewat batik ini aku bisa tunjukkan kalau isi pikiranku itu nggak menakutkan dan bisa jadi indah. Sangat beda dengan stigma negatif yang ada," tutur Marshanda dalam video tersebut.

Batik Marshanda viral di Twitter. (Twitter/TiktokIndonesia)

 

Kain batik itu memiliki motif yang indah, didominasi warna hijau tosca, merah maroon, merah muda, dan hitam putih sebagai latar.

Motif itu juga tampak seperti gelombang saraf di dalam pikiran yang terus menari-nari dengan indah. Terlihat pula motif bunga mawar dan bunga wedelia berwarna merah cerah. Bunga-bunga tersebut ada yang masih kuncup hingga sudah mekar sempurna.

Batik tersebut juga mengusung garis diagonal seolah menggambarkan arus pikiran di kepala seseorang. Meski memadukan berbagai elemen, tetapi warna, motif, garis, dan gelombang saling terkait satu sama lain.

"Di #HariKesehatanMentalDunia ini, TikTok mengajak kamu untuk #SeeingTheUnseen dan bantu hilangkan stigma pada #KesehatanMental 💚. Lihat indahnya motif unik batik dari Bipolar Disorder survivor Marshanda dan teman-teman mental health survivor lainnya," kata TikTok.

Video tersebut mendapatkan 8.268 like, 3.210 retweet dan telah ditonton sebanyak 439.000 di Twitter. Video tersebut juga mendapatkan respons positif oleh warganet karena pesan kesehatan mental yang disampaikannya.