Wajah Bersih Bebas Kilap, Ini Skincare Untuk Kulit Berminyak

Wednesday, 16 Jun | 09:56:54

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Wajah Bersih Bebas Kilap, Ini Skincare Untuk Kulit Berminyak

Foto: Ladiestory.id

Berekembangnya teknologi, semakin memudahkan orang untuk mencari informasi. Kini masyarakat dapat mengetahui seputar informasi terbaru dari bidang yang mereka minati. Hal ini juga berdampak pada mereka yang menyukai bidang kecantikan dan perawatan kulit.

Banyaknya informasi yang yang dapat diakses membuat orang semakin peduli dengan kesehatan dan perawatan kulit. Namun, tipe atau jenis kulit tiap orang itu berbeda; ada yang kering, normal, berminyak, atau kombinasi.

Tulisan kali ini akan mengulas seputar tips skincare yang cocok untuk tipe kulit berminyak. Tapi sebelum itu, kenali dulu ciri-ciri dari jenis kulit ini.

Ciri-ciri kulit Berminyak

Kulit berminyak disebabkan karena kelebihan sebum di wajah. Sebum sendiri adalah minyak alami yang dihasilkan kelenjar minyak di kulit agar dapat menjaga dan melindungi kelembutan kulit. Kondisi ini juga dapat dipengaruhi oleh hormon, pertumbuhan usia, pengaruh lingkungan, dsb.

JIka kamu masih belum yakin apakah kulitmu termasuk jenis kulit berminyak atau bukan, cobalah untuk melihat ciri-ciri kulit berminyak berikut ini.

  1. Mengkilap

Produksi sebum berlebih pada wajah membuat kulit terlihat mengkilap. Kondisi kulit yang mengkilap karena glowing dan berminyak tentu saja berbeda. Kilap kulit glowing tidak akan luntur meskipun sudah dilap dan dibersihkan. Sebaliknya, kulit berminyak terasa lengket saat disentuh dan tak lagi mengkilap setelah dibersihkan.

  1. Bermasalah dengan pori-pori besar

Coba perhatikan pori-porimu di depan kaca. Pemilik kulit berminyak biasanya memiliki masalah dengan pori-pori besar.

  1. Jerawat

Pori-pori besar pada wajah di kulit yang berminyak dapat meningkatkan kemungkinan kulit menjadi berjerawat. Hal ini terjadi jika pori-pori kurang dirawat sehingga mengakibatkan penyumbatan pori.

  1. Make up mudah luntur

Apakah kamu memperhatikan kondisi kulitmu saat berdandan? Make up di wajah dengan tipe kulit berminyak cenderung cepat luntur karena produksi sebum. Sehingga, make up di wajah jadi cepat luntur.

Tips merawat kulit berminyak

Setelah mengetahui cirri-ciri kulit berminyak, lantas bagaimana tips untuk merawat kulit dengan jenis ini? Simak ulasan tipsnya.

  1. Rajin bersihkan wajah dengan pembersih yang tepat

Rutin mencuci muka menjadi langkah paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak. Cucilah wajah dua kali sehari dengan sabun yang dikhususkan untuk kulit berminyak.

  1. Rutin eksfoliasi

Selain mencuci muka, pemilik kulit berjerawat juga harus rutin melakukan eksfoliasi, baik menggunakan scrub ataupun produk yang mengandung AHA/BHA. Gunanya agar dapat membersihkan kulit mati hingga pori-pori. Sehingga tidak ada penyumbatan yang menyebabkan jerawat.

  1. Pilihlah produk skincare yang tepat

Sebelum membeli sebuah produk, cobalah untuk menilik bahan-bahan yang ada didalamnya. Kamu bisa memilih produk yang berlabel oil-free (bebas minyak) atau water-based (berbahan dasar air). Selain itu hindari produk yang mengandung alkohol.

  1. Gunakan pelembap

Mungkin ada yang beranggapan bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap, Kulit berminyak tetap butuh pelembap untuk menghidrasi dan menjaga kelembabapan kulit.

  1. Jangan lupakan sunscreen

Apapun jenis kulitnya, jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen atau tabir surya. Terlebih saat kamu harus beraktivitas di luar ruangan.

Tabir surya penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat member dampak negatif ke kulit. Pilihlah produk sunscreen yang berbentuk gel dan memiliki kandungan yang ringan.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan kertas minyak atau bedak yang dapat menyerap minyak. Kulit sehat dan bersih bukan mustahil bagi pemilik kulit berminyak. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Berita Terkait