Wajib Coba! Ini 5 Cara Mudah Tetap Awet Muda Tanpa Biaya Mahal

Selasa, 4 April 2023 | 19:11:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Wajib Coba! Ini 5 Cara Mudah Tetap Awet Muda Tanpa Biaya Mahal

Ilustrasi wajah sehat. (Special)

Ladiestory.id - Sebagian orang berlomba untuk melakukan perawatan untuk menjaga kulit tetap awet muda dan anti keriput. Padahal terdapat cara mudah tetap awet muda tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. Hasil yang diberikan pun tak kalah dengan perawatan di klinik kecantikan.

Meski begitu, penuaan tentunya sebuah proses alami yang pasti terjadi pada semua orang. Hal ini dipengaruhi oleh bertambahnya usia, hilangnya elastisitas kulit hingga munculnya tanda-tanda seperti garis halus, flek hingga keriput. Nah, bagi kamu yang ingin tetap tampil awet muda tanpa mengeluarkan banyak biaya. Simak, lima cara tetap awet muda yang Ladiestory.id rangku khusus untuk kamu.

Olahraga Secara Rutin

Ilustrasi olahraga. (Special)

 

Cara mudah tetap awet muda yang pertama adalah olahraga secara rutin. Seiring bertambahnya usia seseorang, tentu akan mengalami kulit yang mengendur. Hal ini dikarenakan berkurangnya produksi kolagen serta menurunnya massa otot. Bahkan, kondisi ini akan lebih cepat terjadi jika kamu kurang melakukan aktivitas bergerak.

Oleh karenanya, berolahraga secara rutin dapat membantu mu untuk mencegah kulit kendur dan meningkatkan kekuatan jaringan otot. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara maksimal serta membantu terhindar dari stres berlebihan.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi konsumsi makanan sehat. (Special)
 

Cara mudah tetap awet muda selanjutnya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Terutama dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Adapun makanan bernutrisi yang mampu membantumu selalu terlihat awet muda seperti berikut ini.

Pertama, buah-buahan misalnya alpukat, delima atau pepaya. Kedua, minyak sehat seperti virgin coconut oil atau minyak zaitun. Ketiga, sayuran misalnya brokoli, bayam hingga selada air. Keempat, kacang walnut maupun almond. Terakhir, coklat hitam.

Makanan-makanan diatas diketahui memiliki berbagai macam nutrisi mulai dari vitamin, serat, mineral hingga antioksidan. Kandungan tersebut diyakini mampu membantu kulit dalam menangkal berbagai radikal bebas penyebab sel kulit menjadi rusak. Selain itu, radikal bebas juga merupakan penyebab umum penuaan dini.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan kolagen. Misalnya, ceker ayam atau sumsum tulang sapi yang mampu menjaga kulit tetap awet muda dan anti keriput.

Istirahat yang Cukup

Ilustrasi tidur. (Special)
 

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Kamu juga perlu mengistirahatkan tubuh dalam waktu yang cukup.DIanjurkan, bagi orang dewasa mencukupkan tidurnya sebanyak 7 hingga 9 jam setiap harinya. Hal ini akan membantu kulit untuk senantiasa sehat dan segar.

Kulit pun akan mengalami regenerasi yang baik dan menjadikan penampilanmu selalu segar. Dianjurkan untuk tidur dalam posisi telentang untuk menjaga kulit wajah dan menghindari gesekan dengan bantal penyebab keriput. Selain itu, kamu perlu tidur dibawah jam 12 malam. Sebab, pada waktu tersebut regenerasi sel kulit tengah terjadi secara aktif.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air putih. (Special)
 

Tubuh manusia selalu membutuhkan cairan mineral untuk membantu melancarkan proses metabolisme. Selain itu, cairan tubuh juga menjaga kulit untuk senantiasa terhidrasi, lembab serta glowing. 

Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk menghindari terjadinya kulit kering dan keriput. Selain itu, memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat menjaga kesehatan ginjal, sirkulasi darah, pencernaan hingga membatu detoksifikasi atau pembuangan racun.

Bersihkan Wajah Secara Rutin

Ilustrasi cuci muka. (Special)

 

Cara mudah tetap awet muda yang terakhir adalah membersihkan wajah secara rutin. Kamu dapat melakukannya dengan membersihkan wajah minimal sebanyak 2 kali sehari. Selain itu, selalu gunakan sunscreen serta pelembab ketika beraktivitas baik didalam maupun diluar ruangan. 

Sebab, kedua produk tersebut mampu menjaga kulit mu untuk tetap lembab, anti keriput dan terhindar dari paparan sinar matahari yang merusak kulit. Selain itu, juga membantumu dalam menghindari berbagai masalah kulit seperti hiperpigmentasi hingga kanker kulit.