Wajib Coba! 5 Kuliner Khas Bali yang Paling Populer dan Disukai Wisatawan

Kamis, 21 Juli 2022 | 12:45:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Wajib Coba! 5 Kuliner Khas Bali Yang Paling Populer Dan Disukai Wisatawan

Ilustrasi makanan khas Bali. (Special)

Ladiestory.id - Pulau Bali merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain dikenal dengan pantai yang indah serta pemandangan yang menakjubkan, Bali juga dikenal memiliki segudang kuliner khas yang sayang bila dilewatkan.

Kuliner yang tersedia pun datang dari berbagai daerah, mulai dari Buleleng hingga Jembrana. Berikut 5 kuliner khas Bali yang wajib kamu coba ketika berlibur ke pulau ini.

Sate Lilit

Sate lilit. (Special)

Sate merupakan salah satu jenis makanan yang dapat ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Jenisnya pun berbeda-beda, misalnya di Madura ada sate Madura atau di daerah Padang ada sate Padang.

Bali pun memiliki salah satu makanan khasnya bernama sate lilit. Berbeda dengan sate lainnya, sate lilit justru di sajikan dalam bentuk yang sudah dihaluskan.

Pertama, bahan seperti daging ayam atau sapi akan dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian ditambahkan bumbu, kelapa parut dan bahan lainnya. Selanjutnya, dililit pada batang serai atau bambu. Supaya lebih nikmat, biasanya sate lilit akan dinikmati dengan campuran nasi bali. Wah, lezat sekali ya!

Bebek Timbungan

Bebek timbungan. (Special)

Hidangan yang terbuat dari bahan bebek merupakan salah satu kuliner yang akrab dengan masyarakat Bali. Dibandingkan makanan lainnya, bebek timbungan cukup sulit ditemui. Sebab, pembuatannya yang sulit serta membutuhkan waktu hingga 12 jam.

Makanan ini bahkan terkenal sebagai jamuan untuk ritual upacara adat Bali. Pembuatannya sendiri dengan cara memasukkan bebek ke dalam bambu, lalu ditambahi bumbu, seperti cabai, jahe dan kelapa cincang. Selanjutnya di masak hingga daging menjadi empuk dan lezat.

Ayam Betutu

Ayam betutu. (Special)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Karena ayam betutu sangat identik dengan masakan khas Bali. Olahan ayam ini dimasak dengan bumbu khas Bali, seperti sereh, salam, kemiri, bawang merah, kunyit dan daun jeruk.

Beberapa tempat juga terkadang menyajikan ayam betutu dengan menambahkan jahe saat memasaknya supaya citarasa yang dihasilkan semakin kuat. Keseluruhan bumbu tadi dimasukkan ke dalam rongga perut ayam yang utuh dan dimasak hingga menghasilkan aroma yang lezat.

Prosesnya pun ada dua pilihan, yaitu dipanggang atau direbus. Tergantung dengan selera masing-masing.

Serombotan

Serombotan. (Special)

Makanan yang hampir terlihat seperti urapan khas Jawa ini memiliki cita rasa yang unik. Serombotan terbuat dari beragam sayuran yang sudah direbus setengah matang.

Sayuran yang digunakan, antara lain kangkung, kacang panjang, kecambah, kelapa parut, terong bulat dan bayam. Kemudian, ditambahkan kelapa parut sangrai yang disiram dengan sambal sebagai sajian akhirnya.

Seperti halnya gado-gado, serombotan dinikmati dengan sepiring nasi atau ketupat. Tertarik mencobanya Ladies?

Nasi Jinggo

Nasi jinggo. (Special)

Penampilan nasi jinggo memang menyerupai dengan nasi kucing yang dijual di berbagai angkringan kota Jogja. Namun, kuliner satu ini tetap memiliki cita rasa yang berbeda, seperti gurih dan sedikit lebih pedas. Penyajiannya pun dengan dikemas menggunakan daun pisang dan dalam porsi kecil.

Nasi jinggo biasanya disajikan bersama daging, mie, sambal goreng tempe, dan sambal. Tak jarang beberapa orang akan menambahkan sate lilit sebagai pelengkap. Salah satu makanan khas Bali ini tidak boleh kamu lewatkan. Sebab, selain rasa yang nikmat, nasi ini juga dijual dengan harga yang murah. 

Itu tadi 5 makanan khas Bali yang paling populer dan wajib kamu coba ketika berlibur ke Pulau Dewata. Selamat mencoba ya, Ladies!