Wajib Mampir! Ini 5 Warung Bakmi Favorit di Yogyakarta

Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:00:00

Wajib Mampir! Ini 5 Warung Bakmi Favorit Di Yogyakarta

Bakmi khas Yogyakarta. (Bali Food Pedia)

Ladiestory.id - Berwisata adalah hal menyenangkan untuk semua orang yang sering disibukkan dengan pekerjaan yang menyita waktu. Saat ini, di mana era digital sangat maju sedemikian pesat, berwisata juga memudahkan orang-orang untuk mendapatkan informasi terkait destinasi hingga tujuan berwisata itu sendiri. Tujuan wisata yang semula hanya untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat hingga terkasih berkembang menjadi banyak sekali.

Kemudian, dengan kemajuan era digital itu pun tren wisata kuliner saat berkunjung ke kota yang khas dengan masakan tradisional menjadi sebuah primadona. Seperti berbicara tentang kota satu ini yang memang sudah sangat terkenal di penjuru Indonesia. Kalau berkunjung ke kota ini, maka kamu harus coba wisata kulinernya.

Ya, betul sekali kota pelajar Yogyakarta memang menyimpan sejuta rasa, baik wisata kebudayaan, sejarah hingga wisata kulinernya. Kota yang memang dikenal sebagai "Kota Gudeg" ini memang menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun internasional untuk mengunjunginya lagi dan lagi. Selain gudeg, tentu Yogyakarta masih menyimpan satu lagi menu andalan untuk bisa dicicipi setiap turis yang berkunjung. Ya, betul sekali menu itu bernama bakmi.

Di Yogyakarta, bakmi memang menjadi menu andalan, terutama saat dinikmati dari sore, malam, hingga dini hari sambil bersenda gurau bersama teman atau keluarga terdekat. Lalu, tahu kah kamu di mana saja warung bakmi favorit yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta?

Bakmi Mbah Gito

 

Warung Bakmi Jawa Mbah Gito (Siti Sumiyatun)

Warung bakmi yang satu ini memang sudah terkenal ke seluruh penjuru Jogja ataupun Indonesia. Warung bakmi yang sebelumnya memang digunakan sebagai kandang sapi ini langsung disulap sebagai warung bakmi dengan gaya jawa khas Jogja yang ndeso banget. Jadi, saat kamu menikmati bakmi khas Jogja di Warung Bakmi Mbah Gito ini, maka kamu bukan hanya menikmati cita rasa bakmi khas Jogja, namun juga kamu dipamerkan keunikan arsitektur warung bakminya itu sendiri. Warung bakmi yang terletak di daerah Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta ini tentu wajib menjadi destinasi wisata kuliner kamu saat berkunjung ke Yogyakarta.

Bakmi Si Bisu

Warung Bakmi Jawa Sibisu Minggiran (Anggrit Purbani)

Warung bakmi kedua yang harus kamu kunjungi saat ke Yogyakarta adalah sebuah warung bakmi yang terletak di daerah Dongkelan, Minggiran, Yogyakarta. Ya, warung ini bernama Warung Si Bisu atau juga kerap ditulis dengan "ShiBitsu". Mengapa dinamakan "Si Bisu"? Karena warung yang sudah berdiri sejak 25 tahun lalu ini memang sebelumnya dilayani oleh pembuat bakmi yang bisu. Tapi siapa sangka, ternyata bakmi buatanya ini sangat lezat untuk menikmati suasana Yogyakarta pada malam hari.

Bakmi Jawa Lek Mar

Bakmi Jawa Lek Mar (Aji Ismail)

Kemudian bergerak ke arah utara Yogyakarta, tepatnya di sekitar Pasar Tajem dan STAN Yogyakarta. Ada sebuah bakmi yang juga terkenal kelezatannya. Ya, Bakmi Jawa Lek Mar ini memang lokasinya sangat terpencil. Warung bakmi ini menyediakan makanan  bakmi yang khas Jogja, yaitu mie lethek. Warung bakmi ini berada di Jalan Tajem dan searah jika kamu ingin mengunjungi Stadion Maguwoharjo.

Bakmi Mbah Dingklik

Bakmi Jawa Mbah Dingklik Yogyakarta (Bakmi Jawa Mbah Dingklik)

 

Setelah dari Bakmi Jawa Lek Mar, tidak jauh dari warung itu, kamu hanya perlu pergi ke utara dan akan menemui warung bakmi yang juga sangat tradisional khas Jogja. Ya, namanya Bakmi Mbah Dingklik yang letaknya di Dusun Babadan, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Warung ini berada tepat sisi sungai dan jika kamu makan di warung ini pada malam hari, maka kamu akan merasakan kesunyian yang sangat nikmat di tengah suasana pedesaan khas Yogyakarta.

Bakmi Jawa Miroso Condongcatur

Bakmi Jawa Miroso Condongcatur (Apritos)

Terakhir, warung bakmi yang harus kamu nikmati saat kamu berkesempatan berkunjung ke Yogyakarta adalah Warung Bakmi Kampung Miroso yang terletak di Terminal Condongcatur. Warung bakmi ini sudah lama berdiri dan memang sangat nikmati jika saat kamu berkunjung ke Yogyakarta. Lokasinya juga sangat mudah dicari, yakni terletak persis di belakang terminal bus Pasar Condongcatur, Sleman, Yogyakarta.

s