Wajib Tahu! Ini Pentingnya Magang bagi Mahasiswa

Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:30:00

Wajib Tahu! Ini Pentingnya Magang Bagi Mahasiswa

IIlustrasi Perempuan Menjalani Program Magang. (Special)

Ladiestory.id - Program magang yang diadakan beberapa kampus tentunya memiliki tujuan penting bagi para mahasiswa, salah satunya untuk memperkenalkan, sekaligus menerapkan ilmu yang dimiliki pada dunia kerja. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga menjadi pertimbangan kampus, yaitu syarat masuk perusahaan.

Pada saat ini, banyak perusahaan yang melihat pengalaman magang sebagai salah satu syarat dalam merekrut pegawai. Oleh karena itu, dengan adanya magang, informasi terkait kinerja pelamar dalam menjalankan project serta kemampuan kinerjanya akan terlihat, apakah sesuai atau tidak dengan bidang perusahaan.

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa magang itu penting dilakukan bagi mahasiswa.

Menambah Pengalaman

Ilustrasi Presentasi. (Special)

Kebanyakan dari perusahaan mencantumkan syarat berpengalaman sebagai salah satu hal yang wajib dipenuhi pelamar. Oleh karena itu, kamu wajib mengikuti program magang untuk menghindari salah satu kendala dalam mendapatkan pekerjaan.

Lagipula, magang juga merupakan salah satu hal yang berharga ketika kamu benar-benar terjun di dunia kerja.

Memperluas Jaringan

Ilustrasi Teman Kerja. (Special)

Magang merupakan salah satu cara yang tepat untukmu memperluas koneksi dan relasi. Sehingga, kamu bisa memiliki peluang yang mudah untuk mendapatkan informasi dan tawaran pekerjaan, apabila soft skill serta kemampuan berkomunikasimu sangat baik.

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Ilustrasi Berdiskusi. (Special)

Dunia kerja sangatlah berbeda dengan dunia perkuliahan. Saat kuliah, mungkin kamu masih dapat mengandalkan orang lain,. Sementara di dunia kerja, kamu akan dilatih untuk mandiri dan mengandalkan dirimu sendiri.

Oleh karena itu, pada saat magang, kamu akan merasakan real work environment yang dapat membantumu mempersiapkan diri ketika nanti terjun di dunia kerja. Selain itu, magang juga membantumu agar terbiasa dalam menghadapi masalah yang real,  melatih atau meningkatkan kemampuan problem solving, serta wawasan menjadi lebih luas dan terbuka.

Kesempatan Direkrut

Ilustrasi Perekrutan Kerja. (Special)

Apabila kinerjamu sangat baik saat magang, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan merekrutmu sebagai karyawannya. Hal ini dikarenakan, beberapa perusahaan menjadikan magang sebagai ajang berburu karyawan baru sehingga memberikan kesempatan besar bagi mahasiswa untuk memperoleh pekerjaan, bahkan sebelum lulus.

Memperkaya CV

Ilustrasi Melamar Kerja. (Special)

Resume atau CV sangatlah berharga dalam dunia kerja. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan pengalaman magangmu dalam daftar CV sebagai bahan acuan penilaian bagi HRD yang nantinya akan mewawancaraimu saat melamar pekerjaan.

Jika kamu mendapatkan predikat memuaskan saat magang, tidak menutup kemungkinan akan mendapat penilaian lebih dan peluang besar untuk diterima di suatu perusahaan.

Memperoleh Penghasilan Tambahan

Ilustrasi Memperoleh Penghasilan. (Special)

Beberapa perusahaan memberikan uang saku untuk mahasiswa yang tertarik mengikuti program magang. Walaupun jumlahnya tidak sebesar pendapatan karyawan tetap, setidaknya kamu bisa memperoleh penghasilan tambahan sebelum lulus kuliah.

s